E-commerce atau perdagangan elektronik sesungguhnya sudah ada sejak tahun 90-an. Namun, beberapa tahun terakhir bisnis online mulai berkembang pesat dan mengambil pasar.


Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin menaruh kebiasaan ke arah digital. Dengan meningkatnya pengaruh teknologi digital terhadap bisnis, e-commerce menjadi pilihan berbisnis yang patut diperhitungkan.

Hal yang menjadi masalah adalah seringkali pilihan untuk menjalankan bisnis secara online tampak meragukan dan pertanyaan selanjutnya bagi pebisnis yang memilih berjualan online adalah memilih marketplace atau membuat website toko online sendiri.

Namun, bagi Anda para entrepreneur yang belum merasa yakin untuk menjalankan bisnis e-commerce, ide untuk membuat website toko online sendiri sesungguhnya dapat menjadi strategi yang jitu karena ada beberapa keuntungan membuat website toko online, yaitu:

Maksimalkan Penjualan Bisnis Anda Dengan Toko Online

1. Lebih Leluasa Berjualan

Toko online mudah untuk diakses dan memungkinkan Anda berjualan 24 jam sehari. Ini karena semua sistem sudah terkomputerisasi.

Anda juga bebas menampilkan produk dan menjalankan strategi promosi sesuai keinginan. Jadi, Anda bisa berbisnis dengan mudah dan nyaman.

2. Membangun Brand

membangun brand bisnis dari awal
Membangun brand bisnis dari awal
Suatu bisnis yang hadir secara online, terutama dengan website toko online sendiri yang dilengkapi dengan blog dan sistem pembayaran online menunjukkan keseriusan dalam berbisnis. Bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan lebih mudah mendapat kepercayaan dari konsumen.

3. Memberi Konsumen Deskripsi Produk yang Lebih Lengkap

Contoh deskripsi produk salah satu Klien Sirclo, Olin’s Closet
Konsumen akan lebih terinformasi karena sistem toko online memudahkan untuk memberikan informasi produk yang up-to-date kepada konsumen serta Anda dapat menyediakan katalog produk berisi penjelasan tentang fitur dan karakteristik produk Anda.

4. Hemat Biaya

Secara umum, biaya membuat toko online lebih murah karena Anda dapat mengurangi berbagai biaya. Beberapa penghematan yang dapat dilakukan adalah:

Lokasi fisik: Anda tidak perlu membayar toko fisik, asuransi, atau infrastruktur.
Promosi dan marketing: Pemanfaatan social media, optimisasi search engine, pay-per-click, dan channel promosi lainnya merupakan bagian dari efisiensi biaya.
Personel: Sistem toko online yang secara otomatis mengatur manajemen stok barang, transaksi dan kalkulasi biaya pengiriman juga membantu Anda menghemat biaya pegawai.
Baca Juga: Ini Pentingnya Mengelola Arus Kas Bisnis Anda Dari Sekarang

5. Jangkauan Lebih Luas

Kehadiran toko online memudahkan pembeli untuk mencari produk Anda. Berbisnis secara offline membatasi Anda untuk berjualan secara geografis karena konsumen hanya bisa mendapatkan produk Anda di daerah tertentu saja, sementara webstore memungkinkan Anda untuk menawarkan produk kepada pembeli di negara manapun.

Sekarang juga sudah ada fitur pembayaran online yang memudahkan semua transaksi pembelian. Hanya dengan beberapa klik, dalam hitungan menit pesanan sudah tercatat dan transaksi terselesaikan dengan mudah.

6. Dapat Merekam Pola Belanja Pelanggan

Website mampu secara otomatis merekam pengunjung toko online berikut produk yang dilihat atau dibeli. Informasi ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi dalam menyediakan barang keinginan konsumen.

Membuat website toko online sendiri sesungguhnya tidak sulit. Manfaatkan jasa pembuatan toko online seperti SIRCLO yang menyediakan platform e-Commerce dalam beberapa paket yang bisa dipilih sesuai dengan fitur yang dibutuhkan.

Fitur-fitur seperti desain website mobile-friendly, integrasi sistem pembayaran, live chat, dan kalkulasi biaya pengiriman dapat memudahkan dalam menjalankan bisnis dan memberikan konsumen pengalaman belanja yang  maksimal.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: