Setiap orang sangatlah wajib memiliki skill finansial yang baik. Beragam skill finansial akan memampukan Anda untuk mengatur keuangan secara lebih bijak dan efisien, terlebih dalam hal pengeluaran.

Skill finansial yang baik akan membuat Anda bisa lebih mudah dalam hal menabung atau pun berinvestasi, terlebih lebih banyak uang yang bisa Anda tabung atau pun investasikan.

Apakah skill finansial Anda saat ini sudah cukup baik? Jika belum, kali ini KoinWorks membahas tentang beberapa skill finansial wajib yang dimiliki anak muda agar dapat memanfaatkan uang dengan lebih baik lagi. Anda tentu tidak ingin kekurangan uang di masa depan, kan?

Anak Muda Wajib Punya 6 Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya di Masa Depan
1Gunakan Rumus 50:30:20 untuk Membagi Penghasilan yang Dihasilkan
 50 30 20 rule of budget - skill finansial
Gambar: Pinterest
Di saat Anda mulai mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya, ingatlah untuk selalu membaginya ke dalam 3 porsi yang berbeda, yakni


  • Porsi yang pertama sejumlah 50% untuk kebutuhan tetap bulanan
  • Porsi yang kedua 30% untuk membeli hal-hal yang Anda inginkan
  • Porsi yang ketiga 20% untuk dapat ditabung atau diinvestasikan

Melalui metode ini, Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih mudah. Paksalah diri sendiri agar dapat menjadi disiplin dalam hal ini.

Apabila kemudian ada porsi yang berlebih nominalnya, maka kurangi porsi Anda di bulan selanjutnya. Lakukan pembagian ini secara rutin dan konsisten agar skill finansial Anda bertambah!

2. Catatlah Setiap Pengeluaran Anda

Ini dia skill finansial kedua yang perlu anak muda butuhkan.

Sering kali Anda mungkin merasa malas untuk mencatat pengeluaran yang ada. Namun, tahukah Anda bahwa dengan mencatat setiap pengeluaran akan membuatnya menjadi lebih terkontrol?

Catatan yang dibuat akan menjadi bahan evaluasi ke mana uang Anda pergi selama satu bulan. Anda dapat melihat apakah Anda sudah bijak dalam menggunakan uang, atau bahkan Anda terlalu membuang-buang uang.

3. Cerdaslah dalam Memilih Bank

Saat ini, kehidupan Anda pastinya tidak akan pernah terlepas dari yang namanya bank. Bank akan menjadi sahabat terdekat yang akan selalu membantu guna mempermudah setiap transaksi Anda.

Mulai dari sekadar tempat penyimpanan uang, tempat membayar segala jenis tagihan, dan termasuk juga untuk meminjam uang di saat keuangan Anda sedang memburuk.

Terlepas dari semua itu, ingatlah bahwa bank adalah sebuah perusahaan komersil yang memiliki tujuan mengumpulkan profit sebanyak-banyaknya.

Segala fasilitas dan kemudahan bertransaksi yang ditawarkan oleh bank harus Anda bayar dengan uang. Maka dari itu, penting sekali untuk cermat dalam memilih jasa bank yang digunakan.

Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga relatif tinggi, dengan potongan biaya administrasi yang rendah. Perhitungkan pula besarnya potongan yang berlaku jika Anda melakukan transaksi ke bank yang berbeda.

Termasuk fitur yang bisa diakses lewat internet maupun mobile dan layanan pelanggan yang baik juga layak Anda jadikan pertimbangan.

4. Dalam Berbelanja, Selalu Utamakan Kualitas Barang yang Anda Beli

Saat berbelanja, biasanya harga barang akan menjadi hal pertama yang dilihat. Hal ini biasa dilakukan dengan tujuan penghematan uang, akan tetapi tahukah Anda bahwa berbelanja barang murah akan membuat Anda menjadi lebih boros?

Hal ini biasa disebabkan karena tingkat ketahanan produk yang dibeli hanya akan bersifat sementara. Misalnya, Anda membeli baju seharga Rp100 ribu, tetapi hanya bisa bertahan 1 bulan, dibandingkan dengan baju seharga Rp400 ribu dan bisa bertahan 6 bulan.

Maka, mana yang akan membuat Anda menjadi lebih hemat? Sudah tahu jawabannya, bukan? Jadi, apabila skill finansial Anda ingin bertambah, cobalah untuk selalu mengutamakan kualitas ya!

5. Sadarilah Pendapatan Anda Akan Meningkat Seiring dengan Peningkatan Kemampuan

Berusahalah hemat dalam hal gaya hidup, namun jangan pernahi takut untuk berinvestasi dalam segi kemampuan.

Ambillah kelas bahasa asing, atau kursus tambahan selepas kantor yang mampu mengasah kemampuan atau skill Anda menjadi lebih meningkat. Jangan.pernah ragu untuk melakukan hal ini, karena seiring dengan peningkatan kemampuan,

Anda juga akan mendapatkan peningkatan pendapatan tentunya. Yuk tingkatkan skill Anda lebih lagi!

6. Tidak Ada Kata “Nanti” Untuk Mulai Berinvestasi

Hal terakhir yang wajib Anda lakukan dalam hal finansial agar dapat menjadi kaya raya di masa depan adalah dengan berinvestasi.

Masih merasa muda dan belum perlu merencanakan keuangan? Atau merasa bisa menunda sampai kelak sudah berkeluarga?

Ketahuilah, semakin tua usia Anda maka semakin banyak pula kebutuhan yang harus dikeluarkan. Artinya, semakin sedikitlah uang yang bisa dialokasikan ke berbagai skema investasi.

Keuntungan investasi akan sangat dipengaruhi oleh jangka waktu, semakin lama Anda memasukkan uang ke dalam sebuah skema investasi semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan.

Mumpung masih muda dan belum punya banyak tanggungan yang menyita gaji, jangan ragu untuk mulai berinvestasi mulai saat ini.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: