Memulai dan menjalankan sebuah bisnis itu tidak mudah, termasuk bila Anda memutuskan untuk berbisnis franchise. Popularitas bisnis franchise atau waralaba tidak pernah memudar dari waktu ke waktu, terutama di Indonesia.

Berbisnis franchise memungkinkan franchisee (penerima waralaba) untuk mendapatkan hak dalam menjual produk atau jasa dari bisnis milik franchisor (pemilik waralaba) yang sudah lebih dulu berjalan dan mendapatkan pelanggan.

Bisnis franchise kerap dianggap sebagai bisnis yang mudah untuk dijalankan. Padahal, bisnis franchise memiliki tingkat kerumitan yang sama seperti bisnis-bisnis lain pada umumnya.

Bila Anda baru atau hendak terjun untuk menjajal kesempatan berbisnis franchise, atau bahkan terjun ke dunia bisnis, berikut strategi yang harus Anda terapkan agar bisnis franchise Anda bisa sukses dan menguntungkan.

7 Strategi dalam Membangun dan Menjalankan Bisnis Franchise


1. Selektif dalam Memilih Jenis Franchise dan Brand

Dalam berbisnis, Anda tentu harus mempertimbangkan betul-betul jenis usaha apa yang hendak Anda jalankan.

Di balik pertimbangan tersebut pun masih harus ada lagi pertimbangan lainnya terkait apakah jenis usaha tersebut dibutuhkan masyarakat, besaran peluangnya, peralatan, tingkat kesulitan, strategi dan perencanaan matang, dan sebagainya. Berbisnis franchise pun demikian.

Anda harus betul-betul selektif dalam memilihnya, mulai dari jenis franchise itu sendiri dan brand yang menopang di baliknya.

Apakah jenis franchise tersebut dibutuhkan oleh masyarakat? Seberapa besar peluang kesuksesannya bila dilihat dari apa yang sedang dan atau yang sudah terjadi belakangan?

Bagaimana reputasi brand franchisor tersebut? Sebelum benar-benar menjalankan bisnis franchise, pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya matang-matang.

Pastikan juga franchisor tersebut memiliki brand yang kuat dan sudah memiliki reputasi yang baik di tengah-tengah masyarakat.

2. Rencanakan Semuanya Dengan Matang, Dari A Sampai Z

Tahap ini kelihatannya mudah untuk diterapkan, hanya saja ada banyak pemilik bisnis franchise yang akan terkejut akan betapa banyaknya hal yang harus dipersiapkan dengan matang.

Setelah memilih jenis usaha dari sebuah brand, langkah selanjutnya adalah menyusun perencanaan mulai dari bagaimana Anda akan memasarkannya, memilih lokasi, merekrut tim, dan berbagai kegiatan pemasaran dan operasional lainnya.

Penting untuk merencanakan semuanya dengan matang dari A sampai Z. Namun jangan terlalu berpaku pada perencanaan yang matang dan sempurna, eksekusi tetap menjadi langkah berikutnya yang harus segera Anda lakukan.

3. Fokus Dengan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Memberi pelayanan yang buruk, selain akan mempengaruhi kepuasan pelanggan ke arah yang lebih negatif, Anda juga akan merusak citra brand franchisor dan tentu akan mempengaruhi relasi yang buruk dengan dua pihak utama tersebut.

Sebaliknya, upayakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan Anda dan pastikan bahwa tingkat kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama Anda dalam menjalankan bisnis franchise.

4. Manfaatkan Segala Sumber Daya dan Dukungan dari Franchisor

Manfaatkan segala sumber daya yang disediakan oleh franchisor seperti pendanaan, pelatihan, operasional, pemasaran, teknologi, dan berbagai macam dukungan lainnya.

Kuatkan relasi yang baik dengan franchisor dan mereka pun akan setiap membantu Anda dalam menyukseskan bisnis franchise Anda.

Karena biar bagaimana pun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa Anda sebagai pemegang hak jual. Jadi, mereka akan selalu senang dalam mendukung bisnis franchise Anda. Jangan ragu soal ini.

5. Bangun Reputasi di Tengah-Tengah Komunitas

Sedari awal Anda menjalankan bisnis franchise, mulailah bangun reputasi di tengah-tengah masyarakat, terutama komunitas tertentu yang sejalan dengan jenis usaha yang Anda pilih.

Ikuti kegiatan-kegiatan mereka baik dalam bentuk bazaar maupun event lainnya. Jangan ragu menjadi sponsor atau donatur di acara-acara mereka.

6. PIlih Lokasi Berjualan yang Strategis

Dari sekian banyak yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis franchise, memilih lokasi berjualan menjadi salah satu hal yang terpenting. Pilihlah lokasi yang strategis dengan pasar yang sesuai dengan target pelanggan Anda.

Perlu diketahui bahwa lokasi yang ramai bukanlah jaminan bahwa sebuah bisnis mampu menarik pelanggan untuk berbondong-bondong datang ke lapak Anda bak magnet menarik kumpulan paku kecil.

7. Manfaatkan Keikutsertaan Dalam Berbagai Event Bila Memungkinkan

Ini juga menjadi salah satu tahap terpenting. Manfaatkan pula keikutsertaan dalam berbagai event bila memungkinkan.

Namun, selektiflah dalam memilih event apa yang cocok untuk jenis usaha Anda menurut target pasarnya.

Tidak cocok bila Anda membuka stan rokok di acara anak-anak. Sebaliknya, pilihlah event yang cocok untuk jenis Anda, semisal menawarkan jasa ekspedisi pengiriman barang di acara seminar pebisnis online.

Dengan menerapkan 7 strategi di atas dengan baik, yakinlah bahwa bisnis franchise Anda akan sukses dan menguntungkan cepat atau lambat.

Bila Anda masih bingung hendak memilih jenis usaha seperti apa yang cocok, berikut 10 ide bisnis atau peluang bisnis franchise yang bisa Anda coba pelajari dan jalankan sekarang juga:
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: