Menulis CV Tanpa Pengalaman - Saat Anda akan mencoba untuk mendapatkan pekerjaan pertama, menulis resume dan CV bisa menjadi langkah yang sangat penting sekaligus membingungkan untuk dilakukan. Ditambah lagi jika Anda tidak memiliki pengalaman kerja yang pernah dilakukan sebelumnya.
Menulis CV Tanpa Pengalaman
Menulis CV Tanpa Pengalaman

Jangan jadikan hambatan di atas sebagai kendala untuk tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan kepada Anda semua tentang 6 langkah terbaik yang bisa dilakukan untuk menulis CV tanpa adanya pengalaman kerja.

Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Buat CV Anda Mudah Dipahami

Menurut penelitian, pihak perekrut hanya menghabiskan waktu sekitar 6 detik saja untuk meninjau resume yang Anda kirimkan.

Oleh karena itu, penting untuk membuat CV yang menekankan informasi penting agar bisa dengan cepat dilihat oleh perekrut.

2. Menetapkan Tujuan yang Jelas

Sebagai pekerja muda yang belum memiliki pengalaman, Anda harus bisa meyakinkan para perekrut bahwa Anda adalah calon karyawan yang terbaik. Cara yang bisa Anda lakukan adalah menunjukkan dengan jelas tujuan dan keinginan dalam pekerjaan.

Sebutkan posisi yang Anda harapkan atau bidang pekerjaan yang menarik minat Anda. Hal yang penting untuk diingat adalah keterampilan dan pendidikan Anda harus berhubungan dengan tujuan tersebut. Cara seperti ini akan membuat resume yang Anda kirimkan menjadi relevan dengan permintaan perekrut.

3. Jujurlah Dengan Kekuatan Anda

Pastikan Anda berkonsentrasi pada kekuatan dan kelebihan yang dimiliki untuk menarik minat para perekrut.

Misalnya saja, ada lowongan pekerjaan di bidang entry level IT, maka Anda bisa menekankan kemampuan komputer yang dimiliki, bisa berupa kemampuan jaringan atau bahasa pemrograman dasar.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa menyebutkan berbagai pencapaian yang dimiliki pada bidang tersebut. Misalnya saja, Anda pernah mengembangkan aplikasi, membuat situs website, atau menyelesaikan masalah teknis.

Jika belum memiliki kekuatan yang bisa disampaikan, maka inilah kesempatan Anda untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas diri. Caranya adalah dengan mengikuti workshop, pelatihan, atau mengikuti pendidikan yang berkaitan dengan bidang tertentu.

Bagaimana dengan biaya pendidikan untuk mengikuti pelatihan tersebut?

Hal yang paling penting adalah pinjaman dana ini bisa Anda bayarkan dengan cara mengangsur sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan secara langsung di muka.

Berbagai kemudahan di atas bisa terjadi karena KoinPintar memiliki tujuan untuk membantu seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang berkualitas tanpa perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

Keterampilan yang baik dan mumpuni menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk merekrut Anda bekerja.

4. Pengalaman Apapun yang Pernah Dilakukan

Bisa saja Anda pernah bekerja paruh waktu sebagai pelayan restoran atau penjaga kasir saat sedang berkuliah.

Meskipun pekerjaan ini tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan yang dilamar, Anda tetap bisa menjadikan pengalaman pekerja tersebut sebagai nilai tambah. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengemas dan menyampaikan pengalaman kerja tersebut dengan cara yang menarik.
Misalnya saja seperti ini, mengemban posisi kasir membuat Anda terlatih menghadapi stres, memperhatikan detail dalam pekerjaan, dan mengasah keterampilan berkomunikasi dengan para pelanggan.

5. Pengalaman Selama Menempuh Pendidikan

Ada banyak pengalaman yang bisa dicantumkan dalam resume atau CV Anda, bisa berupa beasiswa yang pernah didapatkan, penghargaan, partisipasi pada organisasi, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, setiap pengalaman tersebut berkaitan erat dengan bidang pekerjaan yang dilamar.

Dengan menerapkan 5 langkah di atas, resume dan CV Anda akan jauh lebih menarik dan menjadi pertimbangan oleh para perekrut. Hal yang paling penting dari itu semua adalah teruslah mengasah keterampilan di bidang pekerjaan yang akan dilamar.

Banyak sekali perusahaan lebih fokus pada calon karyawan yang siap bekerja dan memiliki banyak keterampilan daripada mereka yang hanya memiliki nilai yang baik.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: