Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Membantu Anak Menjadi Lebih Cerdas - Sebuah penelitian dari Genetics Home Reference menemukan bahwa hanya sekitar 50% kecerdasan anak diturunkan dari orang tua dan 50% sisanya dikaitkan dengan lingkungan, ketersediaan sumber belajar, nutrisi, pengasuhan, dan pendidikan.

Tidak hanya itu saja, seorang psikolog yang bernama Robert Sternberg menemukan bahwa keterampilan dan pengetahuan anak-anak adalah hasil dari keluarga.

Hal ini bukan hanya hubungan dengan genetik saja, tetapi beberapa faktor yang bersifat pendidikan.

Jika Anda ingin membantu anak menjadi lebih cerdas, maka lakukan 5 cara di bawah ini agar membantu anak menjadi lebih cerdas.

5 Cara Untuk Membantu Anak Menjadi Lebih Cerdas

Berlatih Meditasi Untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Salah satu metode yag efektif untuk merangsang kemampuan mental dan kinerja anak-anak adalah mengendalikan pernafasan.

Sebuah penelitan pernah dilakukan dan menemukan bahwa anak-anak sekolah bisa meningkatkan nilai, jika mereka melakukan latihan pernafasan sebelum ujian dilangsungkan.

Menikmati Permainan Papan yang Merangsang Mental

Permainan papan yang dimaksudkan adalah catur, scrabble, teka-teki silang, atau yang semacamnya yang bisa membantu menstimulasi pikiran.

Permainan papan bisa meningkatkan keterampilan verbal, konsentrasi, dan penalaran anak.

Membiarkan Mereka Pergi Keluar

Aktivitas fisik yang dilakukan, seperti olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Itu artinya tingkat konsentrasi, kecepatan berpikir, dan penalaran kompleks dapat meningkat.

Pikiran menjadi lebih jernih, menstimulasi kemampuan belajar pada anak, dan meningkatkan energi.

Mengajak Mereka Bermain dan Belajar

Banyak orang tua merasa khawatir dengan permainan di komputer dan internet yang berlebihan bisa berdampak buruk pada anak.

Faktanya adalah sebuah penelitian yang dilakukan di Queen Mary University of London menunjukkan bahwa beberapa jenis permainan bisa membantu anak Anda meningkatkan pemikiran strategis dan membantu melatih otak menjadi lebih waspada.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengajak mereka untuk bermain balok yang terbukti bisa meningkatkan kemampuan bahasa pada balita.

Bisa juga dengan mendaftarkan anak Anda ke salah satu kegiatan kreatif seperti les melukis, kursus alat musik, bernyanyi, atau apapun yang menarik minat mereka.

Hanya saja, beberapa orangtua terkendala dengan biaya kursus atau les yang cukup mahal.

Masalah inilah yang membuat mereka memilih untuk tidak mengikutsertakan anak-anak pada kursus atau les.

Dengan adanya kemudahan di atas, Anda tidak perlu lagi membayar biaya kursus secara langsung di muka.

Apakah fasilitas pinjaman di atas hanya tersedia untuk pendidikan non-formal saja?

Tentu saja tidak, Anda yang ingin menggunakan fasilitas pinjaman dana untuk pendidikan formal juga bisa memanfaatkan pinjaman dari KoinPintar.

Mendorong Mereka Untuk Belajar

Membiasakan anak untuk membaca sangat penting dilakukan untuk meningkatkan IQ pada anak.

Ajak mereka membaca cerita-cerita yang menarik atau buku yang penuh dengan gambar agar mereka tertarik untuk terus membaca.

Tidak hanya itu saja, jangan lupa untuk memberikan asupan seperti buah jeruk, telur, ikan, daging tanpa lemak yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat, mencegah kelelahan mental, dan berkontribusi terhadap kesehatan mental anak secara keseluruhan.

Pembahasan di atas menunjukkan bahwa otak manusia tidak statis, Anda bisa mengembangkan kemampuan dan kapasitas otak anak dengan 5 langkah yang telah dibahas di atas.

Salah satu cara efektif untuk mengembangkannya adalah dengan mengikuti kursus atau les di bidang yang menarik minat mereka.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: