Sebagai orang yang hidup bermasyarakat, Anda pasti akan mendapatkan beberapa undangan dari teman. Misalnya saja ajakan untuk nonton di bioskop, makan malam di restoran, nonton konser, dan lain sebagainya.

Hal menjadi masalah adalah saat ajakan tersebut tidak bisa dipenuhi karena Anda memiliki anggaran terbatas atau ada kebutuhan lain yang lebih penting untuk dipenuhi. Saat hal ini terjadi, sebaiknya Anda bisa menjelaskan dengan baik kepada teman.

Nah, 5 penjelasan sederhana di bawah ini bisa sangat membantu saat Anda memiliki rencana keuangan yang lain dan tidak bisa memenuhi ajakan teman untuk pergi.

5 Cara Menolak Ajakan Teman Menghabiskan Uang Pada Hal yang Tidak Penting

1. Saya Menabung untuk Berlibur

Merencanakan liburan bersama dengan keluarga atau teman adalah alasan yang bagus untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Teman-teman yang ada di dalam lingkup sosial pasti akan memahami alasan tersebut dan menganggap wajar jika Anda menolak ajakan mereka.

2. Ingin Mematuhi Anggaran yang Telah Dibuat

Mengatakan bahwa Anda memiliki anggaran yang terbatas adalah cara selanjutnya untuk menolak ajakan teman. Anggaran yang dibuat akan mencegah Anda melakukan pengeluaran yang berlebihan.

Alasan di atas tidak selalu menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki uang, tetapi lebih berhati-hati saat akan menghabiskan uang. Kebiasaan positif yang dilakukan akan menular kepada teman-teman dan bisa jadi mereka akan membuat anggaran yang sama dengan Anda.

3. Saya Memiliki Tanggung Jawab

Teman-teman yang masih lajang mungkin tidak akan terlalu khawatir saat mereka mengeluarkan uang untuk makan malam, menonton film, atau melakukan perjalanan wisata ke luar negeri.

Hal ini akan sangat berbeda saat Anda telah memiliki tanggung jawab berupa keluarga yang harus diberikan nafkah. Saat hal ini terjadi, maka menentukan prioritas dan tidak menghabiskan uang untuk hal yang bisa ditunda jauh lebih penting.

Lebih baik Anda menabung atau berinvestasi untuk mempersiapkan dana membeli rumah, mempersiapkan dana pendidikan anak, atau dana darurat. Tidak ada salahnya untuk menjelaskan tentang tanggung jawab yang dimiliki.

Jika Anda takut dengan resiko investasi saat akan mempersiapkan dana membeli rumah atau dana pendidikan anak, maka ada solusi yang bisa dilakukan.

4. Anda Merencanakan Masa Depan

Anda tidak akan pernah mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang, kecuali Anda disiplin dan bersedia menolak beberapa undangan yang tidak perlu.

Rencana keuangan seperti mempersiapkan dana pensiun, menabung untuk membeli rumah, atau berencana untuk membeli properti perlu dipersiapkan sejak dini.

5. Ajak Mereka Melakukan Aktivitas Lain

Menolak ajakan teman untuk bersenang-senang bukan berarti Anda tidak mau menghabiskan waktu bersama mereka. Jika memungkinkan, Anda bisa menyarankan aktivitas alternatif yang lebih hemat biaya atau tidak mengeluarkan biaya yang mahal.

Misalnya saja, ajak mereka makan bersama di rumah, pergi ke event lokal di tempat Anda tinggal, pergi ke tempat wisata alam yang membutuhkan lebih sedikit biaya, dan lain sebagainya.

Opsi seperti ini jauh lebih hemat daripada Anda berlibur ke luar negeri karena akan ada biaya tiket pesawat, hotel, dan makan yang lebih mahal.

Semua tergantung pada Anda, jika memiliki rencana untuk masa depan, maka sangat penting untuk menerapkan 5 tips yang ada di atas. Jangan hanya menghabiskan uang hanya untuk pengeluaran yang tidak perlu dan masih bisa ditunda. Ajak teman-teman Anda untuk bersenang-senang dengan cara yang lebih hemat.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: