Berhemat itu gaya hidup yang sangat baik untuk dijalankan, bahkan para miliarder yang telah memiliki kekayaan dengan nilai jutaan dollar pun tetap melakukan upaya penghematan.

Dengan berhemat, Anda bisa menyisihkan sebagian uang yang lebih untuk berbagai keperluan yang lebih bermanfaat.

Jika saat ini Anda merasa kesulitan untuk berhemat, kami akan membagikan 9 tips berhemat yang dilakukan oleh para miliarder di dunia.

Selamat membaca!

9 Cara Berhemat dari Miliarder yang Bikin Kaya Raya, Yuk Tiru!

1. Penuhi Kebutuhan Terlebih Dahulu

Saat Anda pertama kali menerima gaji, jangan habiskan uang tersebut untuk membeli berbagai barang dan barulah sisanya ditabung.

Jika Anda melakukan kebiasaan seperti ini, maka jangan heran Anda sering menderita masalah keuangan dan kesulitan untuk menyimpan uang setiap bulannya.

Hal yang perlu dilakukan adalah menyimpan pendapatan tersebut sekian persen dan sisanya bisa digunakan untuk kebutuhan bulanan Anda.

Uang yang perlu Anda simpan setiap bulan setidaknya sekitar 10% dari pendapatan yang Anda hasilkan setiap bulannya. Lebih baik lagi, jika mampu menyisihkan lebih banyak dari persentase penghasilan untuk disimpan dan diinvestasikan.

2. Jangan Terburu-Buru Membeli Rumah Mewah

Memang sangat menyenangkan jika bisa tinggal di sebuah lokasi yang strategis dan mewah dengan berbagai fasilitas yang memudahkan Anda. Namun, ada baiknya untuk sementara waktu tahanlah keinginan tersebut.

Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia lebih memilih untuk tinggal di rumah dengan 5 kamar tidur yang dibelinya pada tahun 1957 yang lalu dengan harga USD 31.500.

Bukan hanya Warren Buffet saja yang memilih hidup sederhana, Carlos Slim juga tinggal di rumah yang sama selama lebih dari 40 tahun.

3. Tidak Ada Salahnya Menggunakan Transportasi Umum dan Kendaraan Sendiri

Orang-orang kaya tentu saja bisa dengan mudah membawa helikopter untuk datang ke pertemuan makan siang. Atau mereka membeli Bentleys yang dikemudikan oleh sopir pribadi yang siap melayani 24 jam.

Namun, hal di atas tidak berlaku bagi John Caudwell, David Cheriton, dan Chuck Feeney yang lebih memilih untuk berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum untuk berkeliling kota.

4. Mengapa Tidak Memotong Rambut Sendiri?

Biaya pangkas rambut menghabiskan sekitar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 setiap bulannya. Jika dalam setahun Anda memotong rambut setiap 1 bulan sekali, artinya Anda telah mengeluarkan uang sekitar Rp600.000 sampai Rp1.200.000 hanya untuk memangkas rambut.

Miliarder seperti John Caudwell dan David Cheriton juga memilih memotong rambut mereka sendiri di rumah dan tidak menggunakan jasa pangkas rambut.

5. Jangan Terobsesi Merek Saat Membeli Pakaian

Merek pakaian yang terkenal memang bisa menambah prestise saat Anda menggunakannya, namun yakinlah pakaian yang tidak bermerek pun masih mampu menawarkan kualitas yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.

Jadi buat apa membeli mahal-mahal hanya untuk pakaian yang bermerek? Ingvar Kamprad, pendiri IKEA, tidak menggunakan jas dalam kesehariannya dan lebih memilih berpakaian sederhana sehari-hari.

6. Jangan Mudah Terlena Dengan Barang Mewah

Mungkin terdengar aneh di telinga Anda, bagaimana bisa Carlos Slim yang memiliki harta kekayaan mencapai jutaan dollar tidak memiliki kapal pesiar dan pesawat terbang.

Padahal dengan kekayaan yang dimilikinya bukanlah hal sulit untuk membeli barang-barang mewah tersebut.

Ingatlah barang-barang mewah tersebut akan semakin menurun nilainya di masa depan dan hal ini akan mengerogoti nilai kekayaan Anda di masa depan.

Lebih baik berinvestasi, bukan?

7. Para Miliarder Mengikut Anggaran yang Sudah Dibuat

Membuat sebuah anggaran pengeluaran dan mengikutinya dengan disiplin merupakan hal yang sangat penting dan hal ini dilakukan oleh para miliarder.

Anggaran yang dibuat akan membantu mereka mengatur keuangan dan mengetahui dengan mudah kemana uang tersebut dihabiskan.

Dengan anggaran, mereka bisa memastikan bahwa tidak ada uang yang terbuang percuma atau untuk berfoya-foya.

8. Mereka Tidak Suka Meminjam Uang Atau Mengambil Kredit

Para miliarder tidak suka meminjam uang, kecuali pinjaman yang dilakukan tersebut diperlukan untuk menambah kekayaan mereka. Anda diperbolehkan meminjam uang untuk memulai bisnis lain atau untuk memperluas bisnis yang ada.

9. Mereka Berinvestasi dan Memiliki Portofolio yang Baik

Hal terakhir yang dilakukan oleh para milarder di dunia adalah mereka menginvestasikan uang yang mereka miliki.

Mereka sangat paham bahwa kekayaan mereka tidak akan bisa tumbuh dengan optimal, jika hanya disimpan di dalam bank.

Dengan menjadi seorang investor, para milarder ini bisa dengan mudah menumbuhkan kekayaan mereka dari waktu ke waktu.

Hal yang lebih bermanfaat lagi adalah dengan berinvestasi yang dilakukan sejak dini, para milarder tidak perlu bekerja keras selama bertahun-tahun dan bisa pensiun tanpa perlu khawatir dengan masalah finansial.

Apa yang membedakan milarder dengan orang biasa?

Milarder merupakan orang yang sama seperti kita, hanya saja mereka lebih mampu menghargai uang dan bisa menggunakannya dengan benar.

Baca Juga: Investasi Jangka Pendek vs Investasi Jangka Panjang, Lebih Untung Mana?

Mereka lebih memilih untuk berinvestasi dan fokus menumbuhkan kekayaannya dibandingkan menghabiskannya untuk berfoya-foya dan membeli berbagai barang mewah yang nilainya akan turun di masa depan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: