Jika Anda mengajukan pertanyaan kepada setiap pemilik bisnis mengenai apa yang mereka inginkan dari bisnisnya, jawabannya mungkin akan sama.

Setiap pemilik bisnis pastinya menginginkan “lebih banyak klien.” Lalu bagaimana cara mendapatkan klien yang lebih banyak? Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, maka saat ini kebanyakan klien berasal dari online.

Kebanyakan bisnis yang aktif dan kuat di dunia online berkesempatan untuk dapat berkembang secara besar. Hal ini didukung karena target pasar online yang sangat tidak terbatas jumlahnya. Anda dapat menggapai target pasar di seluruh dunia melalui internet.

Salah satu upaya yang digunakan dalam memperbesar bisnis melalui online adalah dengan memanfaatkan SEO. Sebagai pemilik bisnis, hal ini menjadi hal utama yang wajib Anda ketahui. Untuk itu, mari kita bahas lebih dalam untuk SEO ini.

Apa itu SEO?

Jika Anda baru di dunia internet, Anda mungkin tidak akan mengerti apa itu SEO yang dimaksudkan.

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic dan pengunjung berkualitas ke situs web Anda.

Hal ini dilakukan sedemikian rupa sehingga situs Anda terlihat dalam hasil mesin pencari organik saat kata kunci yang berkaitan dengan bisnis atau layanan Anda dicari di mesin pencari.

Selain banyak kelebihan dan manfaat lainnya, inilah cara membuat situs Anda masuk dalam halaman hasil alat pencarian web (SERPs).

Berikut adalah beberapa tips tentang metode untuk membantu Anda meningkatkan SEO situs bisnis Anda:

Memahami Konsep SEO untuk Bisnis Online Anda

1. Strategi Kata Kunci

Kata kunci adalah apa yang calon konsumen Anda masukan pada mesin pencari saat ingin mencari suatu produk atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan.

Contoh: saat calon konsumen mengetikkan “jual iphone murah”, maka pastikan informasi yang ada di situ web Anda mengandung keyword “jual iphone murah” tersebut, jika bisnis Anda menjual produk iphone.

Bila Anda memahami kata kunci yang digunakan calon konsumen Anda untuk menemukan bisnis Anda, ini adalah kesempatan bagus untuk memajukan situs web Anda. Situs optimalisasi mesin pencari akan menyederhanakan enam zona dasar:

Header Tags: Hal ini mengacu pada fitur yang digunakan di situs web Anda dengan pengaturan konten H1-H6. H1 dan H2 paling penting bagi Google – pastikan halaman Anda memiliki judul yang masuk akal dengan memanfaatkan frase Anda dalam tag H1.

Title Tags: Ini adalah duplikat yang muncul dalam output query sebagai penggambaran halaman web Anda. Hal itu juga muncul di dalam tab halaman situs web Anda. Judul yang ditampilkan haruslah menggambarkan inti dari bisnis Anda. Contoh: jika Anda menjual produk elektronik maka judul harus mengandung kata elektronik untuk memudahkan dalam pencarian.

Struktur URL: Perhatikan tanda baca dalam setiap konten yang ada di situs. Anda perlu memastikan kata-kata yang ditulis diisolasi oleh tanda hubung, ditulis dalam huruf kecil dan gunakan frase yang jelas. Hal ini akan memudahkan mesin pencari dalam membaca situs web Anda.

Gambar: Penggunaan gambar adalah hal yang penting dalam SEO. Pastikan untuk memasukan informasi lengkap dan yang masih berlaku untuk setiap foto yang Anda masukkan ke situs web. Ini juga penting untuk menyertakan tag “alt konten” dan “judul gambar”.

Deskripsi Meta: Hal ini adalah dua baris konten yang muncul di mesin pencari. Mengisi deskripsi meta yang tepat akan membuat situs web Anda dikunjungi oleh calon konsumen yang tepat. Contoh: jika Anda mempromosikan handphone iphone, maka Anda dapat mengisi deskripsi meta dengan “jual iphone, review harga iphone, iphone murah, iphone 6.”

 2. Menyewa Perusahaan Jasa SEO

Meskipun Anda memahami konsep SEO, namun pastinya ada beberapa tips penting yang mungkin tidak Anda ketahui.

Untuk bias mengatasi kelemahan ini, Anda bisa menyewa seorang ahli SEO untuk membantu Anda membuat beberapa hal cerdas. Hal ini tentunya dapat meningkatkan visibilitas bisnis dan peringkat situs web Anda.

Ada banyak Perusahaan SEO yang menawarkan layanan SEO untuk membantu meningkatkan traffic ke situs web Anda.

Mereka menawarkan beberapa layanan seperti konsultasi untuk memahami konsep SEO terbaik yang dapat bekerja untuk bisnis Anda, membantu Anda melakukan penelitian, membuat strategi dan bahkan memantau dan melacak hasilnya setelah menerapkan metode SEO profesional.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda secara online dengan serius, hal ini harus Anda pertimbangkan.

3. Buat Konten Terbaik Anda

Membuat konten dan berusahalah stabil dalam memasukannya ke situs web Anda. Semakin banyak kata kunci yang dapat Anda sertakan akan semakin besar kesempatan Anda dalam meningkatkan traffic calon klien baru ke situs web Anda.

Berusahalah untuk terus melakukan update sesering mungkin dalam hal ini. Dalam membuat konten ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan, termasuk:

Tentukan Panjangnya Konten: Konten yang dibuat dalam bentuk paragraph tidak kurang dari 700-1000 kata. Semakin panjang konten maka semakin memudahkan mesin pencari dalam memasukannya ke dalam algoritma.

Orisininalitas: Pastikan konten yang Anda buat adalah konten yang original. Mesin pencari akan dapat dengan mudah menemukan artikel lain yang sejenis jika konten Anda tidak bersifat original.
Hal ini kan membuat konten Anda tidak akan muncul di mesin pencari saat calon konsumen memasukkan kata kunci tertentu yang mereka inginkan. Maka, pastikan konten bersifat original.

Nah, itulah adalah beberapa tips dalam memahami konsep SEO bagi bisnis online Anda. Semakin Anda mampu mengembangkan strategi SEO, maka dipastikan bisnis online Anda akan selalu berada di urutan teratas mesin pencari. Hal ini tentunya akan membuat banyak konsumen-konsumen baru bermunculan.

Akan tetapi, pastikan bahwa Anda telah siap untuk menangani banyaknya jumlah konsumen baru yang akan membeli produk atau jasa yang Anda jual.

Banyaknya konsumen tanpa adanya kesiapan akan menjadi percuma, karena hal itu hanya akan meninggalkan kesan negatif dari konsumen.

Salah satu kesiapan yang dibutuhkan ini adalah, kesiapan dari penyediaan barang. Pastikan Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk dibeli oleh konsumen.

Anda mungkin dapat melakukan stock barang, atau bekerja sama dengan supplier. Jika Anda membutuhkan pinjaman sebagai tambahan bagi modal operasional, Anda dapat dengan mudah melakukan pinjaman melalui peer to peer lending.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: