Kunci yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Malas Untuk Belajar -  Permasalahan malas belajar ini sepertinya hampir dialami oleh setiap siswa yang sering berkutat pada pelajaran dan buku di sekolah atau kampus.

Belajar sepertinya sangat sulit dilakukan, jika dibandingkan dengan duduk dan menonton TV sambil menikmati camilan.

Padahal aktivitas belajar yang Anda lakukan akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kesuksesan di masa depan. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mengatasi rasa malas belajar dan mulai mencari cara untuk mengatasi hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda tentang 5 kunci yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan saat sedang malas belajar.

Selamat membaca

5 Kunci Agar Tak Malas Belajar

1. Temukan Tempat yang Nyaman dan Produktif

Meskipun terdengar mudah untuk dilakukan, namun menemukan tempat yang cocok untuk belajar dan sesuai dengan selera pribadi dapat membuat kita terhindar dari rasa malas belajar, namun ternyata cukup sulit untuk dilakukan.

Beberapa orang lebih suka untuk belajar di ruang publik seperti perpustakaan atau kedai kopi dan ada juga orang yang lebih suka belajar sendirian di dalam kamar atau tempat tidur.

Temukanlah tempat belajar yang produktif dan mampu membuat Anda merasa nyaman dan termotivasi untuk tidak malas belajar.

2. Fokus Pada 1 Subjek Saat Sedang Belajar

Jangan pernah melakukan multitasking saat Anda sedang belajar, sebab hal ini tidak akan bisa membuat Anda menjadi lebih produktif dan memicu perasaan malas belajar pada diri anda.

Aktifitas multitasking yang dilakukan akan membagi fokus dan perhatian Anda ke lebih dari satu hal. Hal seperti ini tentu saja akan sangat mengganggu aktifitas belajar yang sedang dilakukan.

Bagaimana jika harus mempelajari 3 mata pelajaran untuk menghadapi ujian?

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mulai mengalokasikan waktu untuk setiap mata pelajaran yang ada. Misalnya saja, hari ini belajar selama 2 jam untuk mata pelajaran A, hari selanjutnya belajar selama 2 jam lagi untuk mata pelajaran B, dan seperti itu selanjutnya yang akan membuat anda jauh dari malas belajar.

3. Jangan Lupa Melakukan Istirahat Saat Belajar

Jika Anda akan belajar dalam waktu yang lama dan menghindari perasaan malas belajar, maka mengambil waktu untuk beristirahat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Anda bisa menggunakan alarm yang berfungsi untuk mengingatkan Anda saat sudah waktunya beristirahat.

Waktu istirahat yang kami sarankan adalah sekitar 15 – 20 menit untuk melepaskan lelah dan mengembalikan konsentrasi.

Tujuan utama dari istirahat adalah menghilangkan rasa malas belajar yang menyerang dan mengisi ulang energi otak Anda.

4. Jangan Meletakkan Smartphone Berdekatan Dengan Tempat Belajar

Untuk menghindari rasa malas belajar, saat akan mulai belajar, langkah terbaik yang perlu Anda lakukan adalah menjauhkan diri dari media sosial, smartphone, dan aplikasi lain yang berpotensi untuk mengganggu aktifitas belajar Anda.

Anda perlu melakukan hal ini agar bisa dengan mudah fokus dan berkonsentrasi di dalam aktifitas belajar yang sedang dilakukan, karena hal tersebut dapat membuat anda merasa malas belajar dan tidak fokus.

Namun, jika proses belajar yang dilakukan membutuhkan akses internet atau aplikasi perpesanan untuk berdiskusi dengan teman, maka Anda harus benar-benar mengetahui batasan dan tidak berlebihan melakukan hal tersebut.

5. Tentukan Kuota Saat Akan Belajar Setiap Hari

Mempelajari semua materi dan buku pelajaran dalam 1 hari sepertinya sesuatu yang sangat mustahil untuk dilakukan pasti rasa malas belajar akan menyerang. Meskipun Anda tetap memaksakan hal tersebut, kami bisa menjamin bahwa hasil yang akan didapatkan tidaklah optimal.

Oleh karena itu untuk menghindari rasa malas belajar, Anda perlu membuat kuota belajar setiap harinya agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Misalnya saja seperti ini, Anda berniat untuk mempelajari buka yang memiliki 100 halaman dalam 1 bulan. Maka, Anda bisa membagi buku tersebut dan mempelajari 25 halaman setiap minggunya agar tidak malas belajar.

Dengan demikian, Anda sudah membaca dan mempelajari seluruh isi di dalam buku dalam 1 bulan. Hal seperti ini lebih baik dilakukan, jika dibandingkan harus mempelajari 100 halaman dalam 1 hari saja.

Membuat kuota belajar memungkinkan Anda untuk bisa menyerap pelajaran dan buku dengan optimal dan terhindar dari rasa malas belajar. Hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap nilai ujian yang akan didapatkan di sekolah atau kampus tempat Anda belajar.

Selain 5 alasan di atas, ternyata ada faktor lain yang bisa mempengaruhi motivasi seseorang untuk belajar dengan tekun dan terhindar dari malas belajar.

Faktor yang kami maksudkan adalah ketidakmampuan mereka untuk membayar biaya pendidikan formal atau non-formal. Ketidakmampuan untuk membayar biaya pendidikan membuat siswa minder dan akhirnya malas untuk mengikuti pelajaran di sekolah atau kampus.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: