Pasar tenaga kerja yang semakin kompetitif membuat Anda harus mencari cara untuk menjadi pribadi yang menarik perhatian para pemberi kerja. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menarik perhatian dan membuat pemimpin perusahaan bersedia merekrut Anda.

Cara Membuat Diri Menjadi Calon Karyawan Menarik
Cara Membuat Diri Menjadi Calon Karyawan Menarik

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 8 cara atau teknik yang bisa dilakukan agar bisa menjadi calon karyawan yang menarik

Mari kita simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

8 Cara Membuat Diri Menjadi Calon Karyawan Menarik

1. Anda Harus Mampu Memberikan Kesan Pertama yang Hebat

Agar bisa memberikan kesan pertama yang baik, sebagai calon karyawan menarik maka Anda harus benar-benar memperhatikan CV yang dikirimkan ke perusahaan. CV akan memberikan gambaran singkat tentang Anda dan keterampilan yang dimiliki.

Ada banyak sekali situs website yang menawarkan desain CV yang menarik dan bisa membuat pembacanya tertarik untuk melihat lebih jauh.

2. Anda Harus Memperlihatkan Keterampilan Ekstra

Anda akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, jika bisa memiliki keterampilan yang melampaui deskripsi pekerjaan. Oleh karena itu, mulailah mempertimbangkan keterampilan ekstra yang bisa ditambahkan di dalam CV Anda.

Hal yang tidak kalah penting adalah Anda harus menjelaskan keterampilan ekstra tersebut di surat lamaran kerja dan mencantumkannya di CV.

3. Menjadi Pribadi yang Penuh Hormat

Jika Anda sedang berada dalam posisi mencari pekerjaan, sebagai calon karyawan menarik maka bersikaplah profesional dan hormat kepada pemimpin perusahaan.

Jangan pernah memperlihatkan sikap malas dan bermusuhan kepada pemberi kerja. Sebab, hal ini bisa membuat Anda tidak akan bisa diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus berpakaian dengan rapi sebagai bentuk penghargaan atas perusahaan yang memberikan kesempatan Anda melakukan wawancara kerja. Jangan datang terlambat, sebaiknya Anda datang tepat waktu sebelum wawancara dimulai.

4. Anda Menikmati Pekerjaan yang Dilamar

Hal yang perlu Anda ketahui adalah banyak sekali perusahaan yang cenderung mencari kandidat yang menikmati pekerjaan mereka dengan sepenuh hati.

Sebab, karyawan yang bekerja sepenuh hati dan bergairah untuk melakukan pekerjaan bisa memberikan hasil pekerjaan yang lebih optimal.

Dengan demikian, mereka juga bisa memberikan dampak positif bagi rekan kerja yang lain, tim kerja, dan perusahaan secara menyeluruh.

5. Jadilah Sosok yang Mudah Beradaptasi

Perusahaan lebih suka dengan calon karyawan menarik yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis.

Hal ini dikarenakan, bisnis akan selalu berkembang dan membutuhkan orang yang bisa beradaptasi serta bisa mengikuti perkembangan yang terjadi dalam dunia usaha.

6. Miliki Kemampuan Kepemimpinan

Saat perusahaan merekrut calon karyawan menarik untuk bekerja, salah satu pertimbangan adalah apakah kandidat mampu meneruskan organisasi dan menjadi pemimpin perusahaan di masa depan.

Kemampuan kepemimpinan bisa dilatih melalui organisasi yang Anda ikuti dan pengalaman berorganisasi bisa Anda cantumkan di dalam CV.

7. Berpikir Kreatif Dalam Bekerja

Agar bisa tumbuh dan berkembang, sebuah perusahaan membutuhkan inovasi dan peningkatan yang konsisten di dalam perusahaan.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa calon karyawan menarik yang mampu menyumbangkan ide kreatif dan brilian menjadi aset berharga dan sangat dicari oleh pemimpin perusahaan.

Calon karyawan menarik seperti ini bisa membuat formula tentang cara kerja yang baru atau mencari cara lain untuk menyelesaikan tugas yang lama.

8. Karyawan yang Memiliki Kompetensi

Saat ini tidak semua manajer memiliki banyak waktu untuk mengawai kegiatan bisnis dan pekerjaan yang dilakukan oleh setiap karyawan.

Hal inilah yang membuat pemimpin perusahaan lebih suka mencari calon karyawan menarik yang memiliki kompetensi kerja dan tidak perlu diawasi setiap saat agar bisa bekerja dengan optimal.

Dengan demikian, pemimpin perusahaan bisa fokus untuk melakukan hal lain yang bermanfaat untuk perkembangan bisnis dan perusahaan di masa depan.

Bagaimana agar bisa menjadi calon karyawan menarik yang berkompeten?

Hal yang perlu Anda lakukan adalah meningkatkan keterampilan kerja melalui pendidikan tinggi atau pendidikan non-formal seperti kursus. Pendidikan bisa membuat Anda menjadi seorang karyawan yang lebih berkompeten untuk menghadapi berbagai tugas dan pekerjaan yang ada.

Bagaimana jika tidak memiliki cukup biaya untuk mengikuti pendidikan?

Memang benar, pendidikan membutuhkan biaya agar Anda bisa mendapatkannya. Tidak perlu khawatir, jika saat ini Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan formal atau non-formal.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: