Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang - Aktivitas belajar yang efektif akan sangat membantu para siswa untuk mempertahankan informasi yang penting bagi mereka.
Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang
Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang 

Hal yang menjadi permasalahan adalah tidak semua orang bisa melakukan aktivitas belajar yang efektif. Tidak hanya itu saja, mereka juga sering melakukan beberapa kesalahan dalam proses belajar yang akhirnya mengganggu aktivitas untuk menyimpan informasi penting.

Berikut ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang 5 kesalahan umum yang sering dilakukan para siswa dalam proses belajar.

5 Kesalahan Saat Belajar yang Dilakukan Banyak Orang

1. Mempelajari Semua Hal Dalam 1 Malam

Belajar hanya 1 malam atau beberapa hari mendekati ujian bukanlah cara belajar yang efektif. Agar memahami dan mengingat pelajaran dengan baik, Anda perlu melakukannya sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang lama.
Untuk mengatasi masalah di atas, Anda bisa membuat kalender yang merencanakan proses belajar secara berkala. Hal ini tentu saja lebih baik, dibandingkan harus mempelajari semua bidang pelajaran hanya dalam beberapa hari sebelum ujian.

2. Belajar Hanya Dengan Membaca dan Menyoroti Teks Bacaan

Membaca informasi dan pelajaran menjadi tidak efektif, jika Anda tidak mengulangi apa yang sudah dibaca. Anda perlu menggali ingatan dan berjuang untuk mengingat informasi untuk mempelajari bidang dengan lebih efektif.

Caranya seperti ini, setelah membaca buku teks atau pelajaran, maka Anda bisa menutup buku dan mengingat teks yang dipelajari dengan bahasa sendiri.

Selanjutnya, Anda bisa menjelaskan apa yang sudah diketahui kepada teman, orang tua, atau siapa pun untuk mengingat materi pelajaran tersebut.

3. Belajar Hanya Dengan Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis merupakan bagian yang penting dalam proses belajar, namun tidak hanya itu saja yang perlu dilakukan. Sebab, Anda perlu cara yang lain untuk memahami materi pelajaran dan mempertahankan ingatan tentang pelajaran tersebut.

Anda bisa membuat prediksi pertanyaan yang bisa saja muncul di dalam tes dan berlatih menjawab pertanyaan tersebut. Anda juga bisa mengajarkan kepada orang lain tentang apa yang sedang dipelajari.

Atau bisa juga dengan menerjemahkan apa yang sedang dipejari ke dalam bentuk visual, seperti diagram, infografis, garis waktu, dan lain sebagainya.

4. Belajar Keterampilan Atau Mata Pelajaran Sekaligus

Dalam aktivitas belajar, proses pengulangan dan latihan merupakan salah satu tahapan penting yang perlu dilalui agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Oleh karena itu, dalam proses belajar Anda perlu fokus saat akan mendalami sebuah keterampilan dan memahami materi pelajaran dengan baik. Jangan mengalihkan perhatian dengan hal lain, saat Anda sedang belajar dan mendalami keterampilan tertentu.

Jika Anda sedang mempelajari keterampilan komputer, maka fokuslah untuk memahami dan berlatih keterampilan tersebut dalam waktu tertentu. Jangan mengalihkan perhatian Anda dengan hal lain yang bisa mengganggu proses belajar.

Dimana Anda bisa mempelajari keterampilan komputer?

Lembaga pendidikan non-formal atau kursus menawarkan pelatihan agar Anda bisa menguasai keterampilan komputer dengan baik. Pilihlah salah satu lembaga yang ada dan ikuti proses belajar yang ada di dalamnya.

Tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan non-formal yang bisa memberatkan keuangan keluarga Anda. Saat ini ada pinjaman dana pendidikan yang bisa digunakan untuk membantu Anda membayar biaya pendidikan non-formal tersebut.

Cicilan pinjaman tersebut bisa Anda lunasi dan diangsur dalam waktu 12 bulan lamanya. Hal ini tentu saja lebih meringankan daripada harus membayar biaya pendidikan sekaligus di muka.

5. Menggunakan Musik Untuk Membantu Konsentrasi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa saat Anda mendengarkan musik dalam proses belajar, maka hal ini akan berpengaruh negatif terhadap kemampuan Anda menyimpan informasi.

Apalagi saat Anda mencoba untuk mempelari hal rumit seperti tabel periodik, teks pelajaran yang rumit, dan lain sebagainya.
Namun, jika Anda mendengarkan musik untuk belajar hal yang ringan dan mengingat kembali catatan, maka musik tidak akan berpengaruh buruk dalam proses menyimpan informasi.

Kami lebih menyarankan Anda unutk menggunakan jenis musik tertentu saat akan belajar dan menyimpan infromasi. Pilihlah musik menenangkan yang tidak memiliki lirik saat akan belajar dan jangan mendengarkan musik yang memiliki banyak lirik di dalamnya.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: