Dana darurat dapat membantu Anda untuk menangani masalah keuangan yang sifatnya mendadak, misalnya saja saat mobil perlu diperbaiki, keluarga yang sedang sakit, atau saat akan menghadiri pesta pernikahan.

Hal yang menjadi permasalahan adalah saat gaji yang dimiliki telah dihabiskan untuk membayar tagihan, kebutuhan makanan, dan lain sebagainya, seringkali tidak ada yang tersisa untuk disimpan sebagai dana darurat. Saat hal ini terjadi, banyak orang yang berhutang untuk memenuhi kebutuhan darurat.

Berikut ini 5 cara sederhana menyimpan dana darurat yang bisa Anda terapkan dalam keseharian.

5 Cara Sederhana Menyimpan Dana Cadangan

1. Mulai Menjual Barang yang Tidak Terpakai
 

Coba Anda periksa setiap sudut rumah pasti ada barang yang sudah tidak terpakai, namun masih bisa digunakan dengan baik.

Daripada barang-barang tersebut berdebu dan memenuhi ruangan, lebih baik Anda menemukan orang lain yang bersedia untuk membeli barang tersebut.

Beberapa barang bekas yang bisa dijual seperti perangkat elektronik, dekorasi rumah, dan pakaian. Manfaatkan situs jual beli secara online untuk menjual apapun yang ada di sekitar Anda dan tidak lagi digunakan.

2. Belanja Besar Sekali Seminggu

Salah satu cara tercepat yang bisa menghabiskan gaji adalah menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelian.

Solusi terbaik adalah dengan menggunakan uang tunai dan melakukan pembelian besar setiap satu minggu sekali.

Cara seperti ini jauh lebih memungkinkan untuk mengendalikan pengeluaran. Pembelian dalam jumlah besar seringkali bisa menghemat uang ekstra jika dibandingkan dengan membeli barang dalam ukuran yang kecil.

3. Hindari Merek dan Brand Besar

Banyak orang yang cenderung memilih untuk menggunakan barang yang berasal dari merek dan brand besar. Namun, tidak semua brand besar menawarkan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan brand yang belum terkenal sama sekali.

Anda bisa membeli pasta gigi, sampo, sabun, produk perawatan kulit, dan pakaian yang dibuat oleh merek yang biasa.

Saat akan berbelanja, Anda perlu meluangkan waktu untuk menemukan penawaran terbaik dan pilihan yang memungkinkan Anda untuk menghemat banyak biaya.

Penghematan yang dilakukan saat berbelanja memungkinkan Anda untuk menyimpan dana darurat dengan lebih cepat.

4 Temukan Sumber Penghasilan Lain

Sumber penghasilan tambahan adalah salah satu cara yang bisa membantu Anda untuk menabung dana darurat. Manfaatkan keterampilan yang dimiliki untuk menghasilkan pendapatan di luar pekerjaan utama Anda.

5. Jangan Meremehkan Uang Receh

Anda perlu mempersiapkan satu buah celengan khusus untuk menyimpan uang receh di dalam rumah. Setelah beberapa bulan, Anda bisa membuka celengan tersebut dan jumlahnya pasti di luar perkiraan Anda.

Jangan pernah meremehkan uang kecil, Anda bisa menyimpannya ke dalam satu tempat untuk bisa ditabung agar bisa memenuhi kebutuhan darurat.

Dengan menerapkan 5 langkah yang ada di atas, maka Anda bisa lebih cepat untuk menyimpan dana cadangan untuk kebutuhan darurat. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi berhutang untuk memenuhi kebutuhan darurat yang suatu waktu bisa terjadi di masa depan.

Jika dana darurat telah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah mulai mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa depan.

Kebutuhan di masa depan, misalnya saja untuk dana pendidikan anak, dana membeli rumah, dana berlibur, dan lain sebagainya. Cara terbaik untuk mempersiapkan dana ini adalah dengan berinvestasi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: