Saat ini, masyarakat mulai memiliki ketertarikan yang lebih untuk melakukan belanja online. Belanja dengan metode ini dianggap sebagai salah satu tindakan yang efisien, karena konsumen tidak perlu menghabiskan waktu untuk sekedar datang ke toko.


Melalui sistem online, barang yang dibeli dalam waktu 1×24 jam akan langsung tiba di depan rumah. Tentunya hal ini turut didukung dengan perkembangan ecommerce yang semakin lama semakin berkembang menjadi lebih baik.

Berkat kehadiran raksasa-raksasa bisnis di bidang ecommerce, kini masyarakat telah memiliki kepercayaan yang besar akan pasar online.

Maka dari itu, jika bisnis Anda saat ini turut hadir di dunia online, maka Anda memiliki kesempatan yang besar untuk dapat meningkatkan penjualan lebih lagi.

Bayangkan saja, dengan melakukan pemasaran secara online, maka Anda memiliki target pasar sebanyak jumlah penduduk Indonesia, dimana semua orang dapat membeli barang atau jasa Anda dengan mudah berkat bantuan teknologi.

Sangat menarik-kan? Nah, jika Anda ingin mengembangkan penjualan lebih lagi melalui pasar online, berikut adalah 7 cara yang dapat dilakukan:

5 Tips yang Dapat Anda Lakukan Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

1. Buat Satu Tujuan yang Pasti

Sebelum Anda menentukan strategi marketing apa yang akan digunakan, pastikan Anda telah mengetahui tujuannya terlebih dahulu.

Apakah tujuan Anda adalah untuk sekedar menaikan trafik pengunjung atau konversi penjualan? Tentukan mana yang menjadi tujuan saat ini, karena berbeda tujuan maka berbeda pula strategi yang akan digunakan.

Contoh: jika Anda hanya menginginkan trafik, maka Anda dapat melakukan update akan sesuatu yang menarik bagi audiens melalui website maupun sosial media Anda.

Sedangkan, jika Anda menginginkan konversi maka Anda bisa melakukan teknik hard-selling dengan melakukan update konten mengenai produk maupun diskon kepada konsumen.

Namun, ingatlah meskipun Anda melakukan teknik hard-selling tanpa adanya audiens atau trafik maka yang Anda lakukan akan percuma. Hal ini disebabkan karena sedikitnya audiens yang akan melihat apa yang diupdate.

2. Strategikan Budget Marketing Anda dengan Tepat

Sementara beberapa sumber dan alat pemasaran online tersedia secara gratis; seperti WordPress, blog, dan media sosial, Anda tetap harus bersiap untuk membayar biaya marketing.

Hal-hal seperti desain grafis, domain website, teknik memasang iklan, penggunaan jasa influencer dan metode-metode promosi online lainnya tetap akan membutuhkan biaya agar hasil yang diciptakan menjadi maksimal.

Cobalah untuk mempelajari teknik-teknik marketing online yang baik dan tepat, pastikan setiap uang yang Anda keluarkan berada di porsi yang tepat.

Anda dapat mempelajari teknik-teknik marketing online secara otodidak melalui internet, atau Anda juga dapat berinvestasi dengan mengikuti training yang membahas mengenai hal itu.

Tentunya, investasi ini akan membuat Anda mahir dalam melakukan marketing secara online, yang pada akhirnya akan membuat penjualan semakin meningkat.

3. Berikan Penawaran Pengiriman Gratis Kepada Konsumen

Berikan Promo ‘Gratis Biaya Pengiriman’
Penelitian menunjukan bahwa memberikan pengiriman gratis kepada konsumen adalah metode paling aktif yang dapat digunakan untuk menarik konsumen lebih lagi.

Konsumen akan semakin tertarik untuk membeli jika mereka mengetahui bahwa barang yang dibelinya dapat dikirimkan secara gratis.

Masih ingat-kan mengenai promo gratis ongkos kirim yang diberikan oleh salah satu ecommerce baru-baru ini?

Dapat dilihat bahwa promo bebas biaya ongkos kirim yang ditawarkan, berhasil menarik konsumen untuk melakukan pembelian lebih lagi.

Cobalah untuk melakukan hal ini untuk meningkatkan minat konsumen dalam membeli produk atau jasa Anda.

4. Tampilkan Visual yang Menarik

Jika bisnis Anda bergerak secara online, maka tampilan visual yang menarik adalah sebuah keharusan.

Semakin menarik tampilan visual yang dapat Anda tampilkan, semakin besar peluang barang atau jasa Anda dilirik oleh calon konsumen.

Tentunya, jika Anda berhasil menarik perhatian konsumen maka semakin besar pula penjualan yang dapat dihasilkan.

Jika Anda merasa kesulitan dalam hal ini, cobalah untuk menyewa jasa fotografer maupun desain grafis. Merogoh sedikit kocek untuk hasil yang besar tentunya tidak masalah-kan?

5. Fokus pada SEO

Cobalah untuk berinvestasi dalam membuat konten yang lebih banyak dan tentunya melalui konten yang tepat.

Tingkatkan urutan Anda di dalam mesin pencari google ataupun lainnya. Semakin tinggi posisi bisnis Anda di mesin pencari, maka semakin besar pula peluang untuk mendapatkan calon konsumen potensial.

Mengapa dikatakan potensial? Hal ini dikarenakan kebanyakan orang yang memang membutuhkan barang atau jasa yang Anda jual, cenderung akan melakukan pencarian di mesin pencari.

Biasanya mereka yang melakukan pencarian merupakan orang-orang yang memang membutuhkannya, sehingga tidak akan sulit untuk melakukan penjualan kepada mereka.

Untuk mempelajari SEO lebih dalam, Anda juga dapat mempelajarinya secara otodidak melalui internet, atau turut mengikuti kursus SEO yang saat ini banyak diadakan.

Nah, itulah tadi kelima tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online yang ada agar lebih meningkat. Beberapa tips mungkin membutuhkan modal untuk dapat memaksimalkannya.

Namun, apabila modal yang diinvestasikan bisa mendatangkan keuntungan yang lebih lagi, Anda tentu tidak akan ragu untuk melakukannya-kan?

Dalam urusan modal, sesungguhnya saat ini ada banyak alternatif dalam hal peminjaman modal usaha.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: