Merencanakan pensiun tidak harus dibuat rumit dan Anda tidak perlu memiliki gelar di bidang keuangan agar bisa merencanakan pensiun dengan baik. Hal yang perlu dilakukan adalah menerapkan beberapa tindakan penting dan sederhana dengan benar.

Untuk itulah pada kesempatan ini kami akan membuat daftar perencanaan pensiun yang akan memudahkan Anda.

Daftar perencanaan di bawah ini akan memberikan panduan langkah demi langkah sehingga Anda bisa melakukan beberapa hal penting di setiap tahapannya.

Berikut ini 5 daftar tindakan yang perlu dipertimbangkan agar bisa mendapatkan pensiun dengan baik.

5 Hal Harus Dimiliki saat Memasuki Masa 5-10 Tahun Sebelum Pensiun

1. Sudahkah Anda Membangun Mimpi?

Jika belum melakukannya, maka Anda bisa mengajak pasangan untuk berbicara dan membagikan impian yang dimiliki untuk masa pensiun.

Jawablah pertanyaan tentang keinginan tinggal dimana setelah masa pensiun, kapan Anda akan memasukan masa pensiun, dan lain sebagainya.

Menjawab pertanyaan seperti ini akan membantu Anda untuk menentukan berapa biaya yang diperlukan saat memasuki masa pensiun.

2. Membuat Estimasi yang Lebih Akurat

Setelah Anda dan pasangan mengetahui impian di masa pensiun, maka langkah selanjutnya adalah memperkirakan jumlah aset dan uang yang diperlukan agar bisa memasuki masa pensiun dengan aman.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri dan bermain golf tentu saja biayanya lebih mahal daripada hanya berkemah di pinggir pantai dan berjalan di taman.

Dimana Anda akan tinggal dan gaya hidup seperti apa yang dipilih saat memasuki masa pensiun akan menentukan kebutuhan keuangan.

Membuat perkiraan tentang biaya hidup akan menentukan apakah jumlah aset dan uang yang dimiliki saat ini memungkinkan Anda melakukannya.

3. Jangan Ada Lagi Utang Konsumtif

Utang konsumtif seperti pinjaman membeli mobil atau utang kartu kredit harus mulai dihindari dan segera Anda lunasi.

Utang yang Anda miliki bertentangan dengan proses membangun keamanan finansial di masa pensiun. Hilangkan utang dan belajarlah untuk hidup di bawah kemampuan Anda.

Waktu 5-10 tahun sebelum masa pensiun bukan lagi waktu untuk membayar beban bunga atas utang, tetapi sebaliknya Anda mendapatkan pendapatan bunga.

Hal ini dapat terjadi jika Anda membiasakan diri berinvestasi sejak dini. Jika belum maka sekarang belum terlambat untuk memulainya.

Imbal hasil yang didapatkan juga sangat kompetitif yaitu mencapai lebih dari 21,32% per tahun.

4. Memprioritaskan Kesehatan Anda

Saat memasuki masa tua, tubuh Anda akan semakin lemah dan berbagai penyakit bisa dengan mudah menyerang.

Kemungkinan ini akan semakin tinggi terjadi, jika Anda tidak membiasakan diri menjaga kesehatan.

Jadi mulailah membangun kebiasaan berolahraga dan makan yang sehat agar tubuh tetap bugar di masa tua.

5. Meminta Saran Dari Perencana Keuangan

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah meminta pendapat atau rujukan dari perencana keuangan tentang persiapan pensiun yang telah Anda lakukan.

Minta perencana keuangan tersebut untuk memeriksa portofolio investasi, anggaran keuangan, dan alokasi investasi yang telah dilakukan.

Langkah ini perlu diambil untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan sesuatu yang penting atau salah dalam mengukur situasi.

Semoga pembahasan di atas bisa menjadi pencerahan bagi Anda semua yang mulai mempersiapkan masa pensiun.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: