Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris - Semua orangtua pasti ingin hal yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam hal pendidikan. Mengajak anak-anak untuk belajar dan mahir berbahasa Inggris banyak dilakukan oleh orangtua saat ini.
Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris
Kapan Usia yang Tepat Bagi Anak-Anak untuk Belajar Bahasa Inggris

Hal di atas sangat wajar, sebab keterampilan berbahasa inggris bisa memudahkan anak Anda untuk berkompetisi dengan orang lain di dunia pekerjaan dan bisnis.

Hal yang membingungkan para orangtua adalah kapan waktu terbaik untuk mulai mengajarkan anak-anak bahasa kedua. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada Anda tentang usia terbaik untuk belajar bahasa inggris.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Kapan Saat yang Tepat Bagi Anak-Anak Belajar Bahasa Asing?

1. Usia 3 Atau 4 Tahun

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa kreativitas, keterampilan berpikir kritis, dan fleksibilitas pikiran bisa meningkat secara signifikan saat anak-anak belajar bahasa kedua di usia dini.

Tiga tahun pertama seorang anak diyakini sebagai periode yang penting di dalam kehidupan anak. Penjelasan ini menunjukkan bahwa anak-anak mempunyai kemampuan alami untuk belajar dan bisa dikembangkan selama 3-4 tahun pertama kehidupan mereka.

Pada usia ini sebenarnya Anda bisa mulai mengajarkan anak-anak bahasa kedua. Meski terdengar sulit dilakukan, belajar bahasa Inggris di usia dini bisa dengan mudah dilakukan anak-anak di usia dini.

Ada sebuah penelitian yang memperkuat pernyataan di atas, yakni ditemukan bahwa 50% kemampuan anak untuk belajar berkembang pada usia 4 – 8 tahun. Inilah alasannya mengapa anak berusia 3-4 tahun sangat dianjurkan untuk belajar bahasa kedua.

2. Awal Masa Remaja

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 17.000 anak-anak di Inggris yang belajar bahasa Perancis di sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak yang mulai belajar bahasa asing pada usia belasan tahun memiliki tes kemampuan bahasa yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang belajar di usia 8 tahun.

Sampai saat ini, studi kasus di atas menjadi penelitian terbesar mengenai anak-anak yang belajar bahasa asing di ruang kelas.

Selain itu ada temuan lain yang menyebutkan kalau remaja yang belajar bahasa asing sebelum berusia 15 tahun memiliki pengucapan yang lebih baik saat menggunakan bahasa kedua dibanding yang tidak belajar di bawah usia tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin muda seseorang belajar bahasa kedua, maka akan semakin baik mereka mengembangkan aksen bahasa tersebut.

Meski demikian, penelitian lain mengungkapkan kalau anak-anak yang berusia di atas 15 tahun dan orang dewasa lebih baik dalam mempelajari bahasa baru daripada anak-anak yang lebih muda.

Hal ini bisa terjadi karena mereka yang berusia dewasa mempunyai pengalaman dan kognitif yang lebih baik daripada anak-anak yang masih muda.

3. Mulai dari Bahasa Pertama

Jika bahasa pertama seorang anak belum dikembangkan dengan baik, maka sebaiknya Anda harus menghindari anak-anak untuk belajar bahasa kedua. Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari bahasa ganda secara langsung pada anak tidak memungkinkan mereka untuk menjadi mahir dalam salah satu bahasa yang dipelajari.

Berdasarkan penejelasan di atas dapat diketahui bahwa mempelajari bahasa kedua bisa dilakukan pada saat anak-anak berusia 3-4 tahun.

Namun, sebelum mengajarkan mereka bahasa kedua, Anda harus memastikan bahwa anak sudah memahami dengan baik bahasa pertama mereka.

Jangan pernah memaksakan mereka untuk mempelajari bahasa kedua, saat bahasa pertama belum dikuasai dengan baik.

Sebakinya, Anda mengajarkan anak-anak untuk belajar bahasa kedua di usia di bawah 15 tahun atau pada usia sekitar 11 – 13 tahun agar lebih optimal.

Jika sudah mengetahui usia yang tepat untuk mengajarkan anak belajar bahasa kedua, maka inilah saatnya untuk memilih tempat kursus bahasa Inggris yang terbaik dan berkualitas untuk anak Anda.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan bisa memberatkan keuangan keluarga.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: