Lulus dari perguruan tinggi bisa menjadi hal yang sangat luar biasa. Hal lain yang harus segera dipahami adalah akan ada banyak tanggungan keuangan yang harus dipenuhi.

Jangan khawatir dengan masalah di atas. Melalui sedikit perencanaan yang matang, maka Anda bisa dengan mudah mengendalikan kondisi keuangan setelah lulus dari perguruan tinggi.

Berikut ini 5 langkah keuangan yang harus Anda lakukan setelah lulus dari perguruan tinggi.

5 Langkah Manajemen Keuangan Pribadi yang Harus Dilakukan Setelah Lulus dari Perguruan Tinggi

Membuat Anggaran Keuangan

Membuat Anggaran Untuk Beragam Kebutuhan Keuangan - mematuhi anggaran keuangan - 5 Taktik agar Sukses Menjalankan Anggaran Keuangan

Jika Anda belum memiliki anggaran keuangan, maka kami menyarankan Anda untuk membuatnya. Anggaran keuangan akan memudahkan Anda mengetahui kemana perginya uang dan mengetahui berapa batas untuk setiap pengeluaran.

Mengevaluasi Asuransi yang Telah Dimiliki

Sebelum Anda lulus dari perguruan tinggi, mungkin saja asuransi yang dimiliki selama ini ditanggung oleh orang tua. Setelah lulus, kemungkinan besar Anda yang harus bertanggung jawab untuk membayar asuransi ini.

Mulai Membiasakan Diri Menabung dan Mempersiapkan Masa Depan

Siapa bilang kalau punya gaji UMR tidak bisa nabung dan investasi - Tips Hemat Selama Bulan Ramadhan - Tips Menabung Untuk Anak Muda

Jika Anda telah bekerja dan perusahaan menyediakan manfaat pensiun, maka Anda harus memanfaatkan kebijakan tersebut dengan baik.

Jika tidak ada, maka Anda yang harus proaktif mempersiapkan dana pensiun sejak mulai bekerja.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus mulai mempersiapkan beberapa kebutuhan di masa depan. Misalnya saja dana pendidikan anak, dana berlibur, dana membeli rumah, dan lain sebagainya. Investasi adalah pilihan yang tepat untuk mempersiapkan semua kebutuhan di masa depan.

Pastikan juga produk investasi yang dipilih sesuai dengan tujuan keuangan di masa depan dan profil risiko yang dimiliki. Misalnya saja, Anda ingin mempersiapkan biaya menikah yang jangka waktunya 5 tahun dari sekarang atau jangka menengah.

Pilihan investasi yang tepat untuk rencana tersebut adalah reksadana pendapatan tetap atau obligasi.

Berbicara Tentang Keuangan dengan Orang Tua

Meneruskan Bisnis Keluarga - Anggota Keluarga Tidak Pandai Mengelola Keuangan? Ini 5 Solusinya

Setelah lulus kuliah dan memiliki pekerjaan pertama, maka mulailah mengajak orang tua berdiskusi tentang masalah keuangan pribadi.

Cara seperti ini akan sangat membantu Anda memahami situasi keuangan dan peran Anda dalam masa depan keuangan keluarga. Diskusikan masalah pensiun dengan orang tua, apa yang mereka harapkan dari Anda untuk mendukung masa pensiun mereka, dan lain sebagainya.

Jangan Lupa untuk Bersenang-Senang

Meskipun Anda menyimpan uang untuk masa depan dan mulai berinvestasi, Anda tidak boleh melupakan kesenangan.

Mulailah merencanakan dan menyediakan alokasi khusus untuk perjalanan atau mencoba makanan baru bersama dengan teman. Pengalaman baru adalah momen yang tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup.

Sudah melakukan 5 langkah di atas?

Lulus perkuliahan adalah momen dimana Anda mulai mandiri secara finansial dan tidak perlu bergantung  dengan orang tua. Menerapkan 5 langkah di atas akan sangat membantu Anda untuk memasuki tahapan kehidupan yang baru.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: