Untuk sebuah bisnis yang baru memasuki pasar, penggunaan strategi kupon atau diskon terbilang cukup umum dan efektif.

Pemberian diskon dianggap mampu menarik perhatian dari calon pelanggan, namun hal ini hanya dapat berlangsung efektif sampai pada titik tertentu.

Anda mungkin menganggap semakin banyak diskon yang diberikan, semakin banyak pula calon konsumen yang akan tertarik akan bisnis Anda, sedangkan kenyataannya adalah tidak sepenuhnya benar.

Mengapa Menawarkan Diskon?

Jujur saja, pada tingkat tertinggi, memberikan diskon adalah strategi yang paling masuk akal jika dilihat dari perspektif pemasaran dan penjualan, terutama saat Anda berada dalam penurunan omset. Anda akan menarik banyak pelanggan baru yang mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya.

Contohnya saja: Pernahkah disaat Anda merasa bingung untuk memilih makanan yang ingin Anda makan di Mall, kemudian Anda melihat sebuah restoran bertuliskan diskon 30%, dan secara tiba-tiba keputusan untuk makan di restoran tersebut langsung Anda pilih?

Ya, tentunya diskon memang sangat ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan, namun tahukah Anda bahwa mengurangi harga atau memberikan diskon dapat menghambat pertumbuhan bisnis?

Mengapa demikian? Berikut adalah enam alasan mengapa memberikan diskon terlalu berlebihan akan merugikan Anda dikemudian hari:

6 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Tidak Memberikan Diskon Terlalu Berlebihan

1. Terlalu Banyak Penekanan Pada Harga

Dengan menawarkan diskon, fokus utama Anda adalah pada harga daripada produk atau layanan Anda. Jika satu-satunya keunggulan kompetitif yang Anda miliki adalah harga, bisnis Anda berada dalam masalah besar.

Pencocokan harga telah menjadi hal biasa, jadi Anda harus bergantung pada tingkat kualitas dan layanan untuk membuatnya berada dalam ekonomi konsumen-sentris saat ini.

2. Perang Harga

Penawaran diskon dapat mengakibatkan perang harga dengan pesaing Anda, dan perusahaan besar hampir selalu memenangkan perang ini karena mereka memiliki dukungan finansial yang cukup untuk bertahan dalam jangka waktu panjang.

Apabila Anda adalah seorang pemain baru di bidang bisnis yang Anda geluti, tentunya hal ini adalah perkelahian yang tidak ingin Anda lakukan- kan?

3. Kesan yang Salah di Mata Pelanggan

Ketika sebuah perusahaan menawarkan diskon kepada pelanggan mereka, mereka mengambil risiko besar untuk mendevaluasi layanan mereka.

Pelanggan bisa mendapat kesan bahwa layanan yang ditawarkan tidak layak untuk dibayar dengan harga mahal.

Memberikan diskon juga terkadang menciptakan anggapan bahwa harga yang ditawarkan bersifat tidak tetap, dan bisa mengalami penurunan.

4. Dampak Negatif Terhadap Keuntungan

Jika pesaing melakukan penyesuaian dengan harga diskon yang Anda tawarkan, maka Anda tidak hanya kehilangan keuntungan, namun konsumen juga akan tetap mengharapkan hasil layanan berkualitas tinggi dengan harga diskon secara terus menerus.

Ditambah lagi, jika pesaing Anda memang menawarkan harga yang lebih rendah, hal ini akan membuat keuntungan yang didapat berkurang secara permanen.

5. Membeli Barang Secara Bulk

Bagi perusahaan yang berfokus pada pemberian harga diskon kepada konsumen, maka risikonya adalah konsumen mungkin akan membeli sebanyak mungkin produk di saat harga diskon.

Tentunya hal ini berdampak negatif terhadap keuntungan masa depan karena konsumen Anda tidak perlu membeli lagi begitu Anda menaikkan diskon, mereka sudah memiliki stok barang yang cukup.

6. Dampak Negatif Terhadap Kualitas

Seperti yang dinyatakan di atas, menawarkan diskon dapat menyebabkan perusahaan Anda tidak memiliki pilihan selain memberikan lebih banyak produk atau layanan dalam waktu singkat.

Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas untuk menyelesaikan semuanya tepat waktu. Semakin rendah kualitasnya, semakin besar kemungkinan perusahaan Anda kehilangan kredibilitas dan mendapatkan reputasi buruk.

Nah, itu adalah 6 alasan mengapa Anda harus berpikir dua kali apabila ingin menggunakan strategi diskon. Memberikan diskon tentunya boleh saja, tapi cobalah untuk membatasinya untuk tidak memberikan diskon yang terlalu berlebih.

Seperti setiap peraturan, akan selalu ada pengecualian. Berikanlah diskon yang sesuai dengan batasan normal.

Dibandingkan dengan memberikan diskon, cobalah untuk melakukan teknik pemasaran lainnya seperti memasang iklan Google, Facebook, atau bahkan berinvestasi dalam media sosial Anda?

Seiring perkembangan teknologi sekarang, kehadiran bisnis Anda di dunia online akan memberi pengaruh yang besar bagi perkembangan bisnis.

Gunakan influencer, pasang iklan secara online, dan hal-hal lainnya, lakukan hal tersebut dan lihat hasilnya!

Modal yang dikeluarkan mungkin tidak akan terlalu besar jika dibandingkan dengan strategi pemasaran offline, namun tentunya tetap harus ada modal yang dikeluarkan untuk pemasaran.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: