Ada banyak sekali penelitian yang menemukan bahwa masih ada pasangan yang menyembunyikan pembelian, rekening perbankan, sampai kartu kredit mereka.

Hal yang menjadi permasalahan selanjutnya adalah ada juga pasangan dengan kebiasaan yang berlawanan. Satu orang suka menabung dan yang lain suka memboroskan uang.

Mungkin inilah saat yang tepat untuk mengubah kebiasaan pasangan. Berikut ini 4 langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengubah kebiasaan buruk pasangan.

4 Langkah Membantu Pasangan Berhenti Boros, Yuk Bantu Si Dia!

1. Lakukan Diskusi Tentang Uang Secara Rutin

Anda dan pasangan harus terbuka dan berbicara tentang permasalahan keuangan rumah tangga. Sampaikan kepada pasangan bahwa kebiasaan menghabiskan uang yang ia lakukan akan memiliki konsekuensi di masa depan.

Cara seperti ini juga bermanfaat untuk menghindari perselisihan tentang uang di masa depan.

2. Miliki Rekening Khusus untuk Belanja

Solusi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membuat rekening terpisah untuk belanja dan bersenang-senang. Rekening tersebut bisa digunakan oleh pasangan Anda yang memiliki kebiasaan menghabiskan uang secara berlebihan.

Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah pasangan menggunakan uang untuk membayar tagihan bulanan, cicilan kendaraan, sampai untuk investasi.

Itu artinya saat uang di dalam rekening tersebut habis, pasangan harus mau menunggu sampai hari gajian selanjutnya untuk bisa menghabiskan lagi.

3. Sisihkan Lebih Banyak untuk Investasi

 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik
Anda juga bisa mengirimkan lebih banyak uang yang dihasilkan ke dalam rekening pensiun, tabungan, atau investasi.

Pasangan Anda tentu saja tidak akan sempat untuk memboroskan uang, jika sudah ada di dalam rekening terpisah.

4. Biarkan Pasangan Mengambil Kendali Selama 1 Bulan. 

Ini adalah langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu dengan cara membiarkan pasangan membayar tagihan dan mengelola anggaran setidaknya selama 1 bulan.

Dengan cara seperti ini pasangan Anda akan mengetahui bahwa membuang-buang uang untuk pembelian yang tidak perlu adalah permasalahan.

Menerapkan 4 tips di atas sebenarnya cukup ampuh untuk mengatasi pasangan yang berlebihan saat menghabiskan uang.

Namun jika tidak berhasil juga, maka Anda bisa membawa pasangan untuk melakukan konseling dan berdiskusi dengan para ahli.

Berikan pengertian kepada pasangan Anda bahwa lebih baik berinvestasi dan mempersiapkan masa depan daripada hanya menghabiskan uang untuk keperluan saat ini saja.

Sampaikan kepada mereka bahwa kebutuhan di masa depan tidak akan bisa terpenuhi tanpa adanya persiapan dari sekarang.

Anda dan pasangan pasti menginginkan untuk memiliki rumah sendiri, membeli mobil, berlibur ke luar negeri, atau yang lain sebagainya. Mimpi tersebut tidak akan bisa tercapai jika semua penghasilan dihabiskan sekarang.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: