Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor - Seorang supervisor harus memberikan dukungan kepada anggota tim, itu artinya mereka harus memahami setiap peran masing-masing karyawan dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan pekerjaan tersebut.

Supervisor hebat juga harus bisa memberikan motivasi dan memastikan anggota tim melakukan pekerjaan dengan baik untuk tujuan bersama.

Agar Anda bisa memberikan kinerja yang optimal sebagai seorang supervisor hebat, kami akan menjelaskan tentang 7 keterampilan penting yang perlu dikuasai.

Simak penjelasannya di bawah ini.

7 Keterampilan yang Perlu Dimiliki Seorang Supervisor Hebat

1. Memiliki Sikap Proaktif

Supervisor diperlukan oleh anggota tim agar bisa memberikan arahan dan memberikan dukungan saat ada yang salah.

Itu artinya Anda harus bisa berada selangkah lebih maju dari karyawan dan harus siap dengan instruksi dan jawaban yang tepat.

Supervisor hebat dan proaktif selalu memiliki rencana ke depan dan memecahkan masalah dengan segera setelah mereka menemukannya.

2. Kreativitas

Seorang supervisor selalu ditantang dengan masalah dan sasaran baru yang harus dicapai. Dengan demikian, Anda harus bisa menjadi orang yang kreatif untuk menyelesaikannya.

Agar bisa menjadi supervisor hebat pemecah masalah yang kreatif, Anda harus selalu terbuka dengan ide-ide baru dan selalu berpikir tentang cara meningkatkan kinerja.

3, Berpikir Cepat

Di dalam perusahaan akan selalu ada perubahan yang akan dihadapi dan harus ada kinerja yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, seorang supervisor hebat harus bisa menangkap ide-ide baru dan bisa dengan cepat menangani masalah yang ada.

Keterampilan berpikir cepat bermanfaat untuk menghadapi tantangan baru dan mengatasi berbagai masalah yang muncul.

4. Keahlian Teknis

Supervisor hebat perlu memiliki keahlian yang baik agar bisa memastikan pekerjaan anggota tim sudah memenuhi standar yang diperlukan.

Supervisor hebat pasti memiliki pengetahuan teknis yang komprehensif untuk setiap bidang pekerjaan yang mereka dukung. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki kualifikasi yang tepat dan berpengalaman untuk mengukur pekerjaan dari anggota tim yang lain.

5. Pribadi yang Selalu Belajar

Standar dan teknologi selalu berubah seiring waktu dan hal inilah yang mengharuskan seorang supervisor untuk terus belajar.

Keinginan untuk terus belajar akan menyegarkan pikiran Anda dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang lebih baik.

Seorang supervisor hebat, harus bisa mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini dengan membaca studi yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.

Selalu mengikuti pelatihan dan meningkatkan kualifikasi secara teratur. Anda juga perlu menemukan ide-ide baru yang bisa bermanfaat bagi anggota tim.

6. Berkomunikasi Dengan Baik. 

Menjadi seorang supervisor mengharuskan Anda untuk bisa mendukung anggota tim. Anda harus bisa menjelaskan kepada mereka apa yang dibutuhkan dalam pekerjaan, bisa dalam bentuk nasehat, informasi baru, atau penjelasan penting.

Dalam menyampaikan semua hal di atas, Anda membutuhkan keterampilan berkomunikasi yang baik dan hebat.

Sebagai seorang supervisor hebat, Anda harus memastikan untuk secara teratur berbicara dengan semua anggota tim dan melakukan pertemuan dengan karyawan. Jelaskan kepada karyawan tentang masalah yang sedang dihadapi, keberhasilan yang dicapai, dan metode baru yang akan dijalankan.

Selalu bersikap mendukung kepada karyawan agar mereka bisa menghasilkan kinerja terbaik dalam pekerjaan.

Jika Anda merasa belum menguasai keterampilan berkomunikasi dengan baik, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan atau pendidikan non-formal agar bisa melatih kemampuan tersebut.

Anda bisa menyisihkan sebagian waktu dalam satu minggu untuk mengikuti kelas yang akan melatih keterampilan berkomunikasi.

Jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti pendidikan tersebut, ada solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. KoinPintar bisa menjadi solusi pinjaman dana pendidikan non-formal dan formal yang bisa digunakan oleh semua orang.

Membayar biaya pendidikan dengan cara mengangsur jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan langsung di muka.

Hal yang tidak kalah penting adalah semua biaya yang harus dibayarkan diinformasikan secara transparan dan tidak ada yang ditutupi. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan cicilan yang tiba-tiba bertambah atau tambahan biaya yang lainnya.

7. Kemampuan Mendengarkan

Seorang supervisor hebat tidak hanya berperan untuk memberi tahu apa yang dilakukan anggota tim atau menjelaskan kesalahan yang terjadi.

Anda juga harus bisa membantu anggota tim untuk memecahkan masalah dan menjadi orang yang lebih baik dalam pekerjaan mereka.

Agar bisa menjadi pendengar yang baik, Anda harus memastikan untuk bisa dengan mudah didekati oleh anggota tim yang lain. Sehingga bisa dengan mudah memahami apa yang dibutuhkan oleh anggota tim.

Semoga informasi di atas bisa memberikan banyak manfaat agar Anda bisa menjadi supervisor hebat!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: