Terlambat mempersiapkan dana pensiun bisa dikarenakan oleh banyak penyebab, apakah karena Anda termasuk orang yang suka menunda, pemboros, memiliki anak yang perlu dibiayai, atau yang lain sebagainya.

Tidak perlu khawatir dengan permasalahan di atas, sebab berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Retirement Security ada sekitar 45% rumah tangga tidak memiliki aset untuk menghadapi masa pensiun.

Berita baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai dan mempersiapkan tabungan pensiun.

Berikut ini kami telah merangkum tentang 5 strategi yang akan membantu Anda mengumpulkan tabungan pensiun.

5 Strategi Pilihan Mengumpulkan Tabungan Pensiun, Jangan Sampai Terlambat!

1. Mulai Dengan Menghilangkan Utang Konsumtif

Utang konsumtif yang kami maksud antara lain, utang kartu kredit, utang membeli ponsel baru, atau utang untuk membeli pakaian.

Anda bisa melunasi utang dengan terlebih dahulu melunasi utang dengan bunga tertinggi.

Jangan pernah menghabiskan lebih banyak daripada jumlah penghasilan agar Anda tidak menumpuk utang yang baru.

2. Tabungan Secara Otomatis

Salah satu langkah terbaik untuk meningkat jumlah tabungan adalah dengan membuat rencana penarikan otomatis dari gaji yang didapatkan.

3. Menambah Jumlah Tabungan

Sebagian besar orang lebih memilih untuk meningkatkan pengeluaran setiap kali mendapatkan kenaikan gaji atau penghasilan.

Tetapi mereka yang bijak lebih memilih untuk mengendalikan pengeluaran dan mengirimkan kenaikan gaji yang didapatkan untuk menambah tabungan.

Tidak hanya menambah jumlah tabungan, Anda juga perlu membiasakan diri untuk mengembangkan dana dengan cara berinvestasi.

Kami menyarankan Anda untuk memulai berinvestasi di KoinWorks terlebih dahulu. KoinWorks adalah platform investasi peer to peer lending yang menawarkan banyak sekali manfaat kepada para investor.

Manfaat yang pertama adalah Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal yang sangat terbatas yaitu mulai dari Rp100.000 saja.

Manfaat yang kedua adalah imbal hasil mencapai lebih dari 21,32% per tahun dan itu tentu saja sangat menguntungkan.

Manfaat yang terakhir adalah setiap investor akan mendapatkan dana proteksi mencapai 100% tergantung tingkat resiko yang dipilih. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir saat investasi tidak berjalan sesuai dengan harapan.

4. Pertimbangkan Untuk Mendapatkan Pekerjaan Baru

Salah satu cara untuk memperluas kesenjangan antara pendapatan dan pengeluaran adalah dengan mempertimbangkan pekerjaan baru yang memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak dan menabung lebih banyak.

Kemungkinan lain yang bisa didapatkan adalah menegosiasikan pekerjaan baru dengan perusahaan yang menawarkan program pensiun yang menguntungkan.

5. Menghapus Asuransi yang Tidak Diperlukan

Asuransi bermanfaat untuk melindungi Anda dari kerugian yang tidak mampu ditanggung. Satu-satunya asuransi yang bermanfaat adalah asuransi kesehatan.

Artinya jika Anda memiliki asuransi yang lain, maka pertimbangkan untuk menghapus asuransi tersebut.

Kesimpulannya adalah sebaik-baiknya persiapan masa pensiun harus dilakukan sejak Anda menerima gaji atau pendapatan.

Jika Anda terlambat mempersiapkan dana pensiun, maka penting untuk menerapkan 5 cara di atas.

Mulailah dengan menghilangkan utang konsumtif, membuat tabungan secara otomatis, menambah jumlah tabungan, mempertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan baru, dan menghapus asuransi yang tidak diperlukan.

Tidak ada kata terlambat untuk mempersiapkan dana pensiun!
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: