Kesalahan Saat Presentasi di Depan Pimpinan - Memberikan presentasi kepada pimpinan bisa mengubah seorang profesional yang berbakat, cerdas, dan kreatif terlihat gugup, berbicara tanpa arah, dan melakukan kesalahan yang lainnya.

Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah mengetahui kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang sebelum Anda.

Oleh karena itu, kami telah merangkum tentang 6 kesalahan saat presentasi kepada pimpinan atau manajer.

Simak pembahasannya di bawah ini.

6 Kesalahan Saat Presentasi di Depan Pimpinan

1. Kehilangan Sikap

Atasan Anda pasti akan selalu berurusan dengan orang-orang yang berusaha terlihat baik dan mengesankan di hadapan mereka.

Meskipun bersikap baik saat melakukan presentasi merupakan hal yang perlu dilakukan, namun para pemimpin merasa lelah dengan hal ini.

Sebaliknya, pemimpin ingin melihat diri Anda yang sebenarnya dan tidak perlu dibuat-buat.

2. Melakukan Basa-Basi

Pemimpin atau manajer tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan basa-basi, jadi pastikan Anda langsung membicarakan inti permasalahan.

Jangan menjadi pelawak yang selalu membagikan cerita lucu saat sedang melakukan presentasi. Anda hanya perlu langsung menyampaikan pesan kepada pemimpin.

3. Berikan Kejutan Kepada Mereka

Para pemimpin perusahaan pasti akan menerima banyak presentasi dalam setiap minggu dan biasanya presentasi tersebut sangat mirip antara satu dengan yang lain.

Hal yang tidak disadari adalah Anda memiliki kesempatan luar biasa untuk menginspirasi, mencerahkan, dan melibatkan atasan saat sedang menyajikan presentasi.

Sampaikan cerita yang kuat, gunakan alat peraga yang provokatif, buatlah mereka penasaran dengan apa yang disampaikan.

Intinya, Anda harus menjadi sosok yang kreatif, berani tampil beda, dan bisa memberikan kejutan kepada mereka dengan beberapa cara.

4. Jangan Membuat Mereka Membaca

Saat sedang melakukan presentasi pastikan untuk tidak membiarkan mereka membaca laporan yang sedang disampaikan.

Jika Anda memaksa mereka untuk membaca laporan, maka ini bukanlah presentasi. Buat mereka mengetahui apa saja yang penting dengan menyampaikannya melalui presentasi yang dilakukan.

5. Berikan Solusi Perbaikan

Saat sedang menyampaikan materi presentasi kepada pemimpin pastikan Anda bisa membantu atasan agar pekerjaan dan perusahaan menjadi lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya.

Kemampuan Anda memberikan solusi dan perbaikan atas setiap permasalahan yang terjadi akan meningkatkan reputasi sebagai seorang karyawan.

6. Jangan Terlalu Tegang, Nikmati Presentasi yang Dilakukan

Menikmati presentasi maksudnya adalah Anda mengetahui cara menyampaikan pesan dengan benar, namun tidak terlalu serius dan tegang.

Bersantailah saat sedang melakukan presentasi, miliki rasa humor yang tidak berlebihan, dan tersenyumlah.

Dengan menerapkan 6 kiat di atas diharapkan Anda bisa menyajikan presentasi dengan baik dan benar.

Tidak hanya itu saja, agar presentasi dapat berjalan dengan lancar, seseorang juga perlu meningkatkan keterampilan lain, misalnya saja kemampuan public speaking.

Asahlah keterampilan ini dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan di bidang komunikasi agar bisa menyampaikan presentasi dengan lebih baik.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: