Tidak semua orang bekerja dengan gaji yang tetap setiap bulan, misalnya seorang pengusaha UMKM atau pekerja lepas. Tidak memiliki penghasilan tetap bukan berarti tujuan finansial di masa depan tidak bisa tercapai.

Anda tetap bisa menabung dan menumbuhkan nilainya dengan metode dan cara yang tepat, meskipun saat ini jumlah penghasilan berfluktuasi.

Berikut ini 5 cara yang bisa diterapkan saat ingin menambah tabungan tanpa gaji yang stabil.

5 Cara Menambah Tabungan Meski Gaji Tidak Stabil

1. Memisahkan Rekening Tabungan

Memiliki rekening yang sama untuk tabungan, pengeluaran rutin, dan dana darurat bisa sangat mengganggu finansial Anda.

Anda bisa tidak sengaja menggunakan uang tabungan untuk pengeluaran rutin dan tidak mengetahui jumlah pasti uang tabungan di dalam rekening tersebut.

Memiliki rekening terpisah adalah salah satu solusi terbaik agar uang tabungan yang disimpan tidak digunakan untuk hal-hal lain.

2. Membayar Gaji Rutin untuk Diri Sendiri

Sebagai seorang pekerja lepas atau wirausaha penting untuk membayar diri Anda sendiri dengan gaji yang teratur. Anda harus bisa menentukan berapa jumlah uang yang wajib disetorkan ke dalam rekening sebagai gaji rutin.

Cara seperti ini akan membantu Anda mengatasi masalah berupa penghasilan yang tidak konsisten dari aktivitas wirausaha atau bekerja lepas. Mengetahui berapa jumlah pasti gaji yang didapatkan setiap bulan akan memungkinkan Anda untuk membiasakan diri menabung.

3. Menyisihkan Jumlah Kecil Terlebih Dahulu

Bagi Anda yang tidak terbiasa menabung, maka penting untuk menyisihkan sejumlah kecil uang terlebih dahulu. Cara seperti ini bermanfaat untuk membiasakan diri Anda menabung dan perlahan meningkatkan nilai tabungan secara bertahap.

Sama seperti menabung, Anda juga perlu mulai berinvestasi dengan uang yang minim. KoinWorks adalah salah satu platform investasi Peer to-Peer Lending yang memungkinkan Anda bisa berinvestasi dengan uang mulai dari Rp100.000 saja.

Dengan dana yang sangat minim potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai lebih dari 21,32% per tahunnya.

4. Temukan Cara untuk Memotivasi Anda Menabung

Anda bisa mengajak teman atau rekan kerja melakukan tantangan tabungan dalam sebulan. Siapa yang bisa mencapai tujuan tabungan berupa jumlah uang tertentu, maka pemenangnya bisa mendapatkan makan gratis atau insentif lain yang dibayar oleh pihak yang kalah.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melacak sasaran atau tujuan yang telah dicapai selama ini. Misalnya saja pencapaian jumlah tabungan tertentu, pembelian aset yang dilakukan, atau pelunasan hutang.

Pencapaian yang didapatkan adalah salah satu cara efektif yang bisa memotivasi diri Anda untuk tetap menabung dan mencapai tujuan keuangan.

5. Membuat Tantangan Berhemat untuk Diri Sendiri

Tantangan menabung akan sangat bermanfaat untuk mengendalikan pengeluaran dan menciptakan kebiasaan menabung secara teratur.

Misalnya membuat tantangan berupa belanja dengan uang tunai saja, melakukan diet belanja selama 2 minggu, atau membatasi diri berbelanja barang mewah selama 1 bulan. Mulailah menantang diri sendiri dengan tantangan yang kecil terlebih dahulu dan tidak perlu melakukannya secara sekaligus.

Menerapkan 5 langkah di atas akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda menambah tabungan secara signifikan meskipun dengan penghasilan tidak tetap dan cenderung berfluktuasi.

Kesimpulannya adalah Anda perlu menetapkan sejumlah uang tertentu sebagai gaji rutin, memisahkan rekening tabungan, mulai dari hal yang kecil, dan membuat tantangan berhemat untuk diri sendiri.

Semoga bermanfaat!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: