Jika Anda memiliki tabungan yang cukup untuk keadaan darurat, memiliki investasi, dan memiliki anggaran, maka ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda mampu mengelola keuangan dengan baik.

Selain itu, ada 7 tanda lain yang memperlihatkan bahwa Anda bukanlah seorang pemula dalam mengelola anggaran keuangan.

7 Tanda Bahwa Anda Bukan Pemula Dalam Mengelola Keuangan

1. Anda Hampir Tidak Memiliki Hutang

Sebagian besar dari kita biasanya memiliki hutang untuk berbagai keperluan tertentu, misalnya saja untuk mencicil kendaraan atau peralatan elektronik.

Hanya saja hutang yang berlebihan berarti keuangan Anda sedang dalam masalah.

Jika bisa menunggu dan membeli sesuatu secara tunai adalah lebih baik daripada Anda harus membayar sesuatu dengan cara mencicil ditambah dengan beban bunganya.

Hampir semua hutang yang diambil memiliki bunga dan ini harus Anda perhatikan dengan baik.

2. Memiliki Simpanan Otomatis Setiap Bulan

Dengan mengotomatisasi pembayaran ke rekening tabungan, rekening pensiun, dan dana darurat, maka Anda telah memprioritaskan masa depan.

Jangan menabung dari sisa penghasilan di akhir bulan, Anda harus menabung di awal saat pertama kali menerima gaji.

Meskipun sulit untuk melakukannya di awal, membiasakan hal ini akan sangat membantu Anda mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

3. Anda Tidak Hidup Dari Gaji ke Gaji Saja


Upah atau gaji sangat sulit mengalami kenaikan, di sisi yang lain biaya hidup semakin meningkat dibandingkan dengan penghasilan.

Banyak orang hidup mengandalkan gaji semata karena mereka tidak bisa membuat anggaran, banyak berhutang, dan tidak disiplin menjalankan anggaran.

Solusinya adalah jangan hidup di atas kemampuan dan jangan pernah bersaing dengan orang lain yang memiliki penghasilan yang lebih besar dari Anda.

Prioritaskan pembelian sesuai dengan kemampuan Anda  dan jangan berlebihan.

4. Anda Memiliki Dana Darurat

Dana darurat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang mendesak, seperti kehilangan pekerjaan, perawatan medis, atau perbaikan rumah.

Idealnya, Anda harus memiliki sekitar 6 bulan biaya hidup sehari-hari sebagai dana darurat.

5. Anda Membayar Semua Tagihan Tepat Waktu

Biaya sewa rumah, cicilan kendaraan, biaya listrik, telpon, dan air adalah beberapa contoh tagihan wajib yang harus dibayarkan setiap bulan.

Jika telat dalam membayar tagihan, denda keterlambatan biasanya akan didapatkan.

Saat Anda pertama kali menerima penghasilan, maka mulailah menyisihkan sebagian penghasilan tersebut untuk membayar tagihan.

Jangan sampai Anda membiasakan diri telat dalam membayar tagihan.

6. Anda Tidak Melakukan Pembelian Impulsif

Pembelian impulsif atau pembelian yang dilakukan secara berlebihan adalah kebiasaan buruk yang akan merusak kondisi keuangan Anda.

Jangan melakukan pembelian di atas kemampuan Anda dan berpikir berulang kali saat akan membeli barang atau jasa.

7. Memiliki Anggaran Bulanan dan Menaatinya


Anggaran bulanan adalah kunci dari stabilitas keuangan. Anggaran keuangan akan memberi tahu berapa jumlah penghasilan, berapa yang harus dikeluarkan, dan berapa yang harus disimpan.

Memiliki anggaran keuangan juga sangat membantu Anda dalam mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Jika memiliki 7 tanda di atas, itu artinya Anda bukan lagi pemula dalam hal mengelola keuangan.

Ini adalah langkah yang bagus untuk Anda dan teruslah mempertahankan cara pengelolaan keuangan dengan baik.

Namun, jika belum menjalankan 7 tanda di atas, ini belum terlambat. Anda bisa mulai menerapkan salah satu tanda di atas secara perlahan agar bisa mengelola keuangan dengan baik.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: