Rumah bukan seperti saat akan membeli barang yang lain, dimana pembelian bisa dilakukan saat itu juga. Diperlukan perencanaan sampai waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun sebelum siap melakukan pembelian.

Salah satu alasan terbesar mengapa pembelian tidak bisa dilakukan secara langsung adalah perlunya menabung uang muka.

Semakin besar uang muka yang tersedia, maka akan semakin baik pula.

Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dan menyimpan uang agar bisa membayar DP rumah.

5 Cara Mengumpulkan Uang Untuk Membayar DP Rumah

1. Menyisihkan Uang Dari Gaji

Anda bisa mengalokasikan sebagian dari gaji bersih yang didapatkan ke rekening tabungan khusus pembayaran uang muka rumah.

Misalnya saja, saat ini mendapatkan gaji per bulan sebesar Rp 4 Juta, maka uang sekitar Rp 2 Juta bisa disisihkan sebagai tabungan untuk uang muka.

2. Menghilangkan Tagihan yang Tidak Diperlukan


Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah uang yang disimpan di dalam tabungan adalah dengan menghilangkan tagihan yang tidak diperlukan.

Misalnya dengan menghilangkan tagihan TV kabel, tidak terlalu sering makan di luar, tidak menggunakan membership gym, atau membuat pemotongan atas tagihan belanja bulanan.

Jumlah yang dihemat tersebut bisa Anda masukkan ke dalam tabungan yang direncanakan untuk uang muka rumah.

3. Menyimpan Bonus Atau Uang Tambahan

Setiap kali mendapatkan rezeki tambahan, baik itu bonus dari perusahaan, THR, bonus tahunan, atau yang lainnya.

Segera menempatkan sebagian dana tersebut ke dalam rekening tabungan. Cara seperti ini akan memudahkan Anda untuk mengumpulkan uang muka rumah.

4. Menjual Apa Saja yang Tidak Digunakan

Selanjutnya Anda perlu menjual sesuatu yang dimiliki saat ini yang tidak lagi diperlukan agar bisa menambah jumlah tabungan.

Apakah itu menjual pakaian bekas, peralatan elektronik bekas, atau barang berharga yang lainnya.

5. Jangan Hanya Menabung, Anda Perlu Berinvestasi!

Menabung tidak akan membuat uang yang disimpan bertambah nilainya, oleh karena itu Anda perlu berinvestasi.

Dengan berinvestasi dana yang Anda miliki berpotensi untuk berkembang nilainya di masa depan.

Dalam kaitannya dengan mengumpulkan uang muka rumah, maka Anda harus memilih produk investasi yang aman dan terpercaya.

Jangan sampai dana yang telah dikumpulkan habis tak tersisa karena salah dalam memutuskan produk investasi.

Imbal hasil yang jauh lebih menguntungkan daripada hanya menabung di bank saja.

Dengan mempersiapkan uang muka yang lebih besar, maka hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan bunga yang lebih baik.

Tidak hanya itu saja, semakin besar uang muka artinya semakin sedikit pinjaman untuk KPR. Jumlah cicilah per bulan yang akan didapatkan juga akan semakin rendah.

Oleh karena itu, jika Anda sudah merencanakan untuk membeli rumah saat ini. 5 cara di atas bisa diterapkan agar uang muka bisa dengan mudah terkumpul.

Mulai dengan menyisihkan sebagian gaji, mengurangi tagihan yang tidak diperlukan, menjual barang yang tidak digunakan, dan berinvestasi agar dana yang disimpan bisa berkembang dengan optimal.

Semoga bermanfaat ya!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: