Membuat online shop memang menyenangkan, sekaligus menantang. Bahkan, di luar sana, ada banyak sekali pebisnis sukses yang berjualan hanya lewat toko online. Mungkin, hal ini menginspirasi Anda untuk tidak lagi bekerja di kantoran atau bekerja di jam reguler pukul 9 pagi hingga 6 sore. Apalagi, penjualan lewat toko online semakin lama semakin meningkat.

Jika Anda tertarik untuk membuat toko online, Anda perlu rencana strategis supaya usaha yang dijalani dapat bertahan lama. Karenanya, cobalah untuk menjawab 4 pertanyaan berikut sebelum membuat online shop.

Jawab 4 Pertanyaan Penting Ini Dulu Sebelum Membuat Online Shop

1. Apakah produk Anda memiliki market sendiri?

Sebelum menjual produk, Anda perlu tahu kepada siapa Anda menjual produk Anda. Kenyataannya, banyak sekali pebisnis online yang melewati tahap ini. Alhasil, mereka menyesal di kemudian hari karena bisnis mereka tidak menghasilkan keuntungan.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki market untuk menjual produk Anda. Jangan lupa, bangun pula brand Anda sehingga produk makin dikenali.

Untuk permulaan, Anda tidak perlu market yang besar. Selama sekelompok orang senang dengan produk yang dijual, itu sudah menjadi tanda yang bagus.

2. Kepada siapa Anda akan menjual produk dan bagaimana membangun brand?

Inilah pertanyaan selanjutnya yang harus Anda jawab sebelum membuat online shop. Anda mesti ingat, Anda tidak akan sukses dalam bisnis tanpa mengetahui siapa target audience Anda.

Mengapa? Dengan mengetahui kepada siapa Anda akan menawarkan produk, Anda bisa lebih berfokus untuk memuaskan konsumen, juga menjaring pelanggan setia Anda.

Di samping itu, Anda pun juga akan lebih fokus pada bagaimana caranya menjalankan strategi marketing yang efektif yang mampu menjangkau konsumen Anda. Dengan begitu, Anda akan bisa memperoleh hasil penjualan yang tinggi.

3. Apakah produk yang dijual secara konsisten nantinya memiliki arti?

Misalnya, Anda membuat bantal custom bergambar wajah. Setiap hari, Anda duduk, menggambar, mewarnai, dan mengepak bantal yang sudah jadi. Anda baru menyadari, Anda selalu mengerjakan pekerjaan yang berulang.

Masalah yang tidak disadari ialah Anda seolah hanya belajar untuk menggambar dan mewarnai saja, semenjak Anda membuka online shop Anda.

Rasanya, Anda tidak berkembang. Padahal, Anda bisa belajar lebih bagaimana membangun brand awareness dengan membuka booth di berbagai pameran, bisa belajar soal strategi marketing, dan sebagainya.

Belajar dari hal tersebut, Anda mesti membuat produk yang benar-benar Anda sukai, meski harus Anda kerjakan terus-menerus dalam waktu yan lama. Atau, Anda bisa juga merekrut orang lain untuk membuat bantal, sementara Anda menjalankan strategi marketing, misalnya.

4. Apakah Anda siap belajar bagaimana memasarkan produk secara online?

Meski produk Anda sangatlah keren, tapi tidak ada orang yang tahu soal produk Anda, lantas bagaimana bisnis ini bisa berjalan?

Itulah gunanya marketing dalam kesuksesan bisnis. Jika Anda belum tahu bagaimana memasarkan produk, Anda pun perlu mempelajarinya. Memang, tidak semua penerapan marketing dapat dilakukan secara gratis.

Untuk menghasilkan performa yang lebih baik, biasanya Anda perlu mengeluarkan kocek yang tidak sedikit.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: