Ada banyak sekali penyebab yang membuat jumlah penghasilan menurun, apakah karena kebijakan dari tempat bekerja atau Anda mengalami PHK.

Saat menghasilkan uang lebih sedikit, itu artinya Anda perlu berkomitmen membelanjakan uang jauh lebih sedikit daripada apa yang bisa didapatkan.

Apa yang harus dilakukan selain hal di atas?

Berikut ini 5 cara yang bisa dilakukan saat Anda mendapatkan penghasilan yang lebih rendah daripada sebelumnya.

5 Cara untuk Menyesuaikan ketika Penghasilan Mengalami Penurunan

1. Menganalisis Biaya Saat Ini

Mulailah melacak pengeluaran yang dilakukan dalam 2 bulan terakhir untuk menentukan kemana saja Anda menghabiskan uang selama ini.

Mungkin Anda akan mendapatkan kebiasaan pengeluaran yang berlebihan seperti makan di luar atau membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Cara seperti ini akan membantu Anda menemukan cara untuk lebih menghemat anggaran.

2. Mulai Memotong Biaya yang Tidak Diperlukan

Jika telah mengetahui kemana aliran uang pergi, maka langkah selanjutnya adalah menghilangkan biaya yang tidak diperlukan.

Identifikasikan biaya-biaya yang tidak penting dan habiskan uang hanya untuk kebutuhan yang diperlukan saja.

3. Membuat Anggaran dan Patuhi

Jangan menggunakan semua penghasilan yang Anda miliki hanya untuk membayar biaya kebutuhan hidup saja.

Anda bisa menggunakan sekitar 80% dari total penghasilan untuk digunakan sebagai kebutuhan hidup dan sisanya bisa ditabung dan diinvestasikan.

4. Mengotomatisasi

Tagihan dan tabungan harus dilakukan secara otomatis setiap bulan. Cara seperti ini jauh lebih mudah dilakukan dan membuat Anda lebih disiplin untuk menabung dan membayar tagihan.

Manfaat lain yang akan didapatkan adalah Anda tidak akan mudah tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan lain.

5. Temukan Cara Kreatif


Anda bisa menghemat uang dengan cara membawa makan siang dari rumah, lebih memilih membuat hadiah daripada membelinya, menggunakan transportasi umum, dan lain sebagainya.

3 Manfaat yang Akan Didapatkan Saat Anda Menyesuaikan Pengeluaran

1.Belajar Lebih Bijak Dalam Mengelola Keuangan

Jika sebelumnya Anda sering membelanjakan uang secara berlebihan, maka dengan berkurangnya penghasilan akan lebih membuat Anda bijak dalam memutuskan apa saja yang perlu dibeli.

Melakukan penyesuaian atau transisi bisa dilakukan oleh semua orang asalkan Anda memiliki kemauan untuk mengubah kebiasaan.

2.Memiliki Bantal Keuangan

Penurunan penghasilan mengharuskan untuk mengeluarkan lebih sedikit daripada sebelumnya.

Dengan tidak membelanjakan semua gaji dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan, maka Anda akan memiliki bantal keuangan yang lebih baik.

3.Pikiran yang Lebih Tenang

Menyesuaikan pengeluaran dengan penghasilan yang didapatkan saat ini membuat Anda tidak akan merasa khawatir apakah memiliki cukup uang untuk membayar tagihan atau memenuhi kebutuhan pokok.

Sebab Anda sudah mengetahui secara pasti berapa uang yang dimiliki dan berapa pengeluaran yang akan dihabiskan setiap bulannya.

Kesimpulannya adalah jangan khawatir saat penghasilan yang Anda dapatkan jumlahnya menurun.

Mulailah melakukan penyesuaian terhadap pengeluaran, tidak belanja secara berlebihan, dan tidak lupa menabung serta berinvestasi.

Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua ya!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: