Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Banyak Orang - Agar bisa hidup layak dan memiliki pendapatan yang baik, Anda membutuhkan keterampilan. Keterampilan tersebut bukan hanya didapat dari pendidikan formal saja, pendidikan non-formal juga berfungsi untuk melatih keterampilan yang sangat membantu seseorang mendapatkan pendapatan yang lebih baik.
Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Banyak Orang
Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Banyak Orang

Meski begitu penting, banyak orang seringkali menghadapi masalah ketika ingin menempuh pendidikan. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang 4 masalah pendidikan yang perlu diperbaiki agar anak-anak bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

4 Masalah Pendidikan yang Banyak Dihadapi Masyarakat Dunia

1. Tidak Memiliki Guru atau Guru yang Tidak Terlatih Apakah Orang yang Pintar di Sekolah Selalu Berhasil dan Sukses dalam Hidup?
Guru merupakan salah satu faktor utama yang bisa membuat seorang anak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik.

Masalah terjadi saat guru yang bertugas untuk mendidik anak-anak tidak terlatih dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan anak-anak tidak bisa memiliki keterampilan dasar seperti matematika dan bahasa dengan baik.

Hal di atas ditambah lagi dengan masalah  pendidikan baru yaitu banyak negara atau daerah yang kekurangan tenaga pengajar.

2. Tidak Tersedianya Ruang Kelas yang Memadai


Saat tidak memiliki ruang kelas yang memadai, maka Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Contoh kasus seperti ini banyak terjadi di Afrika, di mana anak-anak di sana sering belajar di ruangan yang sesak, kelas yang berantakan, bahkan tidak jarang mereka harus belajar di luar ruangan.

Hal yang lebih parah adalah di Malawi. Ada sekolah yang harus menampung 130 anak di dalam 1 kelas. Tidak hanya ruang kelas yang kurang memadai, tetapi juga semua fasilitas dasar yang diperlukan seperti air bersih dan toilet tidak layak.

Kasus selanjutnya ada di Chad, di mana hanya 1 dari 7 sekolah yang memiliki air minum dan hanya 1 dari 4 sekolah yang memiliki toilet disana.

3. Dana Pendidikan yang Kurang

Banyak masyarakat miskin yang tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak karena masalah biaya yang tinggi.

Di Indonesia saja, contohnya, meskipun pemerintah sudah menghilangkan biaya pendidikan sampai jenjang SMA, tapi masih saja ada dana informal yang harus dikeluarkan para murid.

Hal yang lebih memprihatinkan lagi adalah pemerintah hanya bisa meniadakan biaya pendidikan sampai tingkat SMA saja. Sehingga banyak siswa tidak bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi yang sebenarnya penting untuk didapatkan.

Bagaimana mengatasi masalah di atas?

Jika Anda tidak bisa membayar biaya pendidikan tinggi secara langsung di muka, maka ada solusi lain yang bisa digunakan. Anda bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan formal dan non-formal yang tersedia di KoinPintar.

KoinPintar tidak akan memberatkan orang tua dengan suku bunga yang tinggi, sebab tujuan utama dari KoinPintar adalah membantu meringankan biaya agar anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Suku bunga pinjaman juga sangat rendah yaitu mulai dari 0,75% per bulan atau hanya sekitar 9% per tahun. Suku bunga pinjaman ini jauh lebih rendah dari suku bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lain.

Hal yang semakin meringankan adalah pinjaman dana yang diambil bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan. Hal ini tentu saja jauh lebih ringan daripada Anda harus membayar biaya pendidikan sekaligus di muka.

4. Kekurangan Bahan Belajar

Faktor selanjutnya yang perlu tersedia untuk mendukung proses belajar adalah bahan belajar atau buku yang memadai.

Hal yang menjadi permasalahan adalah banyak sekali siswa yang tidak memiliki buku pelajaran memadai untuk digunakan.

Agar bisa mengoptimalkan proses belajar, siswa membutuhkan buku pelajaran, lembar latihan, dan berbagai fasilitas lain yang bisa membantu aktivitas belajar menjadi lebih baik.

Bukan hanya siswa saja, seorang guru juga membutuhkan bahan untuk mengajar di kelas, berbagi dengan siswa, dan membimbing mereka dalam pelajaran.

Agar bisa mengatasi masalah di atas seharusnya pemerintah perlu menyediakan buku pelajaran gratis yang bisa digunakan oleh para siswa dan guru. Memperbaiki sarana perpustakaan dan menyediakan buku terbaru yang akan menunjang proses belajar para siswa

Masalah pendidikan di atas merupakan kendala yang terjadi di banyak negara dan masih terus diperbaiki sampai saat ini.

Penjelasan yang kami sampaikan di atas sebenarnya bermanfaat untuk membuka pikiran Anda bahwa pendidikan merupakan hal dasar dan sangat penting untuk dimiliki oleh semua anak.

Tanpa pendidikan yang layak, seseorang tidak akan memiliki keterampilan yang memadai untuk bisa bersaing di dunia kerja atau mengembangkan usaha di masa depan.

KoinPintar hadir untuk membantu para orang tua yang kesulitan untuk membayar biaya pendidikan di muka. Angsuran pinjaman dana pendidikan yang bisa dicicil sampai dengan 12 bulan ke depan lebih meringankan daripada harus membayar langsung di muka.

Semoga penjelasan di atas bisa menginspirasi Anda semua!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: