Memiliki penghasilan rendah seringkali membuat banyak orang terjebak pada utang yang semakin memberatkan kehidupan. Dibutuhkan usaha kuat agar terbebas dari utang, apalagi saat Anda tidak menghasilkan banyak uang.

Berikut ini beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk menghindari utang, saat Anda memiliki penghasilan rendah.

4 Langkah Efektif Menghindari Utang Meskipun Berpenghasilan Rendah

1. Menjaga Pengeluaran Tetap Pada Batas Minimal

Sebagai karyawan yang berpenghasilan rendah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menemukan uang tambahan setiap bulan adalah mengurangi pengeluaran.

Anda bisa menghemat pengeluaran dengan cara makan di rumah, memilih liburan yang lebih hemat, dan mengurangi beberapa layanan bulanan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga tidak perlu mengikuti kebiasaan belanja orang lain atau teman.

Selalu mengikuti pola konsumsi orang lain akan menimbulkan inflasi gaya hidup yang akan berpengaruh terhadap kondisi keuangan Anda.

Hasil investasi tersebut selanjutnya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan, misalnya untuk membeli mobil, biaya renovasi rumah, dana pendidikan, atau dana liburan bersama keluarga.

Dengan berinvestasi, Anda tidak perlu berhutang untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa mendatang.

3. Teliti Sebelum Melakukan Pembelian Besar

Kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang kaya adalah kemampuan mereka untuk menunda kepuasaan saat ini dan lebih berpikir ke masa depan.

Pembelian besar yang menguras tabungan atau anggaran perlu dipertimbangkan dengan baik.

Jangan sampai daya beli Anda tidak memenuhinya, sehingga berhutang dan melakukan pembayaran dengan cara mencicil

Tidak ada yang salah dengan melakukan pembelian dengan cara mencicil, tetapi jika Anda melakukannya untuk membeli barang konsumtif akan sangat merugikan.

Solusi untuk masalah di atas adalah membuat peraturan untuk berdiskusi dengan pasangan atau menunggu setidaknya 24 jam sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

Cara seperti ini membuat Anda bisa berpikir jernih dan membuat keputusan keuangan dengan lebih baik.

4. Prioritaskan Uang Tunai Daripada Kredit

Salah satu perangkap yang membuat orang terjebak pada utang adalah kemudahan mendapatkan kartu kredit.

Kartu kredit yang dimiliki berpotensi meningkatkan kemungkinan Anda menghabiskan lebih banyak uang saat berbelanja daripada saat menggunakan uang tunai.

Kami tidak mengatakan bahwa kartu kredit itu buruk.

Saat Anda mampu menggunakan kartu kredit dengan bertanggung jawab, hal ini akan membangun skor kredit menjadi lebih baik dan berpotensi mendapatkan poin imbalan atau cash back yang menarik.

Namun, jika Anda tidak bisa mengendalikan diri saat menggunakan kartu kredit, maka membayar dengan cara tunai jauh lebih baik.

Menerapkan 4 langkah yang telah disampaikan di atas akan sangat membantu untuk menghindari diri dari utang yang menjerat.

Secara garis besar, Anda perlu menjaga pengeluaran pada batas minimal, prioritaskan berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.

Teliti sebelum melakukan pembelian besar, dan membayar dengan uang tunai daripada kartu kredit.

Kami berharap pembahasan tersebut bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk Anda yang ingin terbebas dari jeratan utang, meskipun memiliki penghasilan yang minim.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: