Saat ini penggunaan sosial media mungkin dapat dinyatakan sebagai ujung tombak dari sebuah bisnis, khususnya untuk bisnis online.Berbagai sosial media yang digunakan sungguh memiliki peranan penting, baik dalam pembentukan sebuah brand maupun jika dikonversikan ke penjualan. Pentingnya penggunaan sosial media terkadang membuat para pemilik bisnis, khususnya bisnis online kebingungan sesungguhnya cara mana yang paling tepat untuk digunakan.


Untuk mengatasi kebingungan tersebut, dalam artikel kali ini KoinWorks akan membahas cara memaksimalkan penjualan melalui facebook dengan menggunakan prinsip digital marketing yang ada. Yuk simak!

Memprioritaskan Kualitas Melebihi Kuantitas

Tips Memaksimalkan Penjualan Melalui Facebook Berikut adalah dua pertanyaan yang sering kita dengar: Seberapa sering saya harus posting ke Facebook? Apakah jika melakukan posting lebih sering akan membantu saya menjangkau lebih banyak orang?

Singkatnya, jawabannya adalah tidak. Pada akhirnya semua ini dilihat melalui seberapa banyak post dapat muncul di News Feed. Semuanya sangat bergantung pada kualitas dari posting Anda.

Semakin berkualitas konten, maka akan semakin sering konten ditampilkan. Algoritma ini dimaksudkan untuk menyaring posting yang tidak relevan dan berkualitas buruk sehingga hanya barang dengan kualitas terbaik yang akan ditunjukkan kepada pengguna sosial media.

Jadi, pastikan untuk tidak melakukan spamming di Facebook, dan berusahalah bersifat selektif tentang apa yang akan dipublikasikan. Cobalah untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk menyusun posting Facebook yang lebih baik.

Perlu diingat bahwa ini adalah tugas utama seorang pemasar untuk mengirim konten yang menarik, menghibur, bermanfaat, dan relevan bagi audiens sehingga Anda memang harus ahli dalam hal ini jika ingin mengembangkan bisnis lebih lagi.

Posting di Waktu Audiens Sedang Online

Pertanyaan umum lainnya: Kapan waktu terbaik untuk melakukan update di Facebook? Sayangnya, tidak ada jawaban yang sempurna karena bisnis yang berbeda mungkin akan memiliki hari dan waktu terbaik yang berbeda.

Biasanya, untuk masalah waktu akan bergantung pada target audiens yang ditargetkan, wilayah yang  ditargetkan, jenis konten, dan sebagainya. Beberapa asumsi juga mengatakan bahwa dimulai dari jam 7 malam ke atas akan selalu menjadi jam terbaik.

Pada jam-jam ini biasanya kebanyakan audiens sedang memiliki waktu santai setelah bekerja selama seharian. Terlepas dari benar atau tidaknya, Anda bisa menjadikan asumsi ini sebagai pedoman umum untuk membantu menemukan waktu yang terbaik.

Posting Konten Blog Terbaik Bagi Bisnis Anda

Baik atau tidaknya sebuah konten yang ditampilkan di sosial media akan sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Cobalah untuk mulai memberikan informasi yang bermanfaat dan disukai oleh para audiens melalui blog.

Jika kekurangan sumber daya, namun ingin mempertahankan strategi penggunaan blog maka Anda dapat mencoba menghubungkan blog dengan tautan auto-post. Tersedia beberapa platform blogging seperti HubSpot yang dapat secara otomatis menawarkan fitur auto-post. Disini Anda hanya perlu melakukan sinkronisasi dengan halaman Facebook bisnis.

Menentukan Topik yang Akan Dibahas Melalui Analisa Google Trends

Untuk menentukan topik blog sesuai dengan apa yang diinginkan audiens, tentunya bukan persoalan yang mudah. Anda perlu melakukan analisis secara tepat, salah satunya dengan menggunakan google trends.

Dengan menggunakan situs milik google ini, dengan mudah akan diketahui apa yang menjadi trend pencarian saat ini. Setelah mengetahui trend yang ada tersebut, kemudian barulah Anda bisa mengembangkan lebih lagi mengenai topik pembahasan blog.

Pastikan Posting–an Meta Blog Anda Disesuaikan Dengan Baik

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa ketika melakukan post link ke Facebook, akan menjadi lebih menarik jika disertai gambar dan hanya menggunakan caption singkat saja?

Meta blog biasanya mengacu pada atribut HTML yang akan menjelaskan isi dari halaman sebuah web atau blog. Tanpa adany deskripsi meta blog, Facebook cenderung akan menarik teks pertama yang dapat ditemukan.

Biasanya teks pertama yang diambil tidak akan sesuai dengan apa yang dicari audiens, karena itu diperlukan penyusunan meta blog. Di samping iu, deskripsi meta akan menjadi kesempatan Anda untuk menjual jasa maupun produk Anda kepada khalayak melalu metode soft-selling.

Deskripsi meta yang dibuat juga harus cukup menarik untuk membuat audiens tertarik melakukan klik, dan panjangnya harus mencapai 155 karakter atau kurang.

Kirimkan Konten Visual Anda yang Paling Menarik

Desain halaman timeline Facebook yang baru cenderung menempatkan lebih banyak penekanan pada konten visual, seperti gambar dan video. Satu studi menemukan bahwa posting Facebook dengan foto akan menghasilkan klik paling banyak dari jenis post lainnya, terhitung 87% dari total interaksi.

Itulah mengapa publikasi konten visual yang menarik adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki strategi Facebook Anda.

Nah, sekarang sudah mengerti mengenai cara meningkatkan penjualan melalui Facebook kan? Yuk tingkatkan penjualan lebih lagi dengan memakai konsep-konsep digital marketing saat ini!

Mampu memaksimalkan penjualan tentu menjadi bukti tersendiri bagi berhasilnya strategi pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya.

Selanjutnya, keberlangsungan atau bertahannya sebuah bisnis dalam menghadapi kompetisi pasar, meladeni permintaan pasar, dan terus memproduksi barang/jasa menjadi indikator lain apakah bisnis tersebut dapat terus bertahan untuk maju atau malah merugi hingga akhirnya bangkrut.

Oleh karena itu, seiring berjalannya pengembangan bisnis, modal kerja harus terus tersedia sebagai biaya penopang untuk berbagai kebutuhan semacam operasional hingga produksi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: