Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini Anda tak perlu lagi harus berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk sekadar berbelanja.

Anda dapat melakukan pembelian dalam sekejap dengan satu klik saja melalui berbagai situs online yang ada. Godaan di era digital semakin berada di mana-mana, dan hal ini tentunya membuat Anda semakin sulit untuk menghemat uang.

Tanpa kontrol diri yang kuat, Anda akan segera menciptakan kebiasaan finansial yang buruk dan bahkan berdampak besar bagi masa depan.

Jadi bagaimana Anda bisa menghemat uang di era digital sekarang ini? Berikut adalah tips menabung secara cermat yang dapat dilakukan dari sekarang untuk memiliki finansial yang lebih baik.

5 Tips Menabung Secara Cermat di Era Digital

1. Tetapkan Anggaran

Tips menabung secara cermat yang pertama adalah menetapkan anggaran. Bila Anda memiliki pandangan tertentu akan pendapatan dan pengeluaran Anda, maka mulailah untuk memperbaiki keuangan pribadi Anda.

Mulai dengan menetapkan anggaran dan tujuan yang jelas, biasakan menghemat uang dengan mengotomatisasi prosesnya.

Siapkan simpanan reguler dan otomatis ke rekening dan investasi Anda, baik langsung dari gaji Anda atau dari rekening giro Anda.

Lakukan autodebit, atau pemotongan langsung agar uang tidak habis dengan segera. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam proses menabung.

2. Mintalah Orang Terpercaya Anda Sebagai Pengamat

Menurut sebuah studi di MIT, memiliki teman-teman dengan sifat dan tujuan serupa dapat menjadi efektif dalam pemberian motivasi.

Perencana keuangan profesional juga merekomendasikan agar seseorang menjadi pengamat bagi Anda dalam hal mengamati arus keuangan yang dimiliki.

Pertimbangkan untuk menggunakan konsep ini agar bisa menghemat lebih banyak uang. Anda tidak memerlukan pengamat yang ahli dalam bidang keuangan, cukup seseorang yang bisa mengontrol Anda.

Mintalah bantuan teman dekat, saudara, orang tua, atau bahkan pasangan Anda untuk selalu mengamati pola keuangan Anda.

Tetapkan tujuan penghematan yang dapat dicapai dan mintalah pengamat Anda untuk memantau kemajuan yang ada sekaligus memastikan Anda tetap pada jalur.

3. Belanja Seorang Diri

Demi keuangan pribadi, bagaimanapun, lebih baik berbelanja sendiri. Dalam suasana santai dan menyenangkan, teman Anda mungkin mendorong Anda untuk membeli lebih banyak barang daripada yang Anda inginkan.

Jelas, itu tidak sehat untuk kondisi keuangan Anda. Terkadang berbelanja bersama orang lain juga akan membuat Anda tak kuasa menahan diri untuk membeli suatu barang karena gengsi yang ada. Jadi pastikan untuk menghindarinya jika Anda ingin lebih berhemat untuk ditabung.

4. Bila Anda Mendapatkan Kenaikan Gaji, Naikkan Juga Tabungan Anda

Inilah dia  tips menabung secara cermat selanjutny. Semua orang mengatakan bahwa mereka akan menghemat lebih banyak bila mereka memiliki lebih banyak. Namun, apakah orang benar-benar melakukannya?

Saat kita mendapat kenaikan gaji, biasanya hal pertama yang kita lakukan adalah membeli sesuatu yang mahal untuk merayakannya.

Mungkin tas tangan, atau tiket pesawat ke destinasi impian. Pembelanjaan untuk perayaan tentunya bukan hal yang salah.

Beberapa penghargaan diri itu sehat. Tapi ingat untuk meningkatkan transfer otomatis bulanan Anda ke tabungan juga.

Mungkin akan menyakitkan sekarang, tapi Anda akan mencapai tujuan keuangan pribadi Anda lebih cepat jika Anda membagikan lebih banyak uang ke tabungan Anda dari usia yang lebih muda.

Apakah Anda memiliki cukup kekuatan untuk menabung? Apakah Anda baik-baik saja dengan tidak memiliki uang yang banyak sekarang?

Jika Anda bisa mengembangkan kedua kualitas ini, finansial Anda akan bertumbuh semakin baik dari waktu ke waktu.

5. Investasikan Uang Anda

Tahukah Anda sebanyak apapun uang yang mampu Anda tabung saat ini tetap tidak akan membuat Anda kaya jika hanya ditabung?

Anda mungkin merasa bahwa telah memiliki jumlah tabungan yang banyak saja sudah cukup. Lalu, bagaimana dengan inflasi?

Di saat Anda berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp100 juta setelah 5 tahun menabung, di saat itu juga uang tersebut mungkin sudah tidak senilai lagi karena inflasi yang ada.

Contohnya: Apabila dahulu Anda bisa membeli seporsi bakmie dengan harga Rp 5 ribu untuk jajan disekolah, saat ini mungkin Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu-20 ribu untuk semangkuk bakmie.

Untuk menjadi seseorang yang cermat di era digital sekarang ini, Anda tidak bisa hanya sekadar menabung. Pastikan Anda disiplin dalam melakukan investasi.

Hasil investasi ini yang akan bekerja bagi Anda di masa depan. Tentunya, seiring perkembangan digital maka mulai banyak pilihan investasi yang juga turut bermunculan.

Kebanyakan investasi memberikan keuntungan sebanding dengan risiko yang Anda harus tanggung. Namun, tahukah Anda jika saat ini ada jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan besar dengan risiko yang sangat minim?
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: