Banyak yang menutup tahun 2018 dengan membuat review selama setahun. Kemudian, untuk menyambut tahun baru, tidak sedikit pula yang membuat resolusi keuangan 2019.

Resolusi keuangan yang sudah ditetapkan akan membantu Anda untuk mewujudkan hal-hal yang berkaitan dengan arus keuangan Anda sehari-hari.

Dengan demikian, Anda bisa memantau, apakah selama ini keuangan Anda berada dalam kondisi baik-baik saja, atau malah menunjukkan tanda-tanda kritis.

Nah, apabila Anda belum membuat resolusi keuangan 2019, berikut sedikit bocorannya untuk Anda.

12 Resolusi Keuangan 2019 untuk Mencapai Kebebasan Finansial

1Membuat Anggaran Keuangan

Anggaran keuangan menjadi salah satu resolusi keuangan 2019 yang bisa Anda capai. Dengan adanya anggaran keuangan, Anda bisa mengecek secara langsung bagaimana cashflow Anda selama ini.

Apabila pendapatan Anda lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran, itu saatnya Anda mengerem keinginan untuk membeli ini dan itu. Atau, bisa juga menambah pemasukan agar arus keuangan tidak terganggu.

2. Memperbaiki Gaya Hidup

Banyak orang tidak peduli dengan kondisi keuangannya lantaran merasa masih memiliki banyak uang untuk memenuhi segala kebutuhan. Padahal, hal tersebut belum tentu benar demikian.

Ayo, bersama wujudkan resolusi keuangan 2019 Anda dengan memperbaiki gaya hidup sejak dini.

Kurangi kebiasan membuang-buang uang, lebih banyak menabung dan berinvestasi, serta tidak perlu ikut-ikutan gaya hidup orang lain, apabila memang hal tersebut tidak sesuai dengan kepribadian Anda. Yang paling penting, jauh-jauh dari gengsi.

3. Memiliki Tujuan Keuangan

Untuk apa bekerja keras demi memperolah banyak penghasilan, jika Anda tidak tahu mau diapakan uang yang Anda miliki?

Yuk, milikilah tujuan keuangan agar Anda bisa memaksimalkan pengalokasian uang yang dimiliki dengan lebih terencana.

Misalnya, tujuan keuangan Anda tahun ini adalah mengumpulkan uang sebanyak Rp30 juta untuk berlibur ke Eropa, mempersiapkan biaya untuk membuka bisnis, dan sebagainya.

4. Lunasi Segala Utang Konsumtif

Apakah Anda termasuk orang yang sering menggunakan kartu kredit? Jika iya, hindarilah kebiasaan terlalu sering menggesek kartu kredit demi mendapatkan benda yang Anda inginkan.

Menggunakan kartu kredit tidak jauh berbeda dengan berhutang. Berhutang sama halnya dengan ada hal yang harus Anda lunasi. Jika tidak, hati-hati, Anda akan terlilit jeratan utang lantaran tak mampu membayarnya.

Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk berhutang, ketahuilah apakah Anda benar-benar membutuhkan barang yang ingin Anda beli.

Kemudian, dibandingkan menggunakan kartu kredit, lebih baik menabung sedikit lebih lama demi membeli barang tersebut secara tunai.

Dengan begitu, Anda akan terlepas dari bayang-bayang utang dan resolusi keuangan 2019 Anda pun bisa terwujud.

5. Memiliki Lebih dari Satu Rekening

Satu rekening ini biasanya digunakan untuk menyimpan pendapatan bulanan. Apabila Anda hendak membayar cicilan atau utang, uang dari pendapatan bulanan inilah yang akan dipakai.

Nah, agar tabungan Anda tidak terpakai untuk membayar hal-hal yang tidak semestinya, coba deh, tambah resolusi keuangan 2019 Anda dengan memiliki lebih dari satu rekening.

Katakanlah, Anda memiliki 3 rekening. Rekening pertama berisi 50% pendapatan Anda yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Rekening kedua berisi 30% pendapatan yang dialokasikan untuk membayar utang dan cicilan. Sementara itu, rekening ketiga berisi 20% pendapatan Anda yang digunakan untuk disimpan atau diinvestasikan.

6. Memperbanyak Sumber Pendapatan

Inlah dia resolusi keuangan 2019 yang perlu Anda tambahkan dalam daftar.

Salah satu alasan seseorang bekerja adalah demi mendapatkan penghasilan. Namun, tidak sedikit yang mengeluh apabila jumlah pendapatan yang dimiliki saat ini tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, mengapa tidak bekerja keras sedikit lebih banyak demi memperbanyak sumber pendapatan?

Misalnya, jika menulis adalah passion Anda, mengapa tidak menulis blog atau menjadi kontributor untuk media online? Anda bisa mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah dari menulis.

Kemudian, jika Anda senang dengan dunia fotografi, mengapa tidak menjual jasa sebagai fotografer pernikahan atau acara-acara lainnya? Memang, biasanya Anda akan lebih sibuk saat  akhir pekan, tapi Anda bisa memiliki pendapatan lebih setiap bulannya.

7. Mempersiapkan Dana Darurat Sejak Dini

Mungkin Anda bertanya, sebenarnya seberapa penting sih Dana Darurat itu? Jawabannya, sangat penting.

Ibaratnya, setiap orang memiliki bom waktu yang sewaktu-waktu bisa meledak kapan saja. Bom waktu yang meledak ini tentu memberikan dampak kurang baik bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Katakanlah, tiba-tiba ada anggota keluarga Anda yang jatuh sakit dan butuh biaya pengobatan yang sangat besar.

Apabila Anda menggunakan sebagian pendapatan Anda dan jumlah uang yang dimiliki tiba-tiba berkurang drastis, hal tersebut tentu akan mengganggu arus keuangan Anda.

Oleh karena itu, alokasikanlah uang yang Anda miliki untuk Dana Darurat. Sebab, Anda tidak akan tahu kapan apa yang akan terjadi dengan kondisi keuangan Anda di masa depan.

Nah, Dana Darurat inilah yang akan membantu Anda untuk agar Anda tetap memiliki “pegangan”.

8. Mempersiapkan Dana Pensiun

Resolusi keuangan 2019 selanjutnya adalah mempersiapkan Dana Pensiun. Dana ini penting untuk dikumpulkan sejak dini agar Anda tidak perlu mati-matian bekerja di usia yang sudah tidak lagi produktif, demi mengumpulkan pendapatan.

9. Mulai Berinvestasi

Selain menabung, penting juga untuk berinvestasi. Mengapa? Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi inflasi yang mampu menggerus nilai uang Anda.

Investasi mampu menambah nilai uang Anda dari waktu ke waktu. Bahkan, ada banyak platform investasi online yang menawarkan dana awal investasi yang kecil, tetapi mampu mendapatkan keuntungan yang besar.

10. Otomatisasikan Investasi

Sibuk bekerja atau tidak ada waktu bukanlah alasan untuk tidak bisa rutin berinvestasi. Manfaatkanlah fitur dan teknologi yang disediakan masing-masing platform investasi untuk mengotomatisasikan pendanaan Anda.

Dengan demikian, Anda akan bisa memiliki keuntungan secara rutin dari waktu ke waktu.

11. Tambah Aset Investasi Anda

Untuk Anda yang sudah memulai investasi, selamat! Yakinlah bahwa resolusi keuangan 2019 Anda akan terpenuhi.

Selain itu, Anda pun selangkah lebih dekat dengan kebebasan finansial Anda. Menabung tidak akan membuat Anda kaya. Investasilah yang akan menggandakan nilai uang yang dimiliki.

Nah, apabila biasanya Anda berinvestasi sebesar Rp100.000 setiap hari, kini Anda bisa menambahkan jumlahnya. Misal, Rp200.000 setiap hari. Diversifikasikan investasi Anda ke berbagai pinjaman dengan bunga yang berbeda agar keuntungan makin maksimal.

12. Kebebasan Finansial

Nah, inilah dia resolusi keuangan 2019 terakhir yang perlu Anda wujudkan. Bisa dibilang, resolusi yang satu ini merupakan goal banyak orang.

Ketika seseorang sudah merasa bebas secara finansial, dapat diartikan bahwa ia tidak perlu bekerja keras demi memenuhi kebutuhannya. Sebab, apa yang sudah dimilikinya cukup untuk membuatnya hidup tenang dan nyaman.

Untuk mencapai kebebasan finansial itu sendiri, lagi-lagi, Anda bisa mewujudknya dengan berinvestasi.

Untuk Anda yang belum pernah mencoba berinvestasi, hayooo… tunggu apa lagi? Investasi bukan soal seberapa besar dana yang Anda miliki, melainkan sesegera apa Anda memulai investasi pertama.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: