Sering terjadi dimana pasangan mendapatkan penghasilan yang lebih sedikit daripada yang lain dan membuat mereka tidak bisa berkontribusi sama untuk membayar tagihan dan menabung.

Hal pertama yang harus dipahami adalah ini adalah keadaan yang wajar dan pasti ada salah satu pihak yang menghasilkan lebih besar daripada yang lain.

Selain itu, Anda juga harus bersikap adil terhadap pasangan agar mereka tetap merasa dihargai dan berharga atas kontribusi yang dilakukannya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tentang beberapa kiat yang akan membantu mengatasi subjek yang sensitif seperti ini dan membuatnya menjadi lebih baik.

1. Terbuka Untuk Membicarakannya

Langkah pertama saat Anda melihat penghasilan yang tidak seimbang adalah duduk bersama dan mendiskusikan rencana untuk menabung, tujuan keuangan, dan pengeluaran dalam rumah tangga.

Mungkin salah satu pihak yang menerima penghasilan lebih besar akan membayar sebagian besar tagihan atau pencari nafkah yang lebih rendah bisa mengambil lebih banyak pekerjaan paruh waktu.

Melakukan dialog terbuka dan jujur tentang apa yang diharapkan adalah salah satu cara untuk mencapai kebahagiaan bersama.

2. Mulai Membagi Tanggung Jawab Keuangan

Salah satu cara terbaik untuk menentukan kontribusi terhadap pengeluaran rumah tangga adalah membandingkan gaji untuk mengetahui seberapa besar perbedaan yang terjadi.

Selanjutnya, pihak yang menghasilkan lebih besar bisa membayar persentase yang lebih tinggi untuk sewa rumah, biaya utilitas, dan lain sebagainya.

3. Mulai Mempersiapkan Dana Bersama

Jangan lupa untuk membuka akun bersama yang khusus digunakan untuk berlibur dan bersenang-senang.

Tentukan berapa banyak uang yang harus disumbangkan ke dalam akun secara rutin untuk masing-masing pihak.

Dengan cara seperti ini, maka Anda dan pasangan bisa melakukan liburan bersama dengan nyaman tanpa perlu khawatir dengan penghasilan yang lebih kecil.

Tidak hanya mempersiapkan dana untuk berlibur saja, Anda dan pasangan juga harus mulai mempersiapkan dana untuk berinvestasi dan menabung.

Tabungan dan hasil investasi bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan, misalnya untuk membayar DP rumah, dana pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Jika Anda dan pasangan masih takut dengan resiko, mulailah berinvestasi di KoinWorks untuk langkah awal.

Berinvestasi di KoinWorks bisa dimulai dengan dana terbatas yaitu Rp 100.000 saja.

Meskipun dana yang diinvestasikan terbatas dan cukup minim, tetapi imbal hasil yang didapatkan bisa mencapai lebih dari 18% per tahun.

4. Merencanakan Pekerjaan Tambahan

Jika Anda memiliki penghasilan yang rendah dan hal ini membuat Anda terbebani, maka mulailah mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu untuk mendapatkan tambahan uang.

Pasangan Anda pasti akan merasa bangga karena sikap proaktif yang dilakukan saat berhadapan dengan kondisi keuangan saat ini.

Cara seperti ini juga bisa mengurasi tingkat stres dan Anda juga tidak perlu lagi khawatir tentang masalah keuangan.

5. Lakukan Kontribusi yang Lain

Berkontribusi dalam rumah tangga tidak hanya tentang finansial saja, tetapi juga bisa berkontribusi secara fisik.

Anda bisa menunjukkannya dengan mengambil pekerjaan rumah tangga yang lebih banyak sebagai rasa terima kasih terhadap pasangan yang telah menghasilan pendapatan yang lebih besar.

Intinya adalah berkomunikasi secara terbuka terhadap pasangan untuk mengetahui solusi dan harapan atas masalah yang terjadi.

Pasangan yang baik pasti menerima kondisi Anda dan tidak akan mempermasalahkan hal ini secara berlebihan.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: