Mengajukan pertanyaan penting sebelum membayar utang bisa memberikan wawasan dan motivasi untuk membantu Anda melunasi utang. Memiliki komitmen untuk memperbaiki situasi keuangan juga penting saat akan membayar utang.


Berikut ini 5 pertanyaan yang perlu diajukan saat Anda akan melunasi utangyang dimiliki.

5 Pertanyaan Penting Sebelum Anda Membayar Utang

1. Mengapa Saya Membayar Utang?

Harus ada alasan yang kuat mengapa Anda membayar utang.

Jadi, mulailah meluangkan waktu untuk mengetahui apa saja manfaat yang akan didapatkan saat Anda mampu melunasi utang tersebut.

Tidak ada alasan yang benar atau salah disini, tetapi pastikan alasan tersebut memiliki makna.

Alasan untuk membayar utang tersebut harus memberikan motivasi kepada Anda untuk berkomitmen melakukannya.

2. Berapa Jumlah yang Bisa Anda Bayar?

Selanjutnya, Anda harus memikirkan langkah realistis untuk membayar utang.

Pertimbangkan berapa banyak uang yang bisa dibayarkan setiap bulannya dan apakah Anda bisa melunasi utang tersebut dengan cepat.

Jika Anda tidak mengetahui angkanya, maka buatlah anggaran untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran setiap bulan termasuk utang.

3. Apa Rencana Keluar yang Akan Dilakukan?

Anda tidak akan bisa melunasi utang dengan cepat tanpa adanya rencana yang jelas. Strategi yang dilakukan tidak harus hebat, tetapi memiliki garis besar yang akan diikuti.

Ajukan pertanyaan tentang bagaimana Anda membayar utang, apakah ingin melunasi dari utang yang kecil ke besar, membayar dari suku bunga yang tinggi ke rendah, atau yang lain sebagainya.

Pilihlah rencana yang sesuai dengan kondisi saat ini dan bisa dilakukan secara efektif. Hal yang tidak kalah penting adalah mulailah mengevaluasi rencana Anda dari waktu ke waktu.

4. Apakah Anda Memiliki Komitmen?

Ada banyak hal yang bisa memotivasi Anda untuk berkomitmen membayar utang. Jadikan pembayaran utang sebagai tujuan utama yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Tanpa adanya komitmen, Anda tidak akan bisa berupaya keras untuk melunasi utang yang ada.

5. Siapa Orang yang Bisa Mendukung Anda?

Dukungan yang kami maksud disini adalah dukungan secara mental. Temukan mitra yang bisa memberikan dorongan kepada Anda untuk melunasi utang yang dimiliki.

Jangan mengelilingi diri Anda dengan teman atau anggota keluarga yang mungkin berpengaruh buruk terhadap keputusan keuangan.

Hindari teman yang suka berfoya-foya menghabiskan banyak uang.

Anda harus fokus mengelilingi diri dengan orang-orang yang mendukung agar bisa terbebas dari utang dan mencapai kebebasan finansial.

6. Apakah Langkah Selanjutnya?

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, maka Anda telah berada pada jalur yang benar untuk keluar dari jeratan utang yang menumpuk.

Sekarang saatnya untuk mengevaluasi setiap keputusan keuangan lebih bijak.

Jangan mengambil utanguntuk tujuan konsumtif saja, lebih baik Anda berhutang untuk tujuan yang produktif, misalnya membangun bisnis dan lain sebagainya.

Daripada Anda memenuhi keinginan dengan cara berhutang lebih baik berinvestasi.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: