Alih-alih ingin mempunyai waktu kerja yang lebih fleksibel, kini banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi freelancer.

Menjadikan diri sendiri sebagai bos adalah salah satu alasan mengapa profesi freelancer saat ini semakin marak terutama pada milenial.

Namun tentu saja tidak sedikit juga milenial yang takut untuk menggeluti profesi ini karena beberapa alasan, seperti job offering atau project yang tidak menentu, atau naik turunnya pendapatan yang dihasilkan.

Padahal, sebagai seorang freelancer Anda juga bisa membuat gaji dari profesi freelancer ini jadi pemasukan utama, lho!

7 Tips Membuat Gaji Freelancer Sebagai Penghasilan Utama

1. Pilih Tempat Kerja Lebih dari Satu

Jangan terpaku dengan satu tempat kerja saja, pilih beberapa pekerjaan yang cocok dengan keterampilan Anda.

Anda bisa mulai mencarinya lewat situs-situs yang menyediakan banyak pekerjaan bagi para freelancer.

Semakin banyak tempat kerja, maka akan semakin banyak pula pendapatan yang bisa Anda hasilkan hanya dengan menjadi seorang freelancer.

2. Tawarkan Banyak Jasa


Cobalah menawarkan jasa di luar yang biasa Anda kerjakan, jangan hanya terpatok pada satu jasa saja.

Selain mampu menghasilkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa sekaligus mempelajari banyak ilmu serta pengalaman baru yang nantinya bisa menjadi nilai plus bagi Anda.

3. Selalu Pilih Proyek Berjangka Panjang


Proyek dengan jangka yang panjang akan membuat Anda berada di situasi yang stabil secara finansial.

Dengan begitu, Anda bisa mulai menabung dari hasil pendapatan Anda selama menjadi seorang freelancer.

4. Promosikan Diri ke Teman-Teman Anda

Jangan ragu untuk mempromosikan diri Anda ke teman-teman melalui segala media, baik itu media sosial atau pun langsung dari mulut ke mulut.

Bantuan dari teman adalah salah satu yang paling efektif, mereka bisa menyebarkan kembali ke relasinya tentang keterampilan yang Anda miliki, atau bahkan teman Anda sendirilah yang nantinya akan menjadi langganan tetap Anda.

5. Pikirkan untuk Investasi

Di saat Anda sudah mulai mengumpulkan penghasilan Anda dari hasil freelance, maka sudah saatnya Anda memikirkan untuk mengalihkan penghasilan tersebut untuk investasi..

Cukup menyediakan dana mulai dari Rp 100.000 saja, Anda sudah berpotensi untuk mendapatkan hasil imbal lebih dari 18% per tahun yang sudah berada di atas laju inflasi tahunan Indonesia.

Hasil investasi ini nantinya bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda di masa depan, misalnya dana pendidikan, dana membeli rumah, atau dana untuk membangun kantor bisnis freelancer Anda.

6. Bergabung dengan Komunitas Freelancer

Mencari komunitas freelancer dan bergabung di dalamnya dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak tawaran pekerjaan.

Selain banyaknya link yang bisa Anda dapatkan, Anda juga bisa mendapatkan banyak teman diskusi saat bekerja dan pastinya memperoleh pengalaman yang jauh lebih banyak daripada bekerja sendiri.

Setelah melakukan beberapa 7 tips tadi, semoga pendapatan Anda nantinya akan terus bertambah dan lebih bisa menikmati pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Kerja lebih tenang, penghasilan tetap menyenangkan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: