Alasan yang Membuat Banyak Mahasiswa Lulus Terlambat - Idealnya seseorang mahasiswa bisa lulus di perguruan tinggi dalam waktu 4 – 5 tahun sejak pertama kali mereka diterima. Hanya saja tidak semua mahasiswa bisa lulus tepat waktu, ada banyak sekali mahasiswa yang lulus terlambat sampai lebih dari 5 tahun.

Hal yang menjadi permasalahan adalah lulus terlambat akan membawa lebih banyak kendala di masa depan. Misalnya saja, beasiswa yang ditarik dan membuat Anda tidak bisa lagi menerimanya atau harus membayar biaya perkuliahan yang lebih mahal.

Masalah di atas membuat Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang bisa membuat lulus terlambat dan mulai mencegahnya mulai saat ini.

Berikut penjelasannya lebih lanjut.

6 Alasan yang Membuat Banyak Mahasiswa Lulus Terlambat

1. Kelemahan Akademik


Faktor pertama yang membuat banyak mahasiswa lulus terlambat adalah kelemahan akademik yang mereka miliki.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Terus Belajar lewat Pendidikan Formal mau pun Informal!

Hal inilah yang membuat para mahasiswa sering gagal dalam mata kuliah dan perlu mengulang mata pelajaran di semester selanjutnya.

2. Beban Kredit per Semester yang Diambil

Di Indonesia, perguruan tinggi mengizinkan mahasiswa untuk mengambil beban kredit per semester maksimal 24 SKS agar mahasiswa tidak lulus terlambat. Hal ini bisa didapatkan dengan syarat, Anda meraih IPK tertentu dengan nilai yang baik.

Tujuan adanya kredit per semester ini adalah menyesuaikan kemampuan belajar mahasiswa dengan beban pelajaran yang bisa mereka ambil dalam satu semester.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki kemampuan belajar yang rendah, sebaiknya jangan terlalu banyak mengambil beban kredit dalam satu semester. Jika dipaksakan, hal ini tentu akan merugikan diri Anda sendiri, hasil belajar yang dilakukan tidaklah optimal dan dapat membuat anda lulus terlambat.

3. Penasihat Akademik yang Tidak Peduli Dengan Anda

Penasihat akademik memiliki manfaat agar Anda bisa mendapatkan saran tentang mata kuliah yang tepat untuk diambil pada semester yang selanjutnya agar Anda tidak lulus terlambat. Jumlah pertemuan minimal dengan seorang penasihat akademik adalah 1 kali dalam 1 semester.

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua mahasiswa mendapatkan bimbingan akademik yang memadai dan akhirnya hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap mata kuliah yang salah yang diambil oleh seorang mahasiswa dan membuat mahasiswa lulus terlambat.

4. Sikap yang Tidak Dewasa

Saat masuk ke perguruan tinggi, maka Anda dianggap sebagai orang yang dewasa dan sudah mampu bertanggung jawab dengan setiap keputusan dan tindakan yang diambil.

Banyak mahasiswa yang lulus terlambat disebabkan oleh sikap mereka yang tidak dewasa. Misalnya saja, lebih memilih berjalan-jalan dengan teman, bolos kuliah, tidak mengerjakan tugas yang dimanta dosen, dan lainnya.

Sangat penting untuk menjadi seorang yang dewasa dan mampu mengatur waktu yang dimiliki dengan baik. Anda boleh berjalan dengan teman, jika aktivitas perkuliahan sudah selesai.

Selain itu, jangan lupa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dari dosen, karena hal ini tentu saja sangat berpengaruh terhadap nilai Anda di mata kuliah yang sedang diambil agar Anda tidak lulus terlambat.

5. Bekerja Sampingan Dengan Berlebihan

Cukup banyak mahasiswa yang memilih untuk bekerja sampingan untuk membantu meringankan biaya kuliah dan beban orangtua mereka. Hanya saja, mereka seringkali bekerja secara berlebihan sehingga mengganggu aktivitas belajar di kampus yang kelak dapat menjadi faktor Anda menjadi lulus terlambat.

Penelitian menunjukkan bahwa, seorang mahasiswa tetap bisa mendapatkan nilai yang baik jika mereka bekerja hanya 10 jam per minggu dan tidak boleh lebih dari itu.

Jika Anda bekerja lebih dari itu, maka konsekuensinya adalah nilai yang buruk dan lulus terlambat.

Adakah solusi yang lebih baik dari masalah agar Anda tidak lulus terlambat seperti di atas?

Jika Anda membutuhkan biaya untuk membayar pendidikan dan belum mendapatkan beasiswa saat ini, ada cara lain yang bisa dilakukan. KoinPintar menawarkan solusi pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk membayar dana pendidikan formal dan non-formal.

Suku bunga pinjaman yang Anda dapatkan sangatlah ringan yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Tidak hanya itu saja, angsuran pinjaman yang telah diambil bisa Anda cicil sampai dengan 12 bulan ke depan.

Solusi di atas tentu saja lebih baik, daripada Anda harus bekerja sampingan yang akhirnya bisa mengganggu aktivitas perkuliahan dan lulus terlambat.

6. Evaluasi Masalah di Dalam Diri Sendiri

Jika 5 masalah di atas tidak terjadi di dalam diri Anda, itu artinya perlu mengevaluasi permasalahan yang bisa saja terjadi di dalam diri sendiri. Bisa jadi, Anda kehilangan motivasi untuk berjuang dan belajar di perguruan tinggi dan dapat membuat anda lulus terlambat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki faktor yang membuat Anda terus bersemangat untuk belajar dan berjuang agar tidak lulus terlambat.

Misalnya saja, faktor orangtua yang membuat Anda lebih bersemagat agar tidak lulus terlambat. Dimana dengan lulus tepat waktu, Anda bisa bekerja lebih cepat dan akhirnya bisa membantu meringankan beban orangtua.

Semoga informasi yang kami sampaikan di atas agar mahasiswa tidak lulus terlabat bisa menginspirasi Anda semua.

Selamat berjuang!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: