Jika saat ini Anda belum terlalu mapan dalam hal finansial, maka tambahan beban ditambah dengan keharusan untuk mendukung orang tua secara finansial bisa membuat stres dan bisa saja mengganggu hubungan dengan pasangan.


Meskipun sulit, jangan pernah membiarkan orang tua berjalan sendiri dan susah mendapatkan bantuan dari Anda.

Lakukan 5 langkah di bawah ini saat orang tua mengalami kesulitan keuangan.

5 Langkah Mendukung Orang Tua yang Mengalami Kesulitan Keuangan

1. Memberikan Dukungan Emosional

Saat orang tua mengalami krisis keuangan yang serius, seperti mengalami kebangkrutan, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali keadaan dan tawarkan dukungan emosional.

Biarkan mereka mengetahui bahwa Anda ada untuk diajak bicara, curhat, atau apa saja yang ingin mereka lakukan untuk mengatasi kesulitan keuangan.

Yakinkan orang tua bahwa Anda akan selalu berada disana sebagai pilar pendukung emosional kapan saja mereka membutuhkan.

2. Kenalkan Mereka Dengan Cara Lain untuk Menghasilkan Uang

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang tambahan. Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah menyewakan kamar tidak terpakai kepada orang lain.

Dengan menyewakan sesuatu kepada orang lain, orang tua Anda tidak perlu bekerja aktif dan tidak perlu letih menghabiskan banyak tenaga untuk bekerja.

Jangan lupa juga untuk mengenalkan mereka dengan investasi. Investasi yang dilakukan bisa berpotensi mengembangkan uang di masa depan dan cara seperti ini jauh lebih baik daripada menabung.

Ajak mereka berinvestasi di KoinWorks yang bisa dimulai dengan modal Rp100.000 saja.

Saat berinvestasi di KoinWorks, para investor akan mendapatkan fasilitas dana proteksi yang nilainya sampai dengan 100%. Jadi orang tua yang takut dengan resiko tidak perlu khawatir saat berinvestasi.

3. Hubungai Kontak Anda Untuk Peluang Kerja yang Lain

Anda telah membuat banyak kontak selama bekerja dan mungkin perlu memanfaatkan sumber daya tersebut untuk membantu orang tua.

Hubungi kontak lama yang memiliki hubungan baik dengan Anda dan saling menghormati.

Tanyakan kepada mereka apakah tersedia posisi tertentu untuk orang tua Anda agar bisa bekerja menghasilkan uang disana.

4. Pertimbangkan untuk Membayar Tagihan Mereka

Jika situasi terjadi dimana orang tua tidak lagi memiliki uang, maka mungkin Anda perlu membuka dompet untuk membantu mereka mengurangi kesulitan keuangan.

Evaluasi setiap pengeluaran yang mereka miliki dan ketahui area mana saja yang bisa Anda bantu.

Ingat, jangan memaksakan diri untuk membantu orang tua sesuaikan dengan kemampuan Anda.

5. Ajak Mereka Melakukan Perampingan untuk Mengurangi Biaya Bulanan

Jika orang tua Anda bangkrut, mungkin mereka perlu menjual beberapa aset yang dimiliki untuk mengurangi hutang dan membantu mereka untuk berhemat.

Mungkin mereka perlu pindah ke rumah yang lebih kecil atau mungkin perlu menjual beberapa barang berharga yang tidak lagi terpakai.

Ajak mereka untuk membiasakan hidup hemat dan tidak berlebihan saat mengeluarkan uang untuk biaya hidup.

Yakinkan kepada mereka bahwa cara ini akan sangat membantu untuk mengurangi kesulitan keuangan yang dialami.

Tidak ada orang yang tahu dengan berbagai kemungkinan terjadinya kesulitan keuangan.

Saat orang tua yang mengalaminya, maka sudah seharusnya Anda yang memberikan bantuan dan mengulurkan tangan terlebih dahulu.

Ajak mereka menemukan pekerjaan lain, berikan bantuan untuk membayar tagihan mereka, dan yang lebih penting adalah berikan dukungan secara emosional.

Semoga kita bisa keluar dari masalah yang sedang terjadi saat ini.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: