Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychological Science melakukan perekaman suara terhadap mahasiswa MBA dari University of Chicago untuk memberikan alasan mengapa mereka harus dipekerjakan.
Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum
Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum 

Calon perekrut diberikan 3 buah pilihan yaitu menonton video, mendengarkan audio, dan membaca transkrip.

Dari studi di atas ditunjukkan bahwa para perekrut tenaga kerja akan menilai seseorang kandidat lebih kompeten, bijaksana, dan cerdas ketika mereka mendengarkan nada suara. Nada suara seseorang membuat mereka lebih tertarik untuk mempekerjakan kandidat tersebut.

Melihat hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa memperbaiki cara Anda berbicara sangat penting untuk dilakukan saat ini.

3 Teknik Memperbaiki Keterampilan Berbicara di Depan Umum

1. Menggunakan Nada Rendah

Nada suara yang tinggi diasosiasikan sebagai orang yang gugup dan kekanak-kanakan. Lakukan hal sebaliknya untuk memberikan kesan percaya diri dan dewasa yaitu menurunkan nada suara Anda.

Selain itu, Anda juga harus menghindari peningkatan nada suara di akhir kalimat. Bukan hanya Anda akan terlihat gugup dan kekanak-kanakan, tetapi juga akan terlihat kurang berpengetahuan.

2. Mengurangi Kata yang Tidak Perlu

Kata-kata seperti ahh, umm, atau kau tahu merupakan kata yang ditunjukkan oleh orang yang kurang percaya diri dan kompeten.

Untuk itulah mulai saat ini Anda harus belajar untuk mengurangi penggunaan kata-kata tersebut.

Pakar komunikasi menyarankan Anda untuk merekam percakapan dan mendengarkan rekaman tersebut.

Lakukan evaluasi terhadap kata-kata tidak perlu yang Anda gunakan saat sedang berbicara. Lebih baik Anda menggantikan kata-kata tersebut dengan diam sejenak, jeda yang digunakan berfungsi untuk meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pembicara.

3. Kecepatan Berbicara

Jangan berbicara terlalu cepat, sebab orang lain tidak akan mengerti dan memahami apa yang Anda ucapkan.

Sebaiknya, berbicara cepat yang memungkinkan orang lain tetap bisa memahami apa yang diucapkan dan Anda juga akan dianggap lebih percaya diri.

Kecepatan berbicara yang ideal adalah saat Anda mampu berbicara sekitar 150 kata per menit. Jika Anda terlalu lambat atau terlalu cepat, maka lakukan latihan pidato secara terus menerus.

Dengan menerapkan 3 teknik di atas, maka Anda bisa memperbaiki keterampilan berbicara di hadapan banyak orang. Tidak hanya itu saja, keterampilan berbicara yang baik akan membuat Anda terlihat jauh lebih percaya diri dan kompeten.

Selain menerapkan 3 teknik di atas, Anda juga bisa melatih keterampilan berbicara melalui banyak sumber. Bisa dengan membaca buku, mendengarkan podcast, mengikuti seminar, atau mengikuti pendidikan non-formal yang berkaitan dengan public speaking.
Axact

MRIZKY

Hanya Seorang Penuntut Ilmu, yang ingin mengetahui ilmu tentang SOSMED, Internet Marketing, SEO, STARTUP dan Teknologi terkini, Kami membaca dari berbagai sumber, kemudian kami tulis ulang di blog ini. Kami mohon maaf jika ada yang tidak dicantumkan sumber aslinya, mungkin hanya kelalaian penulis semata, Semoga penulis pertama akan mendapatkan pahala..aamiin

Post A Comment:

0 comments: