Kalau bicara soal bisnis dan wirausaha, hal tersebut tak jauh-jauh dari urusan mengambil risiko. Untuk memulai dan mendukung bisnis sendiri, tanpa sadar Anda harus mempertaruhkan karier, keuangan pribadi, hingga kesehatan mental.


Nah, guna mancapai tangga kesuksesan, Anda harus siap untuk menjalani berbagai tantangan untuk dihadapi, seperti 5 risiko yang dihadapi pebisnis berikut ini.

5 Risiko yang Dihadapi Pebisnis Sebelum Memperoleh Kesuksesan

1. Meninggalkan gaji tetap dan pekerjaan yang sekarang

Ketika memasuki dunia bisnis, terkadang Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan Anda yang sekarang, bahkan pada karier yang tengah dijalani.

Di sisi lain, kebanyakan orang memiliki rencana cadangan, andai kata rencana awal tidaklah berhasil. Namun bagi kebanyakan pebisnis pemula, mereka lebih memilih untuk menjalani risiko tersebut.

Ambil contoh, mereka tidak peduli jika tidak memiliki pendapatan pribadi, terutama dalam beberapa bulan atau tahun pertama.

2. Bergantung pada arus kas

Mengamankan arus kas reguler pada kenyataannya sulit dilakukan. Setiap harinya, Anda harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karenanya, Anda perlu mengatur arus kas, seandainya pendapatan tidak sesuai dengan pengeluaran, atau pengeluaran yang tidak sesuai dengan jumlah pemasukan.

Perlu disadari, tagihan bisa datang kapan saja. Jika Anda tidak memiliki cukup pendapatan yang mendukung arus kas keluar, Anda bisa saja kekurangan uang.

Entah untuk membayar gaji karyawan atau hal-hal lainnya. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus siap sedia akan hal ini.

3. Mengorbankan modal pribadi

Beberapa pengusaha bisa memulai usaha mereka hanya dengan mengandalkan pendanaan eksternal. Namun, tidak sedikit pula pebisnis yang harus merogoh kocek dalam dari rekening mereka sendiri untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Jika Anda tidak ingin terus-menerus mengorbankan modal pribadi, coba saja ajukan pinjaman modal usaha ke platform peer to peer lending KoinWorks. KoinWorks memberikan pinjaman dengan depat dan mudah, tanpa menyita waktu-waktu sibuk Anda.

Anda bisa meminjam mulai dari Rp10 juta hinga Rp2 miliar. Anda akan dikenakan bunga rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

4. Memercayai karyawan kunci

Saat baru pertama memulai bisnis, Anda tidak akan berkerja dengan tim besar yang sepenuhnya berdedikasi untuk Anda. Sebaliknya, Anda mungkin hanya akan memiliki tim kecil, yang berjuang sepenuh hati guna memajukan bisnis.

Yang perlu Anda lakukan ialah menaruh rasa percaya kepada rekan-rekan kerja Anda. Terutama, ketika mereka memiliki kemampuan istimewa yang susah dicari atau mereka yang rela bekerja meski mendapatkan gaji yang lebih rendah daripada perusahaan lain.

5. Mengorbankan waktu personal, juga kesehatan Anda

Dalam berbisnis, Anda akan meluangkan banyak waktu untuk bekerja. Ada kalanya Anda akan kehilangan waktu-waktu berharga untuk beristirahat, atau sekadar makan malam dengan keluarga.

Anda juga harus mengorbankan waktu personal Anda dan oh ya, jangan heran jika Anda akan merasa lebih tertekan karena beban kerja yang lebih besar dari biasanya.

Perlu dipahami, berbagai risiko yang harus dihadapi ini seharusnya tidak membuat Anda minder. Sebaliknya, jalanilah rintangan tersebut karena pada akhirnya, Anda memang tidak bisa menghindari risiko apapun sebagai pebisnis.

Jadilah orang yang lebih peka dan menyadari akan adanya risiko tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih matang dalam mempersiapkan segala hal untuk mengurangi dan mengatasinya segala hambatan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: