Jenis Motivasi untuk Mencapai Impian Dengan Mudah - Saat seseorang berada dalam proses mencapai sebuah tujuan dan impian, sebuah motivasi merupakan kunci agar tujuan tersebut dapat tercapai.
Jenis Motivasi untuk Mencapai Impian Dengan Mudah
Jenis Motivasi untuk Mencapai Impian Dengan Mudah

Tanpa adanya motivasi, itu artinya tidak akan ada bahan bakar untuk bergerak mencapai tujuan.

Motivasi merupakan faktor penggerak untuk mencapai semua yang diinginkan dan alasan untuk tetap maju.

Untuk itulah dalam proses mencapai sebuah tujuan, Anda harus memahami dengan baik beberapa jenis motivasi untuk mencapai impian dengan mudah.

5 Jenis Motivasi untuk Mencapai Impian Dengan Mudah

1. Motivasi Intrinsik

Jenis motivasi yang pertama adalah dorongan yang membuat individu melakukan sesuatu oleh keinginan yang berasal dari dalam diri sendiri.

Misalnya saja ada seseorang yang menetapkan sasaran untuk belajar karena ingin mendapatkan nilai yang jauh lebih baik.

2. Motivasi Ekstrinsik

Jenis motivasi yang satu ini berlawanan dengan jenis yang pertama, dimana motivasi yang membuat seorang bergerak mencapai tujuan karena keinginan dan faktor eksternal.

Misalnya saja, ada seorang anak yang ingin belajar dan meningkatkan nilainya karena orangtuanya marah dan kecewa dengan nilai yang didapatkan saat ini.

3. Motivasi Berdasarkan Insentif

Jenis motivasi yang memunginkan seseorang mencapai tujuan dan impian karena adanya hadiah atau insentif saat tujuan tersebut dapat tercapai.

Semakin baik imbalan yang akan didapatkan, maka akan semakin kuat dan bersemangat mereka dalam menjalani prosesnya.

4. Motivasi yang Timbul Berdasarkan Ketakutan

Ketika seseorang bertanggung jawab kepada orang yang dicintai atau kepada masyarakat umum, maka dalam hal ini Anda telah menciptakan motivasi di dalam diri sendiri berdasarkan rasa takut akan kegagalan.

Rasa takut akan membantu Anda menjalankan visi yang telah ditetapkan agar tidak gagal di depan banyak orang yang mengetahui tujuan tersebut.

Motivasi berdasarkan rasa takut akan membuat seseorang tidak berhenti dan terus berjuang mencapai tujuan yang ada di depan mata.

5. Motivasi Karena Motif Kompetensi

Dalam setiap pekerjaan dan tugas, banyak orang yang menginginkan agar bisa menjadi lebih baik dalam hal yang sedang dilakukan.

Jika Anda termasuk orang yang seperti ini, itu artinya Anda membutuhkan motivasi karena motif kompetensi.

Motivasi kompetensi akan membantu seseorang untuk maju dan menjadi lebih kompeten di bidang tertentu.

Motivasi seperti ini akan sangat membantu saat tiba waktunya untuk belajar keterampilan baru dan sedang mencari cara untuk menghadapi rintangan yang ada di depan mata.

Para karyawan yang ingin mendapatkan karir lebih berkembang dan maju sangat membutuhkan motivasi dengan jenis seperti ini.

Hal yang perlu dilakukan adalah membuat daftar tentang jenis keterampilan yang diperlukan dan selanjutnya sisihkan waktu untuk belajar keterampilan tersebut.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: