Cara Agar Pekerjaan Menjadi Menyenangkan - Melakukan pekerjaan yang tidak disukai bisa dengan mudah membuat seseorang merasa bosan. Bahkan pekerjaan yang disukai sekali pun bisa membuat seseorang merasa bosan saat dilakukan secara berulang.

Benar, aktivitas berulang adalah faktor penyebab yang membuat pekerjaan menyenangkan menjadi pekerjaan yang membosankan.

Untuk itulah, seseorang perlu melakukan hal yang baru dan berbeda. Saat Anda mengalami sesuatu hal yang baru, otak akan melepaskan opioid yang merupakan zat dan bisa membuat seseorang merasa lebih baik.

Perasaan senang juga bisa didapatkan saat seseorang mencicipi makanan baru untuk pertama kalinya, menonton film baru yang menarik, atau bertemu dengan orang baru.

Di sisi yang lain, saat Anda melakukan pengalaman yang sama, maka otak akan mengolahnya dengan cara berbeda dan tidak akan ada zat kimia yang membuat seseorang merasa lebih baik.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Anda tidak mendapatkan sensasi yang sama saat memakan sajian yang lezat secara berulang kali, menonton film yang sama, atau menghabiskan waktu dengan teman yang sama.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat diartikan bahwa rasa bosan bisa timbul saat Anda tidak memiliki pengalaman yang baru.

Berikut ini 4 cara yang bisa dilakukan agar pekerjaan menjadi menyenangkan untuk dilakukan.

4 Cara Agar Pekerjaan Menjadi Menyenangkan

1. Tambahkan Sesuatu yang Baru Dalam Tugas Rutin

Terkadang Anda perlu menambahkan sesuatu yang baru ke dalam tugas harian yang dilakukan untuk membuatnya menjadi lebih menarik.

Mungkin saja merasa bosan dengan perjalanan panjang yang harus dilakukan setiap minggunya. Sebab, perjalanan tersebut membuat Anda perlu menempuh rute yang sama secara berulang.

Tambahkan daftar musik yang baru setiap minggunya, sehingga Anda bisa mendengarkannya selama perjalanan yang membosankan.

2. Menggabungkan Beberapa Tugas yang Berulang

Ada beberapa tugas dan pekerjaan yang sulit dibuat menjadi menarik, sehingga diperlukan cara yang berbeda untuk mengatasinya.

Buatlah tugas-tugas ini tergabung antara satu dengan yang lainnya agar bisa cepat dan fokus diselesaikan.

Misalnya saja, Anda tidak suka merapikan meja kerja dan mendengarkan rekaman rapat, maka solusinya adalah melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan.

Dengan cara seperti ini, Anda akan mengurangi banyak waktu dan bisa beralih kepada tugas lain yang jauh lebih menarik untuk diselesaikan.

3. Pecah Setiap Tugas Menjadi Bagian Kecil

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memecah setiap tugas yang perlu dilakukan menjadi bagian kecil dan selipkan waktu istirahat diantara pekerjaan tersebut.

Terlalu letih dalam bekerja bisa membuat seseorang menunda pekerjaan dan merasa bosan.

Memecah tugas besar menjadi tugas-tugas kecil akan membuatnya menjadi lebih teratur dan lebih menyenangkan untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk merencanakan waktu istirahat di setiap pekerjaan yang dilakukan. Hal ini akan sangat membantu Anda mencegah kebosanan dan tetap fokus pada pekerjaan.

4. Memberikan Hadiah Kepada Diri Sendiri

Memberikan hadiah kepada diri sendiri akan membuat Anda merasa lebih baik dari sebelumnya.

Pastikan Anda memberikan hadiah tersebut untuk setiap pencapaian pekerjaan dan tugas yang dilakukan.

Hadiah yang bisa diberikan kepada diri sendiri meliputi makanan kesukaan, berjalan-jalan ke taman, menghabiskan beberapa menit untuk permainan online, mengunjungi tempat baru, melakukan hobi yang disukai, dan lain sebagainya.

Dengan cara seperti ini, otak akan menghubungan pekerjaan dengan hadiah yang menyenangkan.

Hal inilah yang membuat Anda merasa lebih termotivasi dan mengurangi rasa bosan dalam pekerjaan.

Membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan adalah salah satu cara untuk tetap produktif. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan produktivitas dengan cara mengembangkan keterampilan dan terus menambah pengetahuan baru.

Bisa dengan membaca buku, mendengarkan podcast yang menginspirasi, dan mengikuti pendidikan yang akan meningkatkan keterampilan
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: