Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk - Kebiasaan muncul akibat dari tindakan yang dilakukan seseorang secara berulang. Itu artinya, jika seseorang melakukan tindakan buruk secara berkelanjutan, maka hal ini akan membuat mereka terbiasa melakukannya.


Kebiasaan buruk yang Anda lakukan akan berakibat pada kegagalan dan kesehatan yang buruk.Lalu, berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut?

Simak pembahasannya di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Waktu yang Diperlukan Untuk Mengubah Kebiasaan Buruk

1. Aturan 21 Hari

Maxwell Maltz pernah membuah sebuah karya yang bernama Psycho-Cybernetics pada tahun 1960 yang lalu.

Maltz merupakan seorang ahli bedah plastik yang ingin mengetahui bagaimana seseorang memandang diri mereka sendiri.

Ia ingin mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan pasien untuk terbiasa dengan perubahan yang dilakukan selama operasi.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukannya, ia memutuskan bahwa butuh sekitar 21 hari bagi seseorang untuk menyesuaikan diri dengan hal yang baru.

2. Studi Terbaru yang Dilakukan

Selanjutnya ada juga studi yang dilakukan di tahun 2009 yang lalu dan dipublikasikan dalam The European Journal of Social Psychology.

Penelitian ini akan mengamati pembentukan kebiasaan 96 orang selama periode 12 minggu lamanya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah waktu yang diperlukan agar sebuah tindakan menjadi kebiasaan sangat bervariasi.

Namun, jumlah rata-rata yang diperlukan untuk membentuk sebuah kebiasaan adalah sekitar 76 hari.

Dengan adanya penjelasan di atas, maka Anda bisa memiliki sebuah patokan yang digunakan untuk menyingkirkan kebiasaan buruk dan mulai membentuk kebiasaan baru yang lebih baik.

Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah lebih mudah untuk melakukan sesuatu hal yang baru daripada berhenti melakukan sesuatu yang biasa dilakukan tanpa adanya pengulangan.

Misalnya saja, Anda memiliki kebiasaan buruk yaitu suka mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

Saat Anda sedang berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut harus ada kebiasaan baru yang baik untuk menggantikannya.

Misalnya, menggantinya dengan kebiasaan mendengarkan podcast yang menginspirasi, membaca buku, atau mengikuti kursus di bidang yang bermanfaat.

Hal yang penting untuk diingat adalah Anda harus memiliki sebagian waktu yang disisihkan untuk mengulang kebiasaan baru. Misalnya saja, mengikuti kursus di malam hari setelah pulang beraktivitas dan bekerja.

Namun, bagaimana dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan?

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut, sebab saat ini telah tersedia pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa digunakan.

Hal yang lebih penting adalah masa pembayaran pinjaman tersebut juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.
.

Ingat, kebiasaan buruk dapat menghalangi seseorang dalam mencapai potensi penuh di dalam diri mereka. Kebiasaan buruk akan membuat Anda tidak produktif dan tidak bahagia serta kesulitan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Semoga pembahasan di atas memberikan pencerahan kepada Anda semua yang telah membacanya.

Mulai dari sekarang untuk menghilangkan beberapa kebiasaan buruk yang datang dan menggantinya dengan kebiasaan lain yang lebih baik.

Gunakan patokan waktu yang telah dijelaskan di atas untuk membuat tindakan baik menjadi sebuah kebiasaan baru.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: