Banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi pebisnis. Apakah Anda salah satunya? Namun karena masih di tahap awal dan pengembangan, banyak yang memilih untuk mengoperasikan bisnis secara sederhana. Salah satunya dengan menjadi solopreneur dan tidak merekrut karyawan.


Memang, ketika menjadi seorang pebisnis tanpa karyawan, Anda harus ekstra kerja keras karena semua-muanya Anda kerjakan sendiri. Namun, dari segi keuntungan, tentu Anda bisa mendapatkan lebih dari yang diinginkan.

Yuk, intip 7 ide bisnis yang bisa Anda jalankan sendiri ini.


1. Freelancer

Jika Anda memiliki kemampuan khusus, seperti menulis, desainer grafis, coding, menjahit, dan sebagainya, cobalah untuk membangun jaringan secara mandiri dan tawarkan jasa Anda sebagai freelancer.

Dengan menjadi pekerja lepas dan mengandalkan kemampuan, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai bisnis penuh waktu. Kumpulkan klien sebanyak-banyaknya dan bangun portfolio terbaik Anda.

2. Fotografer atau videografer

Jago motret atau bikin video? Coba tawarkan jasa Anda untuk memotret pre-wedding, ulang tahun, atau foto di studio.

Jika belum memiliki alat-alat yang memadai, Anda bisa meminjamnya di tempat sewa kamera. Namun, pastikan bahwa Anda mengerti bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut.

Selain memotret secara langsung, Anda juga menjual hasil karya Anda di berbagai situs. Nantinya Anda bisa mendapatkan royalti atau pemasukan atas setiap foto yang diunduh atau terjual.

3. Katering rumahan

Jangan sia-siakan hobi memasak Anda hanya untuk dinikmati sendiri. Dengan membuka katering rumahan, bahkan Anda bisa menjalankan bisnis tanpa karyawan.

Sebelumnya, tentukan dahulu menu makanan apa yang ingn Anda sajikan. Menu makanan sehat? Menu sarapan pagi? Kemudian, Anda juga bisa mencoba untuk memberikan tester kepada tetangga Anda supaya mereka bisa mencicipi hasil masakan Anda.

Jangan lupa, mintalah ulasan mereka, apakah mereka menyukai masakan Anda? Apakah ada yang perlu diperbaiki dari segi kualitas, rasa, penampilan, atau yang lainnya?

Bocorkan juga perkiraan harga menu yang Anda jual dan tanyakan apakah mereka bersedia membeli jika Anda menawarkan harga tersebut.

4. Personal trainer atau instruktur olahraga

Seringnya, kesehatan tak lagi menjadi prioritas kehidupan, apalagi untuk karyawan yang bekerja dengan jam reguler di kantor. Belum lagi, lembur seolah sudah menjadi hal biasa.

Mulai dari kurang minum air putih, terlalu lama duduk di kursi dan tidak banyak bergerak, makan atau jajan sembarangan, tidak makan sayur dan buah, dan sebagainya.

Nah, mengapa Anda tidak mencoba menjadi personal trainer atau instruktur olahraga saja? Anda bisa mengajukan diri untuk membuat jadwal berolahraga selepas jam kerja misalnya.

Bahkan, Anda bisa mengajar olahraga tidak hanya untuk satu perusahaan saja. Bila klien Anda semakin lama semakin banyak, bisnis tanpa karyawan ini pun benar-benar bisa berjalan dengan baik.

5. Tutor online atau guru les privat

Bagi yang berkecimpung di dunia pendidikan, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan dan pengetahuan Anda untuk melakukan tutorial oniline. Anda hanya perlu kamera berkualitas baik yang bisa merekam Anda saat sedang mengajar.

Di sisi lain, Anda juga bisa menjadi guru les privat yang siap dipanggil ke rumah. Untuk mendapatkan murid, jangan lupa promosikan jasa Anda di media sosial, atau bagikan informasi tersebut kepada orang-orang terdekat.

Semakin banyak murid yang Anda miliki, ke depannya Anda bisa membuat tempat les sendiri, lho!

6. Konsultan bisnis

Jika punya insting yang ahli dalam berbisnis, tantang diri Anda untuk menjadi konsultan bisnis. Untuk memulai, Anda bisa membantu kerabat terdekat lebih dahulu.

Selain itu, untuk mempromosikan keahlian Anda dalam berbisnis, Anda juga bisa mencoba untuk membuat Instagram atau website sendiri yang isinya seputar bisnis. Bisa soal kisah-kisah sukses, tips seputar mengembangkan bisnis, dan sebagainya.

Jangan lupa, sebarkan juga jasa Anda sebagai konsultan bisnis agar usaha yang Anda jalani makin lama makin berkembang.

7. Party decorator

Selain kejutan ulang tahun, hal-hal seperti bridal shower dan baby shower sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan di Indonesia.

Tidak jarang, banyak orang mengadakan kegiatan tersebut dan jasa seorang party decorator pun dibutuhkan. Hal ini dilakukan supaya acara lebih berkesan. Biasanya, tidak butuh banyak dekorator untuk mendekorasi ruangan. Satu saja cukup.

Nah, untuk membuat dekorasi yang tampil indah dan cantik, Anda bisa mencari ide dari berbagai website karena biasanya yang didekor bukan hanya meja dan kursi saja, tapi bisa juga tempat tidur, dinding, dan sebagainya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: