Cara Efektif Belajar dari Kesalahan - Tidak ada yang salah saat Anda melakukan kesalahan dan kekeliruan, sebaliknya hal tersebut sangat bermanfaat untuk diri Anda.

Saat membuat kesalahan, otak akan membangun jalur syaraf yang baru untuk mencegah Anda mengulangi kesalahan yang sama.

Lalu, bagaimana cara efektif untuk belajar dari kesalahan? Simak pembahasan di bawah ini.

4 Cara Efektif Belajar dari Kesalahan

1. Mencatat Kesalahan Anda

Setiap saat Anda melakukan pekerjaan untuk pertama kalinya, mulailah mencatat kesulitan yang dihadapi dan apa yang dilakukan untuk mengatasinya.

Anda bisa mencatat hal ini di kertas atau di ponsel yang dimiliki. Catatan yang dimiliki sangat bermanfaat untuk mengingatkan Anda atas kesalahan yang pernah dilakukan.

2. Belajar dari Kesalahan Rekan Anda

Jangan menunggu untuk melakukan semua kesalahan, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman dari kesalahan yang pernah dilakukan teman-teman Anda.

Perhatikan dengan cermat apa yang salah dan bagaimana cara mereka mengatasi masalah tersebut. Belajar tidak harus dengan teman yang berhubungan langsung, Anda juga bisa mendapatkan banyak pengalaman melalui internet dan forum.

3. Membuat Daftar untuk Diperiksa

Daftar ini akan didapatkan dari setiap kesalahan yang telah Anda catat di tahap 1 dan 2 seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya. Inilah saat di mana Anda mulai belajar dari setiap kesalahan yang dilakukan.

Dengan daftar kesalahan yang ada, maka Anda bisa mulai mencegah untuk melakukan tindakan yang berpotensi terjadinya kesalahan di masa depan.

4. Jangan Pernah Puas

Setelah Anda mengetahui berbagai kesalahan yang ada, maka jangan berhenti sampai disini dan berpuas diri. Hal yang perlu disadari adalah masalah bisa saja datang dari sudut yang tidak terduga.

Pembahasan di atas menunjukkan bahwa penting untuk selalu mengetahui letak kesalahan Anda. Mengetahui dan memahami setiap kesalahan secara sadar akan menyelamatkan Anda dalam jangka panjang.

Dengan belajar dari kesalahan, maka Anda bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya belajar dari kesalahan saja, Anda juga bisa meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dengan mengikuti pelatihan dan pendidikan yang berkualitas.

Pendidikan yang kami maksudkan disini tidak hanya pendidikan formal saja, pendidikan non-formal juga penting untuk menambah keterampilan dan pengetahuan Anda.

Hanya saja, hal yang menjadi kendala dan membuat banyak orang tidak bersedia belajar dan mengikuti pendidikan adalah biaya yang mahal dan memberatkan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: