Jika ada yang mengatakan sebuah profil bisnis bukanlah hal penting, maka tentu keliru. Memang, kebanyakan perusahaan yang sudah berjalan normal dan menguntungkan, mereka mungkin tidak terlalu peduli akan profil perusahaan. Namun, bagaimana seorang konsumen tahu bahwa perusahaan tersebut maju jika profil perusahaan yang mereka baca untuk pertama kalinya tidak menariknya untuk percaya dengan perusahaan tersebut? Disinilah pentingnya sebuah profil perusahaan terutama untuk membuat first impression yang mengesankan dan menarik tentunya.

Jadi, profil perushaan ini sangat penting untuk dibuat seprofesional mungkin bahkan seelegan dan sedetail mungkin tapi tetap dengan bahasa yang simple dan menarik. Isi dari profil perusahaan juga harus padat dan tidak bertele-tele, mengandung semua informasi yang dibutuhkan calon konsumen. Profil perusahaan harus menciptakan first impression yang membuat konsumen ingin menghubungi perusahaan untuk bekerja sama. Anda tidak akan pernah tahu siapa saja yang melihat profil perusahaan Anda.

Tips Membuat Profil Perusahaan

Untuk membuat profil perusahaan yang menjual, tentunya harus diawali dengan apa saja yang harus ada dalam sebuah profil perusahaan. Berikut elemen yang harus ada dalam setiap penulisan atau pembuatan profil perusahaan;


  • Tulis Sejarah berdirinya perusahaan; Sejarah awal mula berdirinya perusahaan ini menggambarkan bagaimana perusahaan ini berdiri, apa landasan atau dasarnya. Ini bertujuan seluruh pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti konsumen memahami sejarahnya, pengalamannya serta keutuhan individu atau team perusahaan.
  • Buat Visi dan Misi Perusahaan; Visi bisa diartikan sebagai cita-cita yang akan diraih di masa yang datang dalam periode tertentu (What to Be). Sedangkan misi adalah cara-caranya untuk meraih visi tersebut (How to Be).
  • Buat Struktur Organisasi; Di sinilah pembaca atau calon konsumen bisa melihat susunan organisasi atau perusahaan serta tanggungjawab para individu di dalamnya. Tujuan menampilkan struktur atau hirarki perusahaan adalah untuk menampilkan individu-individu yang berperang penting di perusahaan tersebut sehingga calon konsumen bisa melihat secara langsun
  • Tunjukan Kinerja Perusahaan; Kinerja perusahaan bisa dilihat atau dibuat dengan beberapa cara. Namun, elemen yang harus ada adalah pengalaman pekerjaan terdahulu. Maksudnya, profil perusahaan menampilkan pekerjaan apa saja yang sudah ditangani oleh perusahaan dengan baik bisa berupa tulisan, grafik, gambar, foto dan lain-lain. Selain itu, laporan keuangan perusahaan juga penting untuk ditampilkan sebagai bukti yang menggambarkan kinerja perusahaan. Pastinya, laporan keuangan perusahaan akan ditampilkan jika jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan ada hubungannya seperti perusahaan saham atau investasi dimana laporan keuangan dijadikan pertimbangan bagi calon konsumen untuk mengetahui detail dan kinerja perusahaan. Jika perusahaan tidak bergerak di bidang yang berhubungan dengan keuangan, maka laporan keuangan tidak perlu untuk ditampilkan.


  • Gambarkan Product Value; Nilai-nilai produk atau servis yang dibuat atau ditawarkan oleh perusahaan. Ada beberapa elemen disini yakni
  • Product; Tulis bagaimana strategi mengenai produk perusahaan yang membuat konsumen tertarik untuk membeli.
  • Price;Berisi strategi tentang bagaimana produk perusahaan lebih baik dari sisi harga jika dibandingkan dengan pesaing lainnya.
  • Promotion; Mengungkapkan bagaimana strategi pemasaran produk perusahaan bisa dengan advertising (iklan), sales promotion (promosi di ajang pameran atau tempat keramaian lain), personal selling (promosi dengan mendatangi tempat konsumen secara langsung), public relation (promosi untuk meningkatkan image perusahaan daripada menjual produk dan biasanya dilakukan oleh perusahaan besar).
  • Placement; Berisi tentang bagaimana caranya perusahaan mendistribusikan produk-produknya agar sampai di tangan konsumen secara langsung.
  • People; Menggambarkan sumber daya manusia yang terlibat di dalam perusahaan yang bisa menjual produk baik langsung maupun tidak kepada konsumen.
  • Process; Menceritakan proses tertentu seperti proses pelayanan, proses produksi dan lain-lain kepada konsumen agar lebih tertarik untuk membeli produk.
  • Physical Evidence; Menampilkan bentuk fisik perusahaan seperti gedung atau kantornya, fasilitasnya, kebersihannya dan lain-lain.

Jika Anda ingin menulis atau membuat profil perusahaan secara sempurna dan bisa membuat first impression yang berharga, maka buatlah profil tersebut dengan gaya bahasa Anda sendiri tanpa melupakan content atau elemen-elemen penting di atas. Dengan cara ini, profil perusahaan bisa menampilkan semua informasi yang dibutuhkan konsumen.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: