Tentu Anda sudah tahu, hidup ini terus berputar bagaikan roda.Ada kalanya Anda berada di atas dan bersenang-senang, tapi ada kalanya pula Anda berada di posisi bawah dan menderita. Sama halnya dengan jatuh bangun dalam bisnis.

Kegagalan dalam bisnis bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya, kekurangan sumber daya, manajemen yang berantakkan, pengelolaan waktu yang buruk, hingga ketiadaan modal. Memang, hal tersebut lumrah terjadi dalam dunia bisnis.

Namun, tentu akan jauh lebih baik jika kegagalan dalam bisnis Anda cegah. Jangan sampai Anda membiarkan bisnis yang sudah dirintis tidak berjalan dengan baik.

Jika saat ini Anda merasa bahwa diri Anda berada pada titik terendah lantaran bisnis yang dijalankan tidak maju-maju, simpanlah 5 pepatah bijak Tionghoa berikut ini yang bisa menyemangati Anda untuk bangkit dari keterpurukan.

5 Pepatah Bijak Tionghoa yang Bikin Anda Bangkit dari Kegagalan Bisnis

1. “Jangan biarkan kritik mematahkan semangat Anda”

Bersyukurlah jika Anda mendapatkan kritik dari konsumen Anda. Kritik yang Anda dapat, bisa dijadikan evaluasi dan sarana perbaikan bisnis ke depannya.

Anda boleh sedih dan kecewa kala mendapat kritik pedas, tapi bayangkan, apa rasanya tidak aneh ketika bisnis yang Anda jalankan lancar-lancar saja? Bisa jadi, itu pertanda bisnis Anda sedang berjalan di tempat.

Kritik yang didapat seharusnya membuat Anda senang, karena Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan usaha yang dijalankan di mata konsumen. Tetaplah percaya diri dan optimis.

2. “Apabila ingin orang lain melakukan apa yang Anda minta, berikan contoh yang sesuai”

Pepatah bijak Tionghoa ini mengajarkan Anda untuk bisa memimpin lewat pengalaman-pengalaman yang dimiliki. Entah pengalaman yang Anda jalani sendiri atau dari pengalaman orang lain.

Yakinkan anak buah Anda bahwa Anda adalah atasan yang mampu diandalkan. Tunjukan bagaimana Anda memimpin mereka, bagaimana menghasilkan profit perusahaan, hingga menerapkan nilai-nilai penting perusahaan dalam pekerjaan dan keseharian.

3. “Orang sukses tidak santai, orang santai tidak sukses”

Setiap orang menginginkan kesuksesan, begitupun dengan Anda. Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaiamana cara mencapai kesuksesan tersebut dan tidak semua orang mau bekerja mati-matian demi mencapai keinginannya.

Pepatah bijak Tionghoa yang satu ini mengingatkan Anda untuk senantiasa bekerja dengan keras. Di masa mendatang, Anda akan mencicipi sendiri betapa nikmatnya kesuksesan, sebagai buah baik kerja keras Anda selama ini.

Jika sudah sukses, jangan pernah lupa meluangkan waktu Anda untuk berkumpul bersama orang-orang berharga. Tanpa Anda sadari, mereka adalah pendukung setia dalam hidup Anda. Percayalah, hidup #PastiJadi lebih bermakna.

4. “Keberhasilan terbesar bukanlah karena pernah gagal, tetapi bangkit setiap kali mengalami kegagalan”

Jatuh bangun dalam bisnis adalah hal biasa. Jika Anda berhasil melewati tantangan di depan mata, setelah berkali-kali jatuh, artinya kegagalan bukan lagi hambatan yang sewaktu-waktu dapat menghentikan langkah Anda.

Ingat apa alasan Anda membangun bisnis untuk kali pertama. Ingatlah juga akan komitmen yang Anda pertahankan selama ini.

Juga, jangan lupa bagaimana Anda berjuang demi membuat bisnis Anda berdampak baik bagi banyak orang. Anda pasti paham betul, pengalaman adalah guru terbaik yang akan mengantar Anda menuju gerbang kesuksesan.

5. “Tidak ada manusia yang sempurna, sama halnya seperti emas yang 100% murni”

Sosok ambisius sekelas Steve Jobs saja pernah dipecat dari perusahaan yang dibuatnya, Apple. Namun, lihatlah sekarang ini, Apple sungguh berkembang pesat dan menjadi salah satu brand terdepan untuk urusan gadget dan teknologi.

Hal ini menandakan bahwa sehebat apapun Anda dalam menjalankan bisnis, janganlah getir ketika dihadapkan pada kegagalan. Sebaliknya, analisis apa yang menjadi penyebab kegagalan Anda dan temukan solusinya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: