Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda -  Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam pertumbuhan, di mana dengan semakin baik Anda berbagi pesan akan semakin besar kesempatan untuk terus bertumbuh dalam karir dan pekerjaan.

Salah satu jalan terbaik agar bisa menjadi komunikator yang hebat adalah belajar untuk melepaskan kebiasaan buruk.

Memperbaiki keterampilan komunikasi akan membantu Anda dalam percakapan dan kemampuan berkomunikasi di hadapan banyak orang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda tentang 4 prinsip penting agar bisa menyempurnakan keterampilan komunikasi.

Mari kita simak penjelasan selengkapnya.

4 Hal yang Bisa Tingkatkan Keterampilan Komunikasi Anda, Patut Dicoba!

1. Perhatikan Bahasa Tubuh

Jika bertujuan untuk berkomunikasi agar bisa mendapatkan lebih banyak pengaruh, maka Anda harus bisa menyesuaikan kalimat yang keluar daru mulut dan bahasa tubuh. Itu artinya, Anda harus sadar bagaimana bahasa tubuh terlihat selaras dengan pesan yang disampaikan.

Lenora Billings-Harris, CSP, CPAE mengungkapkan bahwa komunikasi yang efektif jauh lebih dari sekedar kata-kata. Bahasa tubuh yang dimiliki harus sesuai dengan pesan yang akan Anda sampaikan.

2. Jadilah Berbeda

Agar meningkatkan keterampilan komunikasi, maka Anda harus bisa mencari area yang memungkinkan Anda terlihat berbeda. Jadilah orang yang memungkinkan Anda terlihat menonjol dibandingkan orang lain.

Komunikasi pesan yang terlihat unik dan berbeda akan mengarah pada peningkatan berbagi pesan dan juga peningkatan keinginan oleh pendengar untuk mengambil tindakan terhadap pesan tersebut.

3. Tidak Perlu Menjadi Orang Lain, Jadilah Otentik!

Banyak orang yang berkeinginan untuk meniru orang lain, karena mereka melihat sebagai komunikator yang handal. Mereka akan meniru gaya sampai gerak tubuh orang lain yang menjadikan diri mereka tidak otentik. Padahal agar bisa menjadi seorang komunikator yang handal, Anda harus bisa menjadi diri sendiri dan bersikap otentik.

Marilyn Sherman, CSP, CPAE mengungkapkan bahwa Anda boleh belajar dari yang terbaik, kemudian harus bisa menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri.

Tidak perlu berusaha untuk menjadi seorang yang sempurna, namun jadilah berharga agar bisa memastikan apa yang dikatakan memiliki nilai tambah di mata para pendengar.

4. Fokus Pada Pendengar, Bukan Pada Diri Anda Sendiri

Jika ingin meningkatkan keterampilan komunik, maka ambil kesempatan untuk mempertimbangkan pendengar Anda.  Pendengar Anda adalah orang yang memiliki masalah dan hal itulah yang harus menjadi fokus.

Saat berfokus pada pendengar, maka pada saat itulah Anda bisa menjadi seorang pembicara yang luar biasa dan bersinar. Hal yang lebih penting adalah para pendengar lebih mungkin untuk mendengarkan, jika Anda fokus mengatasi permasalahan yang sedang mereka hadapi.

4 prinsip di atas merupakan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa menyempurnakan keterampilan komunik.

Selain menerapkan beberapa hal di atas, Anda juga bisa menyempurnakan keterampilan komunik dengan cara belajar dari berbagai sumber.Bisa melalui buku bacaan, mengikuti pelatihan, workshop, atau mendengarkan podcast.

Agar bisa berlatih dengan baik, kami menyarankan Anda untuk mengikuti sebuah pelatihan atau pendidikan. Hanya saja cara seperti ini mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya pendidikan yang cukup mahal.

Apa yang harus dilakukan saat tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar biaya pendidikan tersebut?
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: