Menjual adalah hasil akhir yang didapatkan melalui beberapa proses. Sebuah proses biasanya bisa berlangsung secara cepat, maupun secara lambat.

Semakin besar kesepakatan yang dibuat, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan dan semakin banyak rintangan yang harus Anda lalui.

Sebagian orang menganggap pekerjaan menjual adalah pekerjaan tersulit yang ada, karena Anda dituntut untuk mampu meyakini orang dalam membuat pilihan yang diinginkan.

Untuk menjadi seorang penjual yang handal bahkan ada ribuan buku yang mengajarkan “cara menjual” dan kursus pelatihan yang tersedia di mana-mana di seluruh dunia.

Namun, terlepas dari semua hal tersebut sesungguhnya semua yang perlu Anda ketahui tentang penjualan benar-benar bermuara pada aturan sederhana berikut ini:

9 hal yang Wajib Anda Tahu Mengenai Dunia Penjualan

1. Mengkhususkan Diri Dalam Menjual Satu Hal

Gagasan bahwa seorang penjual yang hebat dapat menjual sesuatu kepada siapa pun sama bodohnya dengan gagasan bahwa musisi virtuoso dapat memainkan instrumen apa pun.

Semakin Anda mengkhususkan diri dalam hal produk, layanan, dan industri, semakin besar kemungkinan Anda berhasil menjual.

Dengan mengkhususkan diri menjual satu hal saja akan membuat Anda menjadi seorang penjual yang handal, karena tentunya product knowledge yang dimiliki sudah sangat luas.

2. Menciptakan Daftar Prospek Pelanggan Anda

Saat Anda menjual, hal terakhir yang Anda inginkan atau butuhkan adalah daftar besar prospek pelanggan.

Anda hanya ingin menghabiskan waktu pada prospek yang mungkin akan membeli. Karena itu, semakin ketat daftar target Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan menemukan seseorang yang benar-benar tertarik.

3. Lakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Jangan pernah menghubungi calon pelanggan sebelum Anda memeriksa profil LinkedIn orang tersebut, meneliti perusahaan, industrinya, dan menemukan setidaknya satu alasan bagus mengapa calon pelanggan harus berbicara dengan Anda, hari ini.

4. Percakapan

Tujuan awal Anda bukan untuk menjual tapi untuk masuk ke percakapan dan mengetahui apakah prospek dapat menjadi calon pelanggan.

Proses percakapan juga menjadi masa pengenalan dan mengenali si calon prospek. Semakin banyak informasi yang bisa didapatkan, semakin mudah Anda menjual produk yang tentunya dikaitkan dengan apa yang menjadi permasalahan prospek.

Biasanya setelah melakukan percakapan, Anda akan dengan mudah menemukan permasalahan apa yang sedang dialami oleh calon pelanggan, dan bisa Anda atasi.

5. Jadilah Seseorang, Bukan Wiraniaga

Tips Mendapatkan Penghasilan Tambahan - Dengan tuntutan hidup sekarang, dimana semua harga menjadi serba mahal maka sudah seharusnya jika Anda mampu mencari sumber pendapatan tambahan. - freelancer

Sama sekali tidak ada yang salah dengan menjual untuk mencari nafkah atau harus menjual agar perusahaan Anda atau Anda menjadi sukses.

Namun, kebanyakan orang tidak menyukai perilaku apa pun yang berbau ruang pamer. Jadilah diri sendiri, tawarkan produk atau jasa yang Anda jual secara tulus tanpa terfokus kepada uang yang didapatkan.

6. Memenuhi Prospek Dengan Cepat

Saat Anda masuk ke percakapan, tujuan Anda adalah untuk mengetahui apakah prospek itu memiliki kebutuhan akan penawaran Anda dan uang untuk membelinya.

Jika tidak, hilangkan prospek itu dari daftar Anda. Jangan membuang waktu Anda terlalu lama dengan orang yang salah.

7. Fokus Pada Pelanggan

Ketika Anda menilai kebutuhan apa yang paling penting, selalu berfokuslah kepada kebutuhan dari calon pelanggan Anda.

Baca Juga: Ingin Bisnis Semakin Menguntungkan? Lakukan 5 Tips Ini Agar Penjualan Bisnis Online Meningkat

Tugas Anda adalah membantu calon pelanggan memenuhi kebutuhan tersebut. Ingat, jangan berfokus kepada kebutuhan Anda, namun berfokuslah kepada kebutuhan calon pelanggan dan ciptakan solusi dengan tulus.

Dengan melakukan ini, orang tidak akan merasa bahwa Anda sedang menjual, mereka akan menganggap Anda sebagai pemilik solusi atas masalahnya.

8. Beradaptasi Dengan Proses Pembelian

Menjual bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan terhadap pelanggan. Ini adalah sesuatu yang Anda lakukan untuk pelanggan.

Hal ini berarti memahami bagaimana pelanggan membeli barang yang Anda jual dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan untuk melakukan pembelian.

9. Membangun Hubungan Jangka Panjang

Satu-satunya cara untuk membuat penjualan lebih mudah adalah dengan membangun lingkungan Anda, bukan hanya kontak tapi juga orang-orang yang telah Anda bantu secara pribadi menjadi lebih sukses.

Dalam hal ini, menjual kepada orang yang merasa memiliki hubungan dekat dengan Anda akan sangat mudah dibandingkan menjual kepada orang yang tidak mengenal Anda.

Jadi, pastikan Anda membangun hubungan jangka panjang yang baik dengan banyak orang untuk dapat menopang penjualan di kemudian hari.

Nah, itu adalah 9 hal yang wajib Anda tahu mengenai dunia penjualan. Menjual adalah suatu tindakan yang mudah apabila dapat dilakukan secara tepat.

Tunjukan ketulusan dan tonjolkan solusi kepada calon pelanggan jika Anda ingin penjualan yang dilakukan berhasil.

Semakin hebat Anda dalam melakukan 9 hal di atas, maka semakin banyak pula konsumen yang akan membeli produk atau jasa dari Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: