Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru - Banyak orang yang sedang mempelajari sesuatu hal baru melakukan kesalahan umum dan akhirnya berakibat pada habisnya waktu, tenaga, dan uang.

Misalnya saja, Anda berniat belajar melukis dan hanya dalam hitungan minggu mulai menyerah karena tidak mendapatkan hasil apapun. Atau Anda ingin belajar bahasa asing dan berusaha untuk melakukannya seorang diri, tanpa bantuan dan bimbingan dari guru yang tepat.

Agar Anda bisa sukses mempelajari hal baru, kami telah merangkum 5 kesalahan dalam mempelajari hal baru. Simak pembahasannya di bawah ini.

Hindari 5 Kesalahan dalam Mempelajari Hal Baru

1. Tidak Menetapkan Tujuan

Jika tidak memiliki tujuan yang spesifik, maka Anda bisa dengan mudah kehilangan motivasi belajar.

Sasaran yang ditetapkan akan membantu Anda mengidentifikasikan apa yang ingin dicapai, membuat Anda fokus pada hal penting, dan bisa membantu Anda mengukur kemajuan belajar.

2. Tidak Melatih Keterampilan yang Sedang Dipelajari

Penelitian pernah dilakukan di Georgetown University Medical Center, dimana peneliti membagi 2 kelompok dalam studi ini.

Satu kelompok mempelajari bahasa dalam ruang kelas formal dan kelompok yang lain belajar dengan cara melatih percakapan.

Setelah berjalan 5 bulan, hasil menunjukkan bahwa kelompok yang belajar dengan cara melatih diri memiliki efektivitas yang jauh lebih baik.

Hal di atas menunjukkan bahwa proses belajar dengan melakukan adalah cara terbaik untuk mengoptimalkan proses belajar.

3. Belajar Seorang Diri

Meskipun Anda bisa mengatur waktu dan belajar seorang diri, Anda tetap membutuhkan sistem pendukung untuk terus tumbuh.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menemukan rekan belajar atau anggota keluarga yang akan membuat Anda bertanggung jawab dalam proses belajar.

Jika tidak menemukan satu orang yang bisa hadir dalam proses belajar tersebut, maka Anda bisa bergabung ke dalam kelompok orang yang belajar hal yang sama dengan Anda.

Belajar dengan kelompok orang akan memungkinkan Anda mendapatkan mentor atau guru yang akan melatih Anda menjadi lebih baik.

Kelompok belajar ini bisa ditemukan dalam pendidikan formal atau non-formal seperti kursus. Hanya saja, Anda perlu mempersiapkan dana untuk bisa mengikuti proses belajar yang tersedia.

Hal yang tidak kalah menarik adalah masa pembayaran pinjaman bisa dilakukan dalam jangka waktu 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung.

Berbagai kemudahan tersebut bisa terjadi karena KoinPintar bertujuan untuk membantu seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal.

4. Ingin Sempurna

Saat baru memulai belajar sesuatu untuk pertama kalinya, maka Anda pasti akan menghadapi kegagalan.

Jangan membandingkan diri Anda dengan para ahli yang telah berlatih selama bertahun-tahun di bidang tertentu. Fokuslah pada tujuan pembelajaran yang ingin Anda dapatkan dan ikuti prosesnya.

Dengan terus melatih diri, maka lama-kelamaan kemampuan Anda akan semakin meningkat dari sebelumnya.

Hasil seperti inilah yang diharapkan dalam proses belajar, apapun bidang yang Anda lakukan.

5. Menyerah Terlalu Cepat

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menyerah yaitu kehabisan waktu, kehabisan uang, Anda merasa takut, Anda tidak serius akan sesuatu, dan Anda kehilangan minat.

Jika Anda berhenti dalam proses belajar, maka bisa jadi dikarenakan kurangnya dorongan, minat, dan bimbingan dari guru.

Jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan yang telah disampaikan di atas. Sebab, kesalahan tersebut akan menghambat Anda melakukan pembelajaran dengan efektif.

Itulah dia 4 cara menghindari kesalahan dalam mempelajari hal baru. Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: