Komunikator hebat tidak hanya mampu mengadakan percakapan dengan sangat baik. Lebih dari itu, mereka juga bisa secara ringkas menyebarkan ide-ide, meyakinkan orang lain di sekitar mereka untuk mengikuti ide tersebut, dan membangun serta memelihara hubungan yang kuat melalui komunikasi.
 Komunikator Hebat dan Luar Biasa
 Komunikator Hebat dan Luar Biasa

Agar bisa menjadi seorang komunikator hebat, setidaknya Anda harus memiliki 5 kualitas berikut ini.

Selamat membaca!

5 Kualitas Komunikator Hebat dan Luar Biasa

1. Bersikap Proaktif

Seorang komunikator hebat tidak akan menunda percakapan yang sulit. Mereka pasti akan segera membicarakan masalah, jika dirasa perlu.

Komunikator yang kuat akan selalu menangani masalah sejak dini, membuat masalah tersebut berumur pendek, dan menciptakan solusi dengan lebih cepat.

Saat ada masalah yang terjadi atau ada sesuatu yang perlu diperbaiki, komunikator hebat akan segera menjelaskan kepada orang yang bersangkutan tentang solusi dan cara mengatasinya.

2. Mereka Bisa Mengajukan Pertanyaan yang Bagus

Agar bisa mendapatkan akar permasalahan atau ingin mengenal seseorang dengan lebih baik, mengajukan sebuah pertanyaan yang baik adalah hal penting untuk dilakukan.

Misalnya saja di dalam sebuah bisnis, percakapan yang terjadi antara pemimpin dan karyawan akan membantu terbentuknya hubungan yang kuat satu dengan lainnya.

3. Komunikator Hebat Itu Mendengarkan

Banyak orang berpikir bahwa komunikasi hanya berhubungan dengan kata-kata yang akan diucapkan. Hal yang jarang disadari adalah mengajukan pertanyaan dan mendengarkan apa yang disampaikan juga hal penting.

Kemampuan Anda mendengar akan membuat orang yang diajak berbicara merasa dihargai. Cara seperti ini sangat penting untuk dilakukan, jika Anda berniat untuk membangun hubungan yang kuat dengan orang lain.

4. Mampu Menjelaskan Secara Ringkas dan Tidak Bertele-tele

Salah satu kelemahan banyak orang adalah ketidakmampuan mereka untuk menjelaskan sesuatu yang sederhana menjadi ringkas dan mudah dimengerti.

Tidak perlu khawatir jika Anda mengalami hal yang sama, sebab ada banyak orang yang memiliki kelemahan tersebut.

Menjelaskan sesuatu menjadi ringkas membutuhkan pemilihan kata yang tepat dan menggunakan format yang mampu menarik minat para pendengar.

Seorang komunikator hebat mampu menyampaikan kalimat menjadi ringkas. Mereka akan membuat orang lebih banyak mendengar karena ada keyakinan bahwa apa yang disampaikan itu penting untuk didengarkan.

Hal di atas sangat penting untuk dilakukan karena fokus dan perhatian setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, bersikap langsung dan menjelaskan dengan ringkas akan menjaga perhatian mereka.

5. Perkataan Mereka Sesuai Dengan Apa yang Disampaikan

Saat Anda berbicara akan melakukan A, maka Anda pasti akan melakukan hal tersebut dan bisa dipercaya. Saat Anda tidak berhasil memenuhi perkataan tersebut, maka kata-kata yang disampaikan akan kehilangan pengaruhnya dan membuat Anda tidak bisa dipercaya lagi.

Seorang komunikator hebat memiliki reputasi sebagai orang yang melakukan apa yang mereka sampaikan.

Mereka pasti akan menindaklanjuti kata-kata yang disampaikan dan memastikan apa yang dikatakan akan mereka lakukan.!

Orang-orang seperti ini adalah tipe orang yang mengenal diri mereka sendiri dan sangat jarang membuat janji palsu dan mengingkari apa yang disampaikan. Mereka bisa diandalkan dan akan menjamin apa yang dikatakan pasti akan mereka lakukan.

Jika Anda melihat 5 tanda di atas ada di dalam diri sendiri, maka bisa dipastikan bahwa Anda termasuk ke dalam komunikator yang hebat. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tanda-tanda di atas belum Anda miliki sama sekali.

Teruslah berlatih dan belajar dari berbagai sumber agar bisa menjadi seorang komunikator yang hebat dan luar biasa.

Sumber pembelajaran efektif yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti pelatihan atau pendidikan di lembaga yang kredibel. Jangan lupa untuk mempersiapkan dana agar bisa mengikuti pendidikan yang berkualitas.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: