Manfaat Memiliki Keterampilan Interpersonal yang Baik - Ada banyak keterampilan yang perlu Anda kuasai agar bisa berhubungan secara efektif dengan rekan kerja dan pimpinan perusahaan.

Mulai dari keterampilan verbal, diplomatik, dan keterampulan interpersonal yang baik.

Ketiga jenis keterampilan ini memungkinkan Anda untuk bisa berhubungan baik dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Hal yang tidak Anda sadari adalah banyak orang yang kehilangan pekerjaan di sebuah perusahaan, karena mereka tidak bisa bekerja sama dengan orang lain.

Hal inilah yang menjadi alasan bahwa keterampilan interpersonal bisa meningkatkan produktivitas kerja dan membuat Anda berkesempatan mendapatkan karir yang lebih baik.

Tidak hanya itu saja, ada 9 manfaat lain yang bisa Anda dapatkan saat mampu menguasai keterampilan interpersonal dengan baik. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

9 Manfaat Memiliki Keterampilan Interpersonal yang Baik

1. Berkomunikasi Dengan Efektif

Keterampilan interpersonal akan membantu Anda untuk membangun hubungan dengan rekan kerja, seperti saling bertukar ide, informasi, dan keterampilan.

Anda juga bisa membangun rasa saling menghormati dan belajar untuk mempertimbangkan pendapat dan masukan dari orang lain.

Komunikasi yang berjalan dengan efektif memungkinkan tugas dan pekerjaan di dalam kantor bisa diselesaikan dengan lebih baik dan lebih cepat.

2. Peluang yang Lebih Luas

Hubungan yang baik dengan rekan kerja dan pimpinan perusahaan membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak peluang menarik di perusahaan tempat bekerja.

Kesan baik yang Anda berikan kepada pimpinan perusahaan membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dan tanggung jawab yang lebih besar.

Hal seperti ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi pengembangan karir Anda di masa depan.

3. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepuasan Pelanggan

Kemampuan interpersonal yang baik membuat Anda bisa dengan mudah berinteraksi dengan konsumen yang menggunakan produk atau layanan dari perusahaan.

Para pelanggan sangat suka dengan orang yang bersedia menjawab setiap pertanyaan mereka dan mau mendengarkan masukan tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Keterbukaan Akan Menciptakan Kepercayaan

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa sekitar 50% karyawan di Amerika Serikat tidak percaya dengan pimpinan perusahaan.

Hal ini bisa terjadi karena para pimpinan perusahaan tidak terbuka dengan karyawan yang dipimpinnya.

Jika Anda seorang pemimpin di perusahaan, keterampilan interpersonal yang terlatih dengan baik akan membuat Anda lebih terbuka dengan para karyawan.

Hal ini selanjutnya akan berdampak pada kesetiaan karyawan untuk bekerja di perusahaan.

5. Membina Hubungan Pribadi yang Terjalin

Keterampilan interpersonal menjadi efektif dan memberikan manfaat, saat Anda bisa membangun sebuah hubungan yang berarti.

Keterampilan interpersonal yang baik tidak hanya bermanfaat untuk membangun hubungan pribadi, tetapi juga penting untuk mempertahankan hubungan yang sudah lama terjalin.

Mempertahankan sebuah hubungan pribadi jauh lebih sulit dibandingkan membangun hubungan pribadi yang baru.

Sebab, hal ini membutuhkan tindak lanjut, empati, dan konsistensi di dalam diri seseorang.

Cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mempertahankan sebuah hubungan adalah dengan berhubungan yang tulus terhadap orang lain.

6. Kesempatan Menjadi Pemimpin yang Efektif

Menjadi seorang pemimpin membutuhkan banyak keterampilan yang perlu dikuasai dengan baik.

Anda perlu membina hubungan interpersonal, membangun kepercayaan lewat kejujuran, dan mengembangkan keterampilan komunikasi agar bisa menjadi seorang pemimpin yang efektif.

Pemimpin yang tidak memiliki kemampuan untuk terhubung dengan anggota tim pasti akan gagal.

Mereka pasti akan dengan mudah kehilangan anggota tim yang berharga dan akhirnya menghilangkan produktivitas perusahaan.

7. Mengembangkan Sifat Empati di Dalam Diri

Seorang pemimpin perlu mengembangkan sifat empati kepada anggota tim yang dipimpinnya.

Empati yang Anda tunjukkan kepada orang lain akan membantu untuk menciptakan hubungan yang kuat dengan orang-orang yang ada di sekitar.

Saat Anda mampu menjadi pribadi yang bisa memahami orang lain, hal ini akan menciptakan kesetiaan, meningkatkan moral, dan memfasilitasi komunikasi.

7 manfaat keterampilan interpersonal di atas akan memberikan dampak positif dalam kehidupan pribadi dan perkembangan karir Anda di masa depan.

Hal inilah yang menjadi bukti bahwa Anda perlu untuk meningkatkan keterampilan interpersonal.

Bagaimana cara meningkatkan keterampilan interpersonal?

Saat ini sudah banyak sekali lembaga pendidikan non-formal atau kursus yang bisa memfasilitas Anda dengan pendidikan interpersonal yang lebih baik.

Tidak ada salahnya untuk bergabung dan mengikuti kelas kepribadian agar bisa menjadi sosok yang lebih baik lagi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: